STUDILMU Career Advice - 3 Cara Meningkatkan Fokus dan Menyegarkan Pikiran

3 Cara Meningkatkan Fokus dan Menyegarkan Pikiran


by STUDiLMU Editor
Posted on Jun 21, 2019

Halo, rekan pembaca Career Advice, apa yang biasanya rekan pembaca lakukan saat memiliki beban yang tak kunjung henti dan pikiran yang suntuk? Tentu saja harus ada hal yang dilakukan. Jika tidak, kita akan mengalami stres. Kita mengetahui bahwa stres memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik, psikis bukan emosional. Ketika otak memiliki beban yang berlebih, kita tidak akan pernah bisa fokus. Ini membuat kita menjadi lamban dalam bekerja bahkan sulit mengambil keputusan. Kita merasa kelelahan dan tidak bisa memaksimalkan produktivitas. Akibatnya? Kita akan menghasilkan kinerja yang buruk.
 
Tentu saja tidak akan ada di antara kita yang mau mengalami hal ini. Pikiran kita merupakan pusat kendali tubuh. Kita tidak akan pernah bisa melakukan hal dengan maksimal jika pikiran berada dalam keadaan yang tidak sehat. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menemukan cara yang dapat membuat pikiran kita kembali segar.
 
Menurut ilmu pengetahuan, keadaan sekitar kita merupakan faktor yang membuat pikiran menjadi suntuk. Ini membuat kita melakukan penundaan, merasa tidak puas, cemas bahkan stres. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita mulai memerhatikan dan mengatur ulang lingkungan sekitar. Ada 3 hal yang dapat kita lakukan dalam mengatur ulang lingkungan sekitar. Jika melakukan 3 hal ini, kita akan memiliki pandangan baru yang dapat menyegarkan pikiran sehingga dapat kembali fokus menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki. Kita juga akan mampu untuk mencapai hasil yang maksimal dan memuaskan. 

1. Merapikan lingkungan sekitar.

Salah satu cara untuk menyegarkan pikiran adalah dengan merapikan lingkungan sekitar. Cobalah untuk memerhatikan meja kerja serta lingkungan sekitar tempat kerja. Adakah hal-hal yang perlu dibersihkan atau dibuang? Menurut sebuah penelitian di universitas ternama, membersihkan daerah sekitar yang terjangkau oleh pandangan dapat meningkatkan kemampuan otak. Selain itu, membersihkan lingkungan sekitar juga dapat meningkatkan kekuatan mental.
 
Nah, jika memiliki tumpukan kertas di meja kerja dan sekitarnya, ada baiknya menyortir dan membuang dokumen yang tidak dipakai lagi. Kita mngkin merasa malas untuk merapikan dan menyortirnya, tetapi ini merupakan cara yang tepat untuk dapat menyegarkan pikiran dan meningkatkan fokus. Jika terlalu sulit untuk merapikan ruangan kantor, mulailah dari merapikan meja kerja sendiri. Setiap kali menyelesaikan satu tugas, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk beristirahat dengan merapikan sekitar kita. Setidaknya, jika kita telah merapikan meja dan ruangan selama 3 menit dalam frekuensi yang sering, tanpa terasa ruangan dan meja kerja akan terlihat lebih rapi. Banyak penelitian mengatakan bahwa hal besar yang dipecah menjadi hal-hal yang lebih kecil akan lebih mudah untuk diproses. Yuk, kita mulai melakukannya.
 

2. Beristirahat dari rutinitas.

Salah satu hal yang dapat membuat pikiran kita suntuk adalah melakukan hal yang sama secara berulang. Jadi, cobalah untuk mengistirahatkan diri dari rutinitas yang membosankan. Apakah kita selalu menggunakan cara yang sama saat pergi ke kantor? Apakah kita selalu pergi ke kedai kopi yang sama?  Itu semua adalah bentuk kebosanan yang kita rasakan. Nah, ada baiknya kita mengubah kebiasaan-kebiasaan yang membosankan, misalnya jika kita selalu mengendarai kendaraan pribadi untuk pergi ke kantor, cobalah untuk menggunakan transportasi umum. Cobalah untuk mengatur ulang posisi lukisan atau ornamen lainnya yang ada di dalam ruangan kerja. Kita juga dapat mengubah posisi kursi dan meja kerja atau cobalah untuk bekerja di sebuah ruangan umum yang terbuka, seperti ruang rapat.
 
Perubahan kecil dan sederhana ini mampu mengubah pandangan kita. Dengan begitu, kita akan memiliki pandangan baru yang dapat menyegarkan pikiran agar dapat meningkatkan fokus. Saat fokus, kita akan mampu melakukan hal-hal besar.

3. Menambahkan warna dan cahaya.

Warna juga dapat berpengaruh dalam menyegarkan pikiran. Menurut para ahli, warna dapat memberikan perasaan positif, membuat kita lebih bersemangat bahkan lebih tenang dan damai, seperti warna merah dipercaya dapat meningkatkan semangat dan warna biru dapat membuat kita menjadi lebih tenang.
 
Hal lain yang juga tidak boleh diabaikan adalah pencahayaan. Jika bekerja di tempat yang redup, tentu saja itu akan membuat suasana hati kita menjadi buruk dan membuyarkan fokus. Kita tidak akan merasa bersemangat dan bergairah dalam menyelesaikan pekerjaan serta ruangan yang kurang cahaya juga dapat merusak kesehatan mata. Untuk itu, perlu dipastikan bahwa kita harus memiliki ruang kerja dengan pencahayaan yang baik. Kita dapat menambahkan lampu atau mencari ruangan lain yang lebih terang.
 
Itulah 3 cara meningkatkan fokus dan menyegarkan pikiran. Pikiran suntuk membuat kita tidak dapat fokus dalam pekerjaan. Ini hanya akan membuat kita malas dan melakukan penundaan. Setiap kali rekan pembaca merasa suntuk dan bosan, luangkan sedikit waktu untuk merapikan dan mengubah posisi suatu benda. Temukan cara yang dapat menyegarkan pikiran. Dengan begitu, kita akan kembali siap untuk fokus dalam pekerjaan. Fokus adalah hal yang membuat kita dapat memaksimalkan potensi diri dan mencapai tujuan. Jadi, lakukan perubahan sederhana yang dapat meningkatkan fokus ya, rekan pembaca.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse