STUDILMU Career Advice - 11 Pelajaran Hidup untuk Terhindar dari Penyesalan Hidup

11 Pelajaran Hidup untuk Terhindar dari Penyesalan Hidup


by STUDiLMU Editor
Posted on May 13, 2019

 
Segala bentuk keputusan hidup yang kita ambil secara nekat atau tidak, pastinya akan memberikan beragam pelajaran hidup yang bisa kita ambil dan pelajari. Pelajaran hidup yang dimiliki setiap orang pasti akan berbeda-beda. Namun, kita bisa mempelajari pengalaman yang orang lain miliki. 
 
Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang 11 pelajaran hidup yang kami rangkum dari banyak orang sukses yang dapat kita pelajari demi terhindar dari penyesalan hidup selamanya. Kira-kira, apa saja ya? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini.
 

1. Keyakinan Diri harus Diprioritaskan.

Orang-orang sukses selalu memancarkan kepercayaan diri mereka. Sebelumnya, mereka benar-benar belajar bahwa menjalani kehidupan tanpa sebuah keyakinan diri hanya akan menghambat perkembangan bisnis dan karier mereka. 
 
Perlu kita ingat bahwa kesuksesan yang diraih oleh orang-orang sukses bukanlah faktor yang membuat mereka percaya diri, namun kepercayaan diri itulah yang telah membawa mereka kepada kesuksesan. Jadi, jangan terbalik ya rekan-rekan Career Advice. 
 
Selain itu, untuk beralih kepada tantangan baru, kita perlu menjadi percaya diri. Apabila kita tidak memiliki rasa percaya diri, maka kita akan tetap berada di zona nyaman tanpa melakukan perkembangan karier apapun. 
 
Inilah mengapa orang-orang yang kurang percaya diri akan terjebak ke dalam karier mereka yang buntu dan cenderung membiarkan berbagai kesempatan emas untuk hilang begitu saja. Percaya diri adalah fondasi terpenting untuk meraih karier yang sukses, dan sikap ini bisa membawa kita pada tangga kesuksesan yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. 
 
Tidak ada satupun orang yang berhak menghalangi kita untuk meraih kesuksesan di dalam hidup, kecuali diri kita sendiri. Jadi, jangan sampai kita menyesal seumur hidup hanya karena tidak percaya diri pada kemampuan dan impian yang kita miliki. 

2. Menjalani Kehidupan yang Kita Ciptakan Sendiri.

Tidak ada satupun orang yang berhak memaksa kita untuk mengambil keputusan seperti yang mereka mau. Apalagi jika keputusan yang harus dibuat benar-benar bertentangan dengan prinsip, nilai-nilai dan keinginan kita di dalam hidup. Kehidupan yang sedang kita jalani sekarang sepenuhnya milik kita sendiri, tidak ada yang berhak mendikte kehidupan kita. Jangan jadikan diri kita sebagai ‘korban’ dari keadaan hidup yang orang lain ciptakan. 
 
Demikian juga, masa depan rekan-rekan Career Advice sepenuhnya milik Anda. Apabila rekan pembaca merasa mandek dengan karier yang dimiliki sekarang, mungkin ini disebabkan karena rekan pembaca tidak berani dalam mengambil tantangan baru dan berhadapan dengan risiko-risiko baru. Jika pada akhirnya rekan pembaca sudah berani untuk bertindak lebih jauh, berusahalah untuk menaiki tangga kesuksesan yang Anda inginkan, bukan tangga kesuksesan yang orang lain perintahkan. Jadi, jangan sampai menyesal karena hal ini ya. 
 

3. Sibuk bukanlah Produktif.

Coba lihat sekeliling kita, ada berapa banyak orang yang lari dari satu pertemuan penting ke pertemuan lainnya? Mereka benar-benar terlihat sibuk. Hmm, atau mungkin ternyata diri kita adalah salah satu di antara mereka?
 
Kesibukan sangat menguras energi, pikiran dan tenaga kita. Jadi, jangan sampai kita rela membuang-buang semua itu hanya untuk menyelesaikan tugas-tugas kerja yang bernilai rendah. Kita perlu paham bahwa menjadi sibuk bukan berarti sudah menjadi seseorang yang produktif. Pastikan kita menggunakan waktu secara efisien dan produktif. Dengan kata lain, kita perlu memastikan bahwa segala energi, waktu dan usaha yang kita dedikasikan benar-benar menghasilkan sesuatu hal yang berharga dan bernilai tinggi. 

4. Semakin Baik Pergaulan Kita, Semakin Baik Kualitas Diri Kita. 

Tidak dapat disangkal lagi bahwa orang-orang di sekitar kita dapat menjadi penentu kesuksesan kita dan mereka memiliki peranan yang sangat penting untuk mengubah kualitas diri kita, apakah akan menjadi lebih baik atau malah semakin memburuk. Inilah mengapa penting bagi kita untuk memilih teman-teman dekat yang berkualitas baik, karena sadar atau tidak, kita akan terpengaruh dengan kualitas yang dimiliki oleh teman-teman terdekat kita.
 
Sebagai contoh, seseorang yang berteman akrab dengan penjudi, bisa saja tertular menjadi penjudi juga. Namun, orang-orang yang berteman dengan seorang yang giat bekerja, lama-kelamaan juga bisa menjadi seorang yang gigih dalam bekerja. 
Pilih teman yang terbaik buat kehidupan kita, jangan sampai kita menyesalinya di kemudian hari!
 

5. Hentikan Self-Talk Negatif pada Diri Sendiri.

Pernahkah rekan-rekan Career Advice berbicara negatif di dalam hati kepada diri Anda sendiri? Jika pernah, kami menyarankan rekan-rekan pembaca untuk menghentikannya dari sekarang. Maafkan segala kesalahan dan kegagalan yang diri kita miliki, apalagi jika kita sudah memberikan sepenuh tenaga, pikiran dan usaha untuk meraih apa yang diinginkan. Biarkan hanya kata-kata positif yang ada di dalam self-talk kita. Tidak ada orang yang pantas menyayangi dan mencintai diri rekan pembaca, kecuali orang itu adalah diri Anda sendiri. 
 

6. Hindari Bertanya “Bagaimana jika?”

Pertanyaan “bagaimana jika?” yang selalu kita lemparkan ke dalam diri sendiri hanya membuat kita menjadi individu yang suka meragukan diri sendiri. Kita akan menjadi seorang yang penakut, pengecut karena selalu khawatir dengan hal-hal yang seharusnya tidak begitu penting untuk kita pikirkan. Jadi, jangan buang-buang waktu kita untuk terus bertanya “bagaimana jika” lagi ya!

7. Berolahraga secara Rutin dan Miliki Waktu Tidur yang Cukup.

Kebanyakan orang merasa menyesal karena mereka tidak menjaga kesehatan semenjak usia muda. Apabila rekan-rekan Career Advice membaca artikel ini sekarang, bersyukurlah. Karena rekan pembaca memiliki kesempatan untuk menjaga kesehatan mulai dari sekarang dan belajar dari pengalaman orang-orang tersebut. Jangan tinggalkan olahraga dan jangan lupa bahwa tubuh kita memiliki hak untuk mendapatkan istirahat yang cukup. 
 

8. Jangan Mengatakan “Ya”, Jika Tidak Menginginkannya. 

Seringkali kita merasa ‘tidak enak’ atau ‘tidak tega’ untuk menolak sesuatu atau berkata ‘tidak’. Padahal, kita sama sekali tidak ingin melaksanakan apa yang kita setujui tersebut. Inilah mengapa kami menyarankan rekan-rekan Career Advice untuk tidak berkata “ya”, jika rekan pembaca memang benar-benar tidak menginginkannya. 
 

9. Jangan Mencari Kesempurnaan.

Tidak ada yang sempurna di dalam hidup ini, apapun itu. Meskipun kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mendapatkan hasil yang sempurna, tetap tidak akan bisa. Pastinya, akan ada beberapa hal yang membuat kita harus mengambil alternatif lain atau tidak berjalan sesuai rencana kita sama sekali. Jadi, jangan sakiti diri kita karena kekecewaan terhadap diri sendiri yang tidak mendapatkan hasil yang sempurna, atau kecewa karena kita tidak bisa menjadi seorang yang sempurna, karena kesempurnaan memang tidak akan ada. 
 

10. Hadapi Permasalahan dengan Berfokus pada Solusi.

Sampai sekarang, saya masih sering bertemu dengan orang-orang yang terlalu lebay dalam menghadapi masalah. Lebay disini maksudnya terlalu membesar-besarkan suatu permasalahan yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah. Akibatnya, mereka membuat diri mereka sendiri merasa pusing tujuh keliling, dan tidak jarang karena sikap yang lebay atau berlebihan ini dapat merusak hubungan mereka dengan orang-orang disekitarnya. 
 
Cukup! Yuk kita berfokus pada solusi, bukan pada permasalahan itu sendiri. Jangan habiskan waktu kita untuk memikirkan hal-hal yang tidak penting, jangan sampai kita menyesal di kemudian hari. 
 

11. Memaafkan Diri Sendiri.

Dengan segala kegagalan, kesedihan atau apapun yang telah terjadi, maafkanlah diri kita sendiri. Kita adalah orang pertama yang perlu menyayangi dan mencintai diri kita sendiri. Bagaimana orang lain bisa menghargai kita, jika kita tidak menghargai diri sendiri? Yuk, maafkan segala kesalahan diri kita mulai dari sekarang, dan jangan sampai kita menyesal di kemudian hari.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse