STUDILMU Career Advice - 3 Cara Praktis Untuk Kesuksesan dan Pertumbuhan Pribadi

3 Cara Praktis Untuk Kesuksesan dan Pertumbuhan Pribadi


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 31, 2019

 
Halo pembaca Career Advice, bagaimana hari Anda? Saya harap hari Anda tetap berjalan sesuai yang direncanakan, sehingga setiap harinya Anda dapat mengalami pertumbuhan. Apa arti pertumbuhan pribadi bagi Anda? Apakah berharap menjadi komunikator yang lebih baik dengan pasangan Anda? Apakah Anda membayangkan kesuksesan profesional? Apakah Anda ingin memiliki usaha pribadi? Apakah Anda ingin makan lebih sehat dan mendapatkan bentuk fisik yang lebih baik? Apakah Anda ingin menjadi lebih baik dalam menangani keuangan Anda? Saya yakin, bahwa setiap dari kita memiliki tujuan pribadi dalam hidup. Artikel ini akan membahas cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk pertumbuhan pribadi sehingga mencapai tujuan Anda.
 
Pertumbuhan dan kesuksesan pribadi memiliki arti yang berbeda untuk semua orang, tetapi ada beberapa kebiasaan dasar yang dapat Anda sesuaikan dengan kehidupan Anda sendiri untuk memastikan Anda terus tumbuh. Dengan membuat rencana pertumbuhan pribadi yang sangat mudah, Anda dapat mempersiapkan diri untuk mengatasi hambatan apapun di jalan tujuan Anda dan bekerja untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda. Bagaimana caranya? Yuk, kita simak bersama.

1. Identifikasi hal yang benar-benar Anda inginkan

Langkah pertama dalam mengembangkan rencana pertumbuhan pribadi adalah memikirkan hal yang benar-benar Anda inginkan. Apa hasil yang ingin Anda capai? Apa hasil yang Anda cari? Apa hasil akhir yang Anda kejar? Anda perlu mengklarifikasi tujuan pertumbuhan dan perkembangan pribadi Anda. Apakah Anda ingin dipromosikan di kantor? Apakah Anda mencoba memperkuat hubungan romantis Anda? Apakah Anda ingin merasa lebih kuat dan lebih sehat?
 
Setelah Anda memiliki hasil yang jelas dalam pikiran, dapatkan motivasi Anda. Anda dapat menantang diri sendiri untuk memikirkan motivasi yang lebih besar. Apakah Anda ingin mendapatkan promosi sehingga Anda dapat memberikan yang lebih baik untuk keluarga Anda? Apakah Anda menginginkan hubungan dengan pasangan menjadi lebih romantis dan  lebih kuat sehingga mengarah pada kebahagiaan dan produktivitas yang lebih besar dalam hidup Anda? Apakah berada dalam kondisi yang lebih baik memungkinkan Anda untuk memberikan sesuatu yang berarti bagi komunitas Anda secara lebih menyeluruh? Dengan melihat bahwa Anda didorong oleh faktor-faktor yang lebih besar dari diri Anda sendiri, Anda akan merasa lebih terdorong untuk melakukan tugas yang ada. 
 

2. Dapatkan alat dan pelatihan yang Anda butuhkan

Tidak apa-apa untuk mengakui bahwa Anda tidak dapat membuat rencana pertumbuhan pribadi sendiri. Banyak orang paling sukses di dunia beralih ke alat dan strategi eksternal ketika mereka memulai perjalanan menuju pertumbuhan pribadi. Beralihlah ke buku pertumbuhan pribadi terbaik, beralih ke cerita atau kutipan yang Anda temukan sebagai motivasi atau temukan mentor yang memberdayakan Anda.
 
Jika Anda tidak dapat mengakses seorang mentor, identifikasi seseorang yang Anda kagumi dan pelajari perjalanan mereka. Ada sebuah motivasi yang mengatakan ‘Jika Anda ingin sukses, temukan seseorang yang telah mencapai hasil yang Anda inginkan dan ikuti apa yang mereka lakukan, maka Anda akan mencapai hasil yang sama.’ Bagaimana mereka menemukan kesuksesan? Bagaimana mereka melaksanakan tanggung jawab harian mereka? Ini bisa saja seseorang yang terkenal atau seseorang yang dekat dengan Anda. Temukanlah seseorang yang menjadi panutan dan ikuti hal-hal baik yang mereka lakukan dalam mengalami pertumbuhan dan mencapai tujuan mereka dan latihlah diri Anda untuk melakukannya. Dengan menggunakan kesuksesan orang lain sebagai alat pelatihan, Anda akan lebih mudah mengembangkan jalan Anda sendiri menuju kesuksesan.
 
Alat lain yang dapat Anda gunakan untuk mengalami pertumbuhan pribadi adalah mengikuti pelatihan-pelatihan yang Anda perlukan. Cari tahu kebutuhan Anda dan juga agen pelatihan yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. Di jaman sekarang ini, Anda juga dapat mengikuti pelatihan online. Anda tidak perlu memindahkan tubuh Anda, namun Anda tetap mendapatkan ilmu yang juga bermanfaat.

3. Periksa kemajuan secara berkala.

Temukan cara untuk melacak kemajuan Anda. Anda bisa mendokumentasikan rencana pertumbuhan pribadi dengan membuat jurnal, atau secara teratur memperbarui langkah-langkah yang telah dibuat untuk mencapai tujuan kepada teman dekat atau anggota keluarga sehingga ini membuat Anda lebih bertanggung jawab.
 
Mengapa Anda perlu melakukan ini? Jika Anda memeriksa kemajuan Anda dan menyadari ada sesuatu yang tidak berhasil, atau Anda menyadari cara yang lebih baik untuk mencapai tujuan Anda, jangan takut untuk mengubah arah. Mungkin memakan waktu untuk melakukannya, tetapi dengan mengejar sekarang akan lebih berguna daripada membiarkan kesempatan berlalu begitu saja, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk berhasil.
 
Meskipun jalan untuk berubah mungkin terasa lama dan sulit di awal, saat Anda melacak pertumbuhan Anda dari waktu ke waktu, Anda akan merasa terinspirasi untuk melanjutkan. Jangan lupa, rayakan setiap pencapaian kecil dalam perjalanan pertumbuhan pribadi Anda, dan jangan biarkan diri Anda menjadi putus asa jika Anda mencapai hambatan dalam rencana Anda. Pembaca Career Advice, ingatlah bahwa sangatlah penting untuk menghargai pekerjaan yang telah Anda lakukan saat Anda melanjutkan perjalanan pertumbuhan pribadi Anda.
 
Setiap orang memiliki kekuatan untuk mengubah hidup mereka menjadi lebih baik. langkah pertama adalah memutuskan Anda siap untuk berkomitmen pada rencana pertumbuhan pribadi. Jika Anda terus melakukan hal yang selalu Anda lakukan, Anda akan mendapatkan tujuan dan impian Anda. Mari pembaca Career Advice, mulailah membuat perubahan dalam hidup Anda hari ini, dan Anda akan segera melihat hasil yang selalu Anda inginkan.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse