STUDILMU Career Advice - 3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik


by STUDiLMU Editor
Posted on Sep 10, 2019

Apa Pengertian dari “Ide Bisnis Rumahan”? 

Pertama-tama, kita harus memahami apa yang dimaksud dengan “ide bisnis” karena dari frasa “ide bisnis rumahan” ini, kata dasar yang mengunggulinya adalah ide bisnis itu sendiri. Ide bisnis adalah gagasan atau konsep yang dimiliki individu atau sekelompok orang untuk melaksanakan kegiatan jual-beli atau yang biasa kita sebut sebagai bisnis. Nah, ide bisnis rumahan ini artinya konsep atau gagasan bisnis yang diwujudkan dalam kegiatan bisnis dan dilakukan di rumah sebagai lokasi utamanya. 
 
Ide bisnis rumahan telah membuka mata kita bahwa kegiatan bisnis bukan hanya dilakukan di dalam kantor, pertokoan atau lokasi lain di luar rumah. Kenyataannya, ide bisnis 2019 telah membuktikan bahwa ada begitu banyak ide bisnis rumahan yang semakin booming di kalangan masyarakat, sehingga ide bisnis rumahan bisa menjadi alternatif yang tepat bagi kita untuk mencari pendapatan tambahan. 
 
Dikarenakan adanya tren ini, orang-orang mulai mencari ide bisnis rumahan yang bisa mereka terapkan, baik ide bisnis rumahan online, ide bisnis makanan di rumah, bahkan sampai kepada usaha rumahan ibu rumah tangga dengan modal yang sedikit. Ketika memulai bisnis di rumah, memang benar bahwa kita perlu mencari ide bisnis rumahan modal kecil yang akan memudahkan kita dalam kegiatan berbisnis, ide usaha rumahan kreatif, bahkan kita juga perlu mencari tahu usaha rumahan yang lagi trend di kalangan masyarakat, sehingga kita akan lebih mudah untuk menarik perhatian mereka. 
 
Namun, kita juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor penentu lain yang bisa membantu kita dalam meninjau “Apakah ide-ide bisnis rumahan yang kita miliki adalah ide yang terbaik atau bukan?” Jadi, artikel ini tidak akan membahas tentang rekomendasi usaha rumahan, ide bisnis unik maupun ide usaha kreatif inovatif, namun kita akan membahas tentang faktor-faktor lain yang dapat membantu kita dalam peninjauan ide bisnis rumahan yang kita miliki. 

3 Pertanyaan yang dapat Memastikan bahwa Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik? 

Menurut website the balance smb dot com, ada 3 cara yang bisa kita terapkan untuk memastikan bahwa ide bisnis rumahan kita adalah ide yang terbaik. Sehingga, kita dapat merasa tenang dan semakin bersemangat untuk menjalankan kegiatan bisnis rumahan kita, karena memang ide-ide yang kita miliki adalah ide bisnis rumahan yang terbaik. Langsung saja yuk kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Apakah Produk atau Layanan Jasa yang Kita Jual Memiliki Pasar yang Menjanjikan?

Cara paling pertama dan utama untuk kita pertimbangkan dalam peninjauan ide bisnis rumahan kita adalah mencari tahu apakah produk dan layanan jasa kita memiliki pasar yang menjanjikan? Maksudnya, ketika kita menawarkan produk dan layanan jasa kepada masyarakat, apakah ada di antara mereka yang ingin membelinya? Atau malah tidak ada sama sekali? 
 
Misalnya, rekan pembaca ingin menawarkan produk kacamata dengan lensa yang melindungi mata dari sinar layar laptop atau komputer. Anda menawarkannya kepada para karyawan di perkantoran, apakah produk tersebut akan laku? Yap! Ada kemungkinan produk ini akan laris. Namun, jika rekan pembaca menawarkan produk kacamata kepada para pekerja proyek, mungkin peminatnya tidak akan sebanyak di tempat pertama. Mengapa demikian? Karena mereka akan jarang sekali berhadapan langsung dengan layar laptop atau komputer. 
 
Meskipun begitu, setidaknya kita tahu bahwa ada calon pelanggan yang akan tertarik dengan produk dan layanan jasa yang kita tawarkan. Pelanggan memang layak dikategorikan sebagai Raja dan Ratu di dalam bisnis, karena keberhasilan suatu bisnis akan ditentukan oleh kehadiran pelanggan yang mau membeli dan mengonsumsi apa yang kita jual. Jika kenyataannya tidak ada yang mau membeli dan tidak tertarik sama sekali dengan produk dan layanan jasa kita, maka kita harus siap menerima kenyataan pahit apabila nantinya bisnis yang kita jalankan akan tenggelam dengan bisnis para kompetitor lainnya. Nah, jika ide bisnis rumahan kita tidak bisa memenuhi poin pertama ini, maka kita perlu bersiap-siap untuk mencari ide bisnis rumahan lainnya.

2. Apakah Kita Bisa Menghasilkan Uang dari Produk dan Layanan Jasa Ini secara Rutin?

Jika ide bisnis rumahan kita memiliki pelanggan yang akan membeli produk dan layanan jasa kita, maka sekarang waktunya bagi kita untuk memikirkan faktor penentu lainnya, “apakah kita bisa menghasilkan uang secara rutin dari penjualan produk atau layanan jasa yang kita tawarkan kepada pelanggan?”
 
Dengan kata lain, kita juga perlu meninjau apakah produk dan layanan jasa yang telah kita tawarkan kepada pelanggan akan membuat mereka kembali membelinya lagi dan lagi? Ada satu pepatah yang memberi makna bahwa ketika kita berhasil mempertahankan pelanggan untuk tetap setia dengan produk atau layanan jasa kita, maka itu sama saja seperti menaikkan harga jualan kita sebanyak 10 kali lipat. Intinya, kita akan memperoleh keuntungan yang sama seperti menaikkan harga produk atau layanan jasa dengan sepuluh kali lipat lebih mahal. Hmm, banyak juga ya!
 
Memiliki satu atau lebih pelanggan setia adalah hal yang sangat berarti bagi bisnis rumahan. Terlebih lagi, ide bisnis rumahan kita pasti dilakukan dengan alat-alat yang terbatas dan memerlukan pengerjaan waktu yang cukup lama. Namun, jika ide bisnis rumahan kita telah menghasilkan pendapatan lebih secara rutin bagi kehidupan kita, maka ini menandakan bahwa ide bisnis rumahan kita adalah ide bisnis yang tepat dan terbaik. 

3. Melalui Ide Bisnis Rumahan Anda Ini, Berapa Banyak Persaingan yang Akan Anda Miliki?

Tidak ada yang salah dengan persaingan bisnis, malahan ini akan sangat berguna bagi perkembangan bisnis kita. Bisnis yang memiliki banyak pesaing akan mendorong kita untuk terus berinovasi dan menghasilkan ide-ide kreatif yang memajukan bisnis kita. Akan tetapi, jika bisnis kita memiliki persaingan bisnis yang terlalu ketat karena jumlah kompetitor yang terlalu banyak, maka kita perlu mendorong diri kita lebih keras dengan memutar otak agar dapat menghasilkan strategi bisnis yang ampuh dan efektif. Apabila ide bisnis rumahan Anda memiliki jumlah pesaing yang cukup banyak, ini bagus! Tapi, bersiaplah untuk bekerja lebih keras ya rekan-rekan. 
 
Yap! Itulah 3 cara agar kita bisa memastikan apakah ide bisnis rumahan kita adalah yang terbaik atau tidak. Memastikan ide bisnis rumahan kita terbaik atau tidak merupakan hal penting yang perlu kita lakukan, karena tidak semua ide bisnis rumahan yang kita usahakan dapat membawa kita pada keberhasilan. Jadi, tetap semangat dan sukses dalam bisnis rumahan Anda ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse