STUDILMU Career Advice - 10 Kebaikan yang Merupakan Kunci Sukses

10 Kebaikan yang Merupakan Kunci Sukses


by STUDiLMU Editor
Posted on Apr 26, 2019

 
Halo rekan pembaca Career Advice, ada satu kata yang selalu menarik perhatian siapapun yang mendengarnya, cinta. Cinta sangat erat hubungannya dengan kebaikan. Ketika kita mencintai seseorang, maka kita akan selalu berusaha untuk memberikan kebaikan, bukan? Begitu juga halnya dengan perjalanan karier yang kita tempuh. Kebaikan yang orang lain beri dapat membuat kita melewati rintangan, bertahan dalam kegagalan dan menyalakan api semangat. 
 
Kebaikan adalah kunci sukses. Apa saja bentuk kebaikan yang dapat kita lakukan sehingga kita dapat membuat orang lain lebih termotivasi dan mencapai tujuannya? Berikut adalah 10 kebaikan yang merupakan kunci sukses
 

1. Bersikap baik terhadap diri sendiri.

Sebelum kita menebar kebaikan, kita harus memulainya dari diri sendiri. Tidak ada yang akan bisa bersikap baik terhadap orang lain jika ia tidak bersikap baik terhadap dirinya. Ada kesalahpahaman di luar sana, banyak yang berpandangan bahwa semakin kita keras kita pada diri kita sendiri, semakin banyak yang akan kita capai. Percayalah, ketika kita memperlakukan diri sendiri dengan cara yang tidak baik, maka kita juga akan memperlakukan orang lain dengan cara yang tidak baik. Jadi, mulailah bersikap baik dengan diri sendiri.

2. Mengirimkan ucapan terimakasih.

Ucapan terima kasih yang tulus, yang ditulis di selembar kertas, dapat menunjukkan betapa berharganya seseorang bagi Anda. Dan menulis satu ucapan "terima kasih," dapat membangun hubungan kerja yang kuat.
 

3. Memimpin dengan penuh rasa terima kasih.

Ucapan terimakasih harus menjadi prioritas. Cobalah melakukannya sesering mungkin ketika Anda meminta bantuan atau memberikan umpan balik. Cobalah untuk mengubah kalimat, "Anda melakukan pekerjaan dengan baik." Dengan mengatakan, "Saya bersyukur Anda melakukan ini." Pembicaraan seperti itu sangat kuat dan dapat memiliki efek jangka panjang dalam membangun kepercayaan dan motivasi seseorang.
 

4. Atasi masalah dengan cepat dan terbuka.

Mengatasi masalah dengan segera dan terbuka merupakan cara untuk mencegah timbulnya stress di tempat kerja. Jangan biarkan suatu masalah berlarut-larut tanpa penyelesaian. Langsung saja selesaikan sampai tuntas.
 

5. Melihat setiap orang secara keseluruhan.

Dengan melihat orang lain tentang siapa mereka secara keseluruhan, Anda menciptakan ruang bagi diri sendiri dan orang lain untuk tampil. Ini memungkinkan kita untuk keluar dari menahan diri dan menjadi lebih santai. Sehingga, kita mampu untuk menghadapi masalah secara langsung, dan membuka pikiran kita untuk pemecahan masalah yang kreatif.
 

6. Menjadi tukang gosip yang positif.

Meskipun terdengar aneh, tetapi itulah cara yang dapat dilakukan untuk menebar kebaikan. Sebarkan hal-hal baik tentang rekan kerja Anda. Daripada harus membenci orang lain dan menyebarkan hal negatif, cobalah untuk menyukai setiap orang dan bicarakan hal yang positif tentang mereka. Anda akan menyebarkan getaran yang baik ke sekeliling, baik orang yang Anda bicarakan, orang yang Anda ajak bicara, dan juga kepada diri Anda sendiri.
 

7. Jangan mengumbarkan kesalahan orang lain.

Jika kesalahan seseorang memberikan kesempatan yang bagus untuk mengajari mereka sesuatu yang baru, maka lanjutkan dan beritahu yang lain. Tetapi jika itu hanya kesalahan kecil, biarkan saja. Anda pastinya ingin orang lain merasa aman bekerja dengan Anda. Jika Anda suka mengumbar kesalahan kecil, Anda hanya akan menciptakan kebencian.

8. Tetapkan batasan.

Menjadi orang baik bukan berarti Anda harus menjadi penurut atau menyenangkan orang lain terus-menerus. Ini tentang mengatur cara bekerja sama dengan orang lain agar mencapai kesuksesan yang dituju.  Jika Anda tidak menetapkan batasan, Anda akan menciptakan situasi yang dapat membuat orang lain bersikap seenaknya terhadap Anda.  Jadi, tetapkan batasan agar orang lain tahu cara bersikap baik terhadap Anda. Dengan begitu, Anda akan mampu bekerjasama dengan siapa saja dan mencapai kesuksesan. 
 

9. Bangun kontak mata yang baik.

Ini merupakan salah satu bentuk kebaikan yang sederhana, namun, sering diabaikan. Ini bukan berarti kita harus memberikan tatapan aneh atau melongo. ini adalah tentang menatap mata orang lain saat kita sedang berinteraksi dengannya. Senyum kecil atau ekspresi positif yang Anda paparkan di wajah, dapat menjadi suatu bentuk kebaikan. Bangun kontak mata saat salah satu rekan Anda sedang presentasi. Lakukan ini dengan orang yang berjalan di aula. Perlakukan semua orang seolah-olah mereka penting, apapun posisi mereka, dan Anda akan mendapatkan kebaikan itu juga.
 

10. Praktik, praktik dan praktik.

Untuk memastikan kebaikan yang Anda berikan terlihat otentik dan tidak dibuat-buat, satu hal yang dapat dilakukan adalah praktik, praktik dan praktik. Praktikan kebaikan Anda dengan hati yang tulus. Anda perlu menjadikannya sebagai kebiasaan dalam karier. Ini memastikan bahwa sekalipun berada dalam masa-masa yang paling sulit dan paling menegangkan, kebaikan adalah bagian dari karakteristik Anda.
 
Itulah 10 bentuk kebaikan yang dapat rekan pembaca lakukan. Kebaikan adalah kunci sukses. Jika Anda ingin mencapai kesuksesan, Jadikan kebaikan sebagai bagian dari rutinitas Anda. Jangan hanya membagikannya ketika merasa aman atau menguntungkan untuk dilakukan.mulailah untuk melakukan kebaikan pada diri sendiri, lalu kepada orang lain. 
 
Pastikan rekan pembaca melakukan kebaikan dengan hati yang tulus sehingga kebaikan yang Anda berikan terlihat asli dan tidak dibuat-buat. Ketika Anda menabur kebaikan, maka Anda juga akan menuai kebaikan. Begitupun sebaliknya, ketika Anda menabur kejahatan, maka Anda juga akan menuai kejahatan. Yuk, mulai sekarang kita sama-sama menabur kebaikan. Percayalah bahwa kebaikan yang kita lakukan ini akan membawa kita pada kesuksesan yang kita inginkan.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse