STUDILMU Career Advice - 10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses

10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses


by STUDiLMU Editor
Posted on Mar 28, 2019

Pengertian Pengusaha Sukses

Apa sih yang dimaksud dengan pengusaha sukses? Pengusaha sukses adalah wirausahawan, entrepreneur atau pebisnis yang telah melalui banyak rintangan dalam bisnisnya, namun berhasil untuk menghadapi semua tantangan bisnis dengan kuat dan sangat baik, sehingga usaha yang mereka jalankan dapat meraih kesuksesan yang telah ditetapkan sebelumnya. 
 
Ada banyak sekali pengusaha sukses di Indonesia yang mungkin bisa kita jadikan panutan. Untuk menjadi pengusaha sukses, kita tidak bisa meraihnya dalam waktu sehari semalam saja loh. Perlu pengorbanan dan usaha keras yang kita curahkan untuk meraih gelar pengusaha sukses. 
 
Saya sangat yakin rekan-rekan Career Advice pasti pernah mendengar nama-nama pengusaha sukses seperti Bapak Theodore Permadi Rachmat, Bapak Mochtar Riady, Bapak Chairul Tanjung dan segenap deretan pengusaha sukses di Indonesia lainnya. 
 
Apakah pembaca Career Advice pernah ada keinginan untuk menjadi pengusaha yang sukses, seperti tiga nama pengusaha di atas? Jika “ya”, maka itu sangat bagus! Itu tandanya rekan pembaca memiliki mimpi dan ambisi yang membuat hidup Anda semakin menyala. 
 
Tidak ada yang tidak mungkin di dalam hidup. Seringkali, kegagalan yang terjadi dikarenakan kurangnya pengetahuan atau kepercayaan diri dari pribadi seseorang, sehingga mereka tidak menjalankan mimpi tersebut dengan baik. Tidak perlu khawatir, karena kami akan membawa pencerahan untuk para pembaca Career Advice yang memiliki mimpi untuk menjadi pengusaha yang sukses
 
Apakah rekan pembaca sudah siap? Berikut ini adalah 10 cara hebat untuk dapat menjadi pengusaha yang sukses. 
 
Dengan mengikuti cara-cara di bawah ini, rekan pembaca bukan hanya akan lebih mudah menjadi pengusaha yang sukses, namun juga menjadi orang yang lebih sukses secara umum.

1. Miliki Ketabahan Hati

Para pengusaha sukses tidak memiliki kesuksesan dalam waktu sehari semalam. Percayalah, membangun bisnis tidak bisa secepat berdirinya Candi Prambanan yang hanya dibangun dalam waktu satu malam. Sangatlah mustahil jika hari ini kita membuka gerai makanan, dan besoknya kita akan menjadi milyader. 
 
Inilah mengapa ketabahan hati adalah faktor utama yang perlu kita miliki. Ketabahan akan melahirkan sikap ketekunan yang sangat baik dan berguna untuk bisnis yang kita dirikan. 
 

2. Kurangi Rasa Takut 

No! hindari rasa takut. Apalagi jika ketakutan berhasil membuat kita mengambil langkah mundur dan tidak melakukan perubahan apapun. Jangan takut untuk melangkah, jangan takut untuk mengambil risiko, dan jangan takut dikomentari oleh orang lain yang hanya mengganggu langkah kita. 
 
Hilangkan segala rasa ‘takut’ yang kita miliki, kecuali takut kepada Tuhan. Ketakutan dapat menghancurkan segalanya, bukan hanya bisnis kita. Coba luangkan waktu untuk memikirkan ketakutan yang kita rasakan. Kira-kira dari mana asalnya ketakutan itu datang. Apakah itu berasal dari dukungan keluarga yang kurang? Apakah kita takut mengalami kerugian modal, identifikasi penyebabnya dan cari jalan keluarnya. Tidak ada masalah yang hadir tanpa jalan keluar, bukan? 
 
“Mengatasi rasa takut adalah langkah pertama menuju sukses bagi wirausahawan” - Richard Branson, 2015.

3. Atasi Stres dan Kecemasan  

Selain rasa takut, stres dan rasa cemas juga menjadi penghalang lainnya. Yap, stres dan rasa cemas memang sering datang secara bersamaan. Ibarat kata, ini adalah paket komplit yang membuat kita pusing tujuh keliling dan merasa tidak tenang. 
 
Penelitian yang dilakukan oleh University of California menyatakan bahwa 72% pengusaha dipengaruhi oleh beberapa masalah kesehatan mental, dan salah satunya adalah stres. Yang mengejutkannya adalah, kecemasan merupakan salah satu faktor dari stres.  
 
Apabila rekan pembaca mengalami stres yang sangat berat saat berbisnis, segera cari bala bantuan. Entah itu psikolog atau mentor bisnis yang dapat meredakan rasa stres yang Anda rasakan, karena stres tidak boleh diabaikan begitu saja. 

4. Visualisasikan Masa Depan Setiap Hari

Setiap pengusaha yang sukses tahu apa yang mereka lakukan, kemana mereka pergi dan bagaimana cara mereka menuju kesana. Semua itu bisa mereka lakukan karena mereka berusaha untuk memvisualisasikannya setiap hari.
 
Untuk melakukan visualisasi, kita perlu menghindari sikap khayalan. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan menghayal. Namun, menghayal sering membawa kita kepada situasi yang tidak nyata, meskipun kita mengharapkan hal tersebut akan menjadi nyata nantinya. 
 
Visualisasi berbeda dengan khayalan. Dengan memvisualisasikan mimpi, kita akan memecah tujuan kita menjadi lebih kecil dan mudah untuk dicapai. Kita tahu setiap harinya harus melakukan apa, dan harus menghindari apa. 
 

5. Bersedia Menyerap Informasi Baru

Setiap orang yang pintar, pasti ada saja ilmu dan informasi yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya. Intinya, tidak ada orang yang tahu segala hal di dunia ini. Seperti yang kita ketahui bahwa dunia bisnis selalu berkembang dan berubah, begitu juga dengan informasi. 
 
Ini bukan tentang kita layak atau tidak menjadi seorang pengusaha, namun lebih kepada “kita ingin belajar lebih banyak lagi atau tidak”. Coba luangkan waktu untuk belajar dari para pengusaha sukses di sekeliling kita. Mungkin dengan datang ke seminar atau konferensi yang menghadirkan pembicara-pembicara ulung dalam bisnis. Kiat-kiat serta pengalaman yang mereka ceritakan akan menjadi ilmu yang sangat bermanfaat buat kita sebagai pemula. 

6. Jujur dengan Diri Sendiri

Jujur memang bukan sikap yang mudah untuk dilakukan. Namun untuk menjadi pengusaha yang sukses, kita perlu jujur terhadap diri kita sendiri. Jujur disini maksudnya adalah transparan terhadap diri sendiri atas apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan kita. Jangan malu untuk menyadari kekurangan kita, justru itu adalah kunci untuk mencari perbaikan lain yang dapat membawa kita kepada kemajuan bisnis. 
 
Para pengusaha sukses sangat menyadari bahwa kita tidak mungkin bisa hebat dalam segala hal. Mereka akan berusaha mempelajari keterampilan baru atau melakukan outsourcing untuk menyelesaikan masalah. Coba luangkan waktu untuk mempelajari hal-hal baru yang mungkin kita perlukan di dalam bisnis. 
 

7. Fokus pada Pertumbuhan Pribadi daripada Bisnis

Tentunya, tidak ada pengusaha yang sukses tanpa pertumbuhan pribadi. Bahkan, jika kita semakin percaya diri dan kuat, maka kita akan semakin mudah untuk menjadi pengusaha sukses. 
 
Pelajari karakter kita yang sesungguhnya, pahami kelebihan dan kekurangan kita, apa saja hal-hal yang tidak kita sukai, apa hal yang perlu kita lakukan untuk menutupi kekurangan dan mengasah kelebihan, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pertumbuhan pribadi kita. 

8. Memiliki Komitmen yang Kuat 

Bisnis adalah hubungan yang harus dijalani dengan komitmen yang penuh dan kuat. Jika kita tidak berani untuk berkomitmen, maka bisnis yang kita miliki tidak bisa berjalan dalam jangka waktu yang panjang. 
 
Miliki komitmen di dalam diri kita bahwa rintangan apapun yang akan kita hadapi, kita tidak boleh mudah menyerah karena kita sudah berkomitmen pada diri kita sendiri untuk membawa bisnis tersebut menuju kesuksesan. 

9. Pahami Cara mengambil Keputusan ala Pengusaha Sukses

Hidup selalu menawarkan banyak pilihan. Dari pilihan-pilihan tersebutlah, kita dituntut untuk melakukan pengambilan keputusan setiap harinya. Nah, apakah rekan-rekan Career Advice sudah tahu cara apa yang sering rekan-rekan terapkan dalam mengambil keputusan? Apakah Anda bertindak berdasarkan dorongan hati atau terlalu banyak menunda-nunda keputusan?
 
Cara yang kita ambil dalam menentukan keputusan adalah salah satu penentu untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses. Coba pelajari apa yang dikatakan para pengusaha sukses tentang pengambilan keputusan yang mereka terapkan. Pahami proses mereka dan ambil kesimpulan untuk perumusan keputusan bagi diri kita sendiri. 
 

10. Perluas Jaringan

Yap! jaringan atau koneksi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk berbisnis. Kita tidak akan pernah tahu, koneksi kita yang mana yang akan bersedia menjadi investor bisnis kita, atau kenalan kita yang mana yang akan menjadi rekan bisnis kita, dan sebagainya. Jadi, jangan remehkan koneksi yang luas, ya. 
 
10 cara hebat di atas siap membawa rekan-rekan Career Advice untuk menjadi pengusaha yang sukses. Jadi, apakah rekan pembaca sudah siap menjadi pengusaha sukses? Jika sudah, Yuk terapkan metode-metode jitu di atas. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice. 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse