STUDILMU Career Advice - 14 Ciri Pemimpin Baik

14 Ciri Pemimpin Baik


by STUDiLMU Editor
Posted on Mar 11, 2019

 
Halo rekan pembaca Career Advice. Menjadi seorang pemimpin dari sebuah organisasi atau perusahaan merupakan posisi yang sulit dan membuat frustasi. Tetapi ini dapat memiliki manfaat yang luar biasa.
 
Apakah Anda adalah seorang pemimpin yang baru, ataupun sudah memiliki pengalaman selama beberapa waktu, Anda harus tahu ciri-ciri yang dimiliki oleh para pemimpin baik. Para pemimpin baik dan sukses melebihi gelar manajer ataupun bos. Mereka memiliki cara untuk mencapai kombinasi karisma, semangat dan keyakinan diri yang pasti. 
 
Beberapa orang terlihat memiliki kemampuan kepemimpinan yang alami, namun kemampuan ini dapat dipelajari, diadopsi dan dilatih seiring berjalannya waktu dan latihan. Berikut adalah 14 ciri yang dimiliki para pemimpin baik.
 

1. Memiliki visi dan misi 

Memiliki tujuan yang jelas merupakan salah satu kualitas pemimpin yang hebat. Visi yang dimiliki diwujudkan melalui misi. Bagaimana Anda dapat mengembangkan visi Anda? luangkan waktu untuk mencari tahu hal yang benar-benar ingin Anda capai. Buatlah perencanaan dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mewujudkannya
 

2. Memiliki motivasi diri

Bukanlah suatu kebetulan jika para pemimpin hebat memiliki motivasi diri yang tinggi. Tanpa adanya motivasi, sulit untuk menjadi seorang pemimpin yang kuat dan dihormati. Jika Anda tidak memiliki motivasi diri yang tinggi, jangan putus asa. 
 
Salah satu rahasianya adalah dengan memiliki tujuan pasti yang dapat memotivasi Anda sepanjang waktu. Beberapa pemimpin juga memilih untuk memberikan penghargaan terhadap diri mereka saat mereka mencapai suatu tujuan. Dan tentu saja ini adalah cara yang baik untuk membuat Anda tetap bersemangat dan termotivasi. Pelajarilah cara menetapkan tujuan yang ambisius namun dapat dicapai.
 

3. Optimis dan positif

Tahukah rekan pembaca bahwa energi positif itu menular? Para pemimpin hebat memiliki energi ini. Mereka tidak hanya memiliki pola pikir yang positif, mereka juga merupakan sumber inspirasi dan ide. 
 

4. Memiliki kestabilan emosi

Frustasi dan stres adalah hal biasa bagi para pemimpin. Oleh karena itu, para pemimpin haruslah kuat dan memiliki emosi yang stabil. Mereka harus mampu mengontrol diri agar tidak mudah terbawa dengan emosi.
 
Jika Anda hampir kehilangan stabilitas emosional saat Anda mengalami stres atau frustasi, cobalah untuk melakukan teknik pernapasan. Bernapaslah dalam-dalam selama 30 detik, berjalan-jalan, atau minum air putih. Ubahlah fokus Anda pada hal lain. Itulah beberapa cara efektif untuk mengendalikan emosi Anda.

5. Percaya diri

Para pemimpin baik memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Hanya orang-orang yang memiliki kepercayaan diri yang dapat memengaruhi dan mendapatkan rasa hormat dengan mudah dari orang lain. 
 

6. Memiliki ketegasan

Para pemimpin seringkali diminta untuk membuat keputusan. Mereka mengambil keputusan dengan cepat, dan mereka menikmati hal itu.
 
Tempatkan diri Anda dalam posisi seorang pemimpin dan latihlah kemampuan Anda dalam mengambil keputusan. Mulai lah dari mengambil keputusan dalam hal kecil dan lanjutkan dengan yang lebih besar. 
 

7. Bersemangat dan antusias

Ekspresif, aktif dan penuh energi adalah kata-kata yang menggambarkan para pemimpin baik. Mereka hidup dan dikendalikan oleh tujuan dan semangat. Inilah yang membantu mereka mencapai hasil yang besar. Untuk itu, rekan pembaca haruslah memiliki semangat dalam mencapai tujuan Anda.
 

8. Memiliki akuntabilitas dan tanggung jawab

Para pemimpin baik tahu bahwa mereka memiliki tanggung jawab atas pekerjaan dan hasil. Ini meliputi kinerja pribadi, tim dan mereka harus bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi. Mereka akan selalu berusaha untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara yang tenang dan secepat mungkin. 
 
Untuk mengembangkan kepemimpinan Anda, Anda harus memiliki akuntabilitas dan bertanggung jawab. Jika Anda suka untuk menutupi kesalahan, maka Anda tidak memberikan ciri kepemimpinan. Cobalah temukan solusi untuk permasalahan yang ada. Ini akan membuat orang lain lebih menghargai Anda.
 

9. Fokus

Gangguan ada dimana-mana. Anda harus fokus dan memiliki komitmen dalam menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan. Para pemimpin baik memahami hal ini dan mereka selalu memiliki cara untuk meningkatkan fokus tim. Mereka menjaga tim untuk tetap fokus pada ide yang lebih besar, sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu dan tidak perlu melakukan hal-hal yang tidak penting.
 

10. Selalu belajar

Para pemimpin tahu bahwa kesuksesan menuntut mereka untuk terus memperbaharui keahlian dan pengetahuan yang mereka miliki. Mereka selalu menyediakan waktu untuk belajar menjadi profesional sehingga mereka semakin menambah kepercayaan diri mereka.
 

11. Berempati

Para pemimpin baik mengerti perasaan yang dimiliki oleh semua anggota tim, pelanggan dan rekan kerja mereka. Mereka tahu waktu yang tepat untuk memberikan pujian dan mendiskusikan masalah.
 
Tanpa memiliki empati, para pemimpin akan menjadi pemimpin yang dingin, kasar dan kurang pengertian. Mereka juga tidak akan dipercaya.
 
Anda dapat mengerti hal yang dialami oleh orang lain dengan memahami ketakutan dan keinginan mereka. Ketika Anda mampu untuk mengerti, Anda akan mampu menunjukkan empati.
 

12. Persuasif dan berpengaruh

Komunikasi merupakan jantung dari seluruh transaksi, baik proses penjualan ataupun melayani keluhan pelanggan. Cara Anda berkomunikasi akan menentukan hasil akhir. Para pemimpin baik mengetahui cara untuk memenangkan para pendengar dan memberikan kesan dalam pola pikir pendengar.
 
Cobalah untuk melatih kemampuan komunikasi Anda di rumah. Lakukan di depan cermin, atau videokan. Mintalah umpan balik dari teman dan anggota keluarga lainnya.

13. Membangun tim

Setiap tim memiliki tujuan dan pemimpin adalah seseorang yang menerangi jalan agar tim dapat mencapai tujuan tersebut. Para pemimpin yang memperlakukan anggota tim seperti anak kecil, tidak akan disukai oleh tim. Sebaliknya, pemimpin yang memperlakukan timnya layaknya orang dewasa, lebih dihargai dan dihormati. Pemimpin yang baik tahu cara untuk terus menginspirasi dan memotivasi tim serta menjalin hubungan yang harmonis di antara semua anggota tim.
 

14. Membina kreativitas

Solusi untuk permasalahan yang ada sangatlah beragam, untuk itu, para pemimpin haruslah kreatif dan mampu untuk mengembangkan kreativitas serta inovasi dalam tim. Kreativitas tidak selalu berkaitan dengan seni, bahasa ataupun musik. Memimpin sebuah tim juga memerlukan kreativitas. 
 
Kepemimpinan adalah sebuah perjalanan pembelajaran yang berkelanjutan. Kepemimpinan  merupakan pengalaman luar biasa yang akan membawa Anda berada pada jalan-jalan yang belum pernah Anda temui.
 
Mulailah untuk membangun keahlian dan pengalaman kepemimpinan. Dan milikilah ciri-ciri diatas. Rekan pembaca memerlukan waktu untuk terus berlatih hingga akhirnya Anda dapat menjadi seorang pemimpin baik dengan ciri-ciri diatas. Selamat berjuang menjadi seorang pemimpin baik, rekan pembaca. 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse