STUDILMU Career Advice - 3 Hal Ini Membuat Hidup Lebih Bahagia

3 Hal Ini Membuat Hidup Lebih Bahagia


by STUDiLMU Editor
Posted on Oct 30, 2018

 
Banyak dari kita yang sering kali membandingkan karir kita dengan teman-teman kita dengan cara tidak penting dan pada akhirnya, hal tersebut membuat kita kesal tanpa alasan.  Terkadang kita merasa bahwa hal yang kita miliki tidak seperti yang dimiliki teman lainnya. Tahukah Anda bahwa perasaan seperti ini mampu mengurangi kadar kebahagiaan Anda dan menghambat perjalanan karier Anda? Ada beberapa hal yang seharusnya tidak membuat atensi Anda tercurah lebih banyak dan menyita pikiran Anda sehingga mencuri kebahagiaan yang Anda miliki. Hal-hal apa sajakah itu?

1. Anda berpikir bahwa teman Anda menghasilkan lebih banyak uang daripada Anda

Pernahkah Anda merasa terkaget-kaget ketika pertama kali mendengar gaji teman Anda? Lalu Anda bertanya "Apa yang Anda kerjakan?" Kemudian, Anda menghabiskan sisa malam Anda dengan menghitung berapa banyak lagi jumlah yang dia bawa pulang daripada Anda. 
 
Tanpa Anda sadari bahwa sebenarnya Anda juga memiliki banyak uang untuk menjalani hidup Anda. Pikirkan tentang tempat tinggal Anda, kendaraan yang Anda miliki, waktu bersenang-senang yang Anda habiskan bersama teman-teman, dan lainnya. Sebelum Anda panik tentang betapa Anda merasa kurang dari teman-teman Anda, tanyakan pada diri Anda apakah Anda menyukai pekerjaan Anda saat ini? Jika jawabannya ya, tanyakan pada diri Anda apakah Anda merasa nyaman dan cukup dengan gaji Anda saat ini? Dan jika jawaban untuk kedua pertanyaan ini adalah ya, berhentilah khawatir tentang gaji orang lain. Anda baik-baik saja.

2. Anda berpikir bahwa teman Anda tidak pernah mendengar perusahaan Anda

Beberapa teman Anda mungkin bekerja untuk perusahaan terkenal. Lalu bagaimana dengan Anda? Nah, mungkin saat ini Anda memiliki karier di sebuah perusahaan yang jauh lebih kecil. Dan dalam banyak kasus, Anda harus menjelaskan yang menjadi pekerjaan Anda kepada teman-teman yang Anda temui untuk pertama kalinya. Dan mungkin Anda akan merasa terganggu karena Anda tidak bekerja untuk sebuah perusahaan ternama. 
 
Tetapi yang harus Anda lakukan adalah Anda harus menyukai pekerjaan Anda. Meskipun Anda tidak memiliki makan siang gratis dari kantor, Anda juga melakukan beberapa hal yang cukup keren sebagai anggota dari sebuah tim. Jadi, tidak masalah jika Anda tidak bekerja untuk sebuah perusahaan besar.
 
Jika Anda mengalami masalah atau merasa bosan dalam menjelaskan pekerjaan Anda, cobalah cara berikut: Saya bekerja untuk perusahaan [jenis industri] yang mengerjakan [sesuatu yang Anda kerjakan]. Ini adalah tempat yang keren untuk bekerja karena [sebutkan nama atau proyek yang Anda kerjakan]. 
 
Contohnya: saya bekerja untuk sebuah perusahaan teknologi iklan yang berupaya mengoptimalkan pengalaman pengguna untuk pelanggan setelah mereka mengirimkan formulir. Ini adalah tempat yang keren untuk bekerja karena semua orang benar-benar bekerja sama dan kami mendapatkan makan siang gratis pada hari Jumat!

3. Anda berpikir bahwa teman Anda tidak benar-benar memahami tentang pekerjaan Anda

Apakah Anda memiliki pekerjaan yang sulit untuk dijelaskan? Anda mungkin sulit untuk berkata dengan jelas tentang pekerjaan Anda seperti, “Saya adalah seorang dokter.” Dan karena kebanyakan dari teman Anda memiliki pekerjaan yang sama maka pekerjaan tersebut diakui secara universal, lalu Anda merasa seperti Anda melakukan sesuatu yang salah. 
 
Inilah masalah yang sebenarnya: Anda mungkin akan kesulitan untuk menjelaskan tentang pekerjaan Anda. Semakin banyak Anda memiliki koneksi dengan orang yang berada dalam posisi yang sama dengan Anda, semakin Anda menyadari bahwa Anda tidak sendirian dalam kesulitan ini. Dan pada satu titik dalam karir Anda, Anda akan mendapatkan cara untuk menanggapi pertanyaan seseorang yang menanyakan tentang hal yang Anda lakukan atau kerjakan.
Anda dapat menjelaskannya seperti ini:
 
Saya bekerja dengan [jenis klien atau tim tertentu yang Anda ajak berkolaborasi]. Saya membantu [satu hal yang Anda bertanggung jawab] dan saya berharap [masukkan peran yang ingin Anda kembangkan atau keterampilan yang ingin Anda pelajari].
 
Beberapa orang mungkin tidak paham dengan penjelasan tersebut dan merasa aneh dengan pekerjaan Anda. Itu bukanlah suatu masalah besar. Jika Anda merasa senang dengan pekerjaan yang Anda  miliki, apakah Anda  perlu untuk menimbang pendapat orang lain tentang pekerjaan Anda? 
 
Pekerjaan Anda akan menjadi cukup sulit ketika Anda membandingkan diri Anda dengan teman-teman Anda. Ketika Anda hanya terfokus pada pencapaian orang lain, Anda akan selalu kalah dalam pertempuran. Seseorang akan selalu memiliki gaji yang lebih tinggi, atau bekerja untuk perusahaan yang lebih besar, atau memiliki jabatan yang lebih bergengsi (atau, setidaknya lebih jelas). Jadi pikirkan tentang kebahagiaan Anda sendiri di tempat kerja Anda. Bila Anda cukup beruntung karena Anda merasa puas dengan pekerjaan Anda, dan memiliki cukup uang di rekening untuk memenuhi kebutuhan Anda dan juga untuk sesekali bersenang-senang dengan teman-teman Anda, faktanya adalah Anda memiliki jauh lebih banyak daripada yang Anda sadari. Jadi, berhentilah menghabiskan tenaga dan juga pikiran Anda terhadap 3 hal diatas. Ingatlah bahwa kebahagiaan Anda tidak bergantung pada keadaan orang lain. Anda sendirilah yang harus menciptakan kebahagiaan tersebut. Jika Anda merasa bahagia dengan yang Anda miliki saat ini, Anda akan semakin mudah untuk terus berusaha dalam pengembangan karier Anda.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse