STUDILMU Career Advice - 3 Cara Mempertahankan Fokus Kerja

3 Cara Mempertahankan Fokus Kerja


by STUDiLMU Editor
Posted on Feb 20, 2019

 
Halo pembaca Career Advice, apakah Anda tetap bersemangat? Saya harap Ya. Kapankah pembaca Career Advice terakhir kali benar-benar melakukan hal yang merupakan kesukaan Anda? Misalnya berlari, membaca, memasak, atau hanya menghabiskan waktu bersama keluarga Anda. Apapun yang Anda lakukan, jika itu adalah hal yang menggairahkan, Anda berada dalam kondisi yang sangat fokus karena Anda memusatkan diri dan seluruh energi pada hal yang disuka tersebut.
 
Namun, apakah pembaca Career Advice tetap memiliki fokus kerja yang sama ketika melakukan hal lain yang bukanlah kesukaan Anda? Bagaimana Anda bisa menjaga fokus kerja Anda ketika melakukan tugas yang berbeda? Bagaimana Anda dapat memiliki konsentrasi yang sama, bahkan ketika melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai? 
 
Jangan khawatir pembaca Career Advice, Anda bisa belajar cara meningkatkan fokus kerja. Artikel ini akan membahas beberapa tip untuk meningkatkan fokus kerja sehingga Anda memiliki fokus yang konsisten dalam melakukan hal apapun. Anda hanya perlu membuat keputusan untuk mengeksekusinya.

1. Berhenti Memikirkan Hal-Hal Negatif. 

Kapan terakhir kali Anda tidak berani mencoba sesuatu karena Anda pikir itu akan terlalu menantang? Kapan terakhir kali Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak dapat melakukan sesuatu karena Anda pikir Anda tidak memiliki kualitas tertentu? Tahukah Anda bahwa energi Anda mengalir ke tempat fokus Anda berada. Terutama hal negatif. Hal negatif akan sangat menguras energi Anda sehingga Anda mengalami kesulitan untuk mempertahankan fokus
 
Jika Anda berulang kali mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak pintar, tidak memiliki kapasitas, atau tidak mampu untuk mencapai sesuatu, maka Anda baru saja mengubah keyakinan itu menjadi kenyataan. Pikiran Anda mengendalikan keseluruhan diri Anda. 
 
Manusia 100 persen lebih mudah untuk fokus pada hasil negatif daripada yang positif, tetapi hal negatif tidak akan membuat Anda bergerak jauh. Langkah pertama dalam mengubah fokus Anda adalah menyadari bahwa Anda memiliki kapasitas yang cukup untuk melakukan sesuatu. Berhentilah meragukan kemampuan yang Anda miliki, setiap kita memiliki potensi besar dalam diri masing-masing.
 
Ketika Anda merasa pikiran Anda mulai bergeser ke tempat negatif yang membatasi kemampuan Anda, hentikan. Putuskan untuk secara sadar mengubah proses pemikiran Anda dan menggagalkan pemikiran yang tidak melayani Anda. Visualisasikan hasil Anda dengan jelas. Apakah berpikir negatif akan memungkinkan Anda mencapai tujuan Anda dengan lebih baik? Tentu tidak. Jadilah positif. Munculkan motivasi dan keberanian diri setiap kali Anda harus menghadapi hal yang Anda takutkan. 
 

2. Perjelas Hasil yang Ingin Dicapai.

Langkah kedua untuk mengubah fokus adalah mengidentifikasi tujuan akhir Anda dengan jelas. Apa hasil yang Anda kejar? Mengapa Anda ingin mencapainya? Anda harus jelas tentang hasil Anda. saya yakin bahwa setiap pembaca Career Advice memiliki lebih dari satu tujuan, jadi tentukan urutan kepentingannya bagi Anda. 
 
Jika Anda tidak tahu alasan Anda melakukan sesuatu, Anda tidak akan menindaklanjutinya. Tujuan yang jelas akan memberitahu Anda apa yang harus Anda jalani dalam hidup. Mengetahui tujuan Anda adalah langkah penting dalam mengembalikan fokus Anda dan membuat kemajuan.
 
Setelah Anda mengetahui tujuan Anda dengan jelas, tentukan langkah nyata yang dapat Anda lakukan dalam mewujudkan tujuan tersebut. Buatlah langkah-langkah tersebut dalam daftar dan periksa kemajuan Anda secara berkala. Tandai hal yang telah berhasil Anda lakukan dan juga hal yang masih membutuhkan perbaikan. Cara ini akan membuat Anda tetap terfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan tujuan Anda. 

3. Abaikan Hal yang Tidak Berkaitan dengan Tujuan Anda. 

Ketika segala sesuatunya menjadi sulit, dan pasti akan selalu ada saat-saat yang menantang dalam hidup, putuskan untuk fokus pada hal yang berkaitan dengan tujuan Anda saja. Ini adalah langkah tepat untuk menyerap hal yang sangat Anda inginkan untuk masuk ke dalam diri dan pikiran Anda secara mendalam sehingga Anda benar-benar menyatu dengan tujuan tersebut. Dengan begitu, Anda akan terdorong untuk mencapai tujuan Anda sehingga Anda akan melakukan apa saja untuk mewujudkannya.
 
Fokuslah pada strategi yang dapat Anda terapkan untuk menjadi sukses. Fokus pada wajah bahagia teman dan keluarga Anda saat Anda merayakan pencapaian Anda. Fokus pada apa perasaan bahagia yang Anda miliki nantinya ketika pada akhirnya Anda berhasil mencapai setiap keinginan dan tujuan dalam hidup.  
 
Rintangan dan hambatan akan selalu ada dalam perjalanan Anda. Jangan biarkan fokus Anda beralih pada kedua hal tersebut. Temukan cara terbaik dalam mengatasi tantangan dan hambatan saat mencapai tujuan Anda. 
 
Itulah cara tepat yang dapat pembaca Career Advice lakukan dalam mempertahankan fokus kerja. Ketika Anda berhasil mengubah fokus Anda, Anda mengubah hidup Anda. Baik itu karier Anda, hubungan pribadi, kesehatan, atau hal lainnya. Memutuskan untuk meningkatkan fokus pada apa yang benar-benar penting dapat membuat semua perbedaan. Saya tidak bilang bahwa cara-cara diatas adalah cara-cara yang mudah. Namun, pembaca Career Advice akan mampu menguasai cara-cara itu dengan baik jika terus dilakukan tanpa kehilangan semangat. 
 
Mari kita sama-sama berfokus pada tujuan dan hal-hal yang berkaitan dengan tujuan saja. Abaikan setiap hal yang tidak berkaitan dengan tujuan kita, terutama pikiran-pikiran negatif. Mereka hanya membuang energi saja. Ingatlah bahwa Anda tidak boleh sampai kelelahan dalam mencapai tujuan, jadi hemat energi Anda dengan memikirkan hal-hal positif saja ya, pembaca Career Advice. Semangat!
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse