STUDILMU Career Advice - 3 Kemampuan Interpersonal Menunjang Perkembangan Karir

3 Kemampuan Interpersonal Menunjang Perkembangan Karir


by STUDiLMU Editor
Posted on Oct 29, 2018

 
Kemampuan interpersonal atau yang lebih dikenal dengan soft skills merupakan hal penting yang dapat membuat perbedaan antara mendapatkan promosi dan tetap melakukan pekerjaan Anda sebagai mana biasanya. Atau mungkin bisa saja membawa Anda menyelesaikan peran yang tidak Anda sukai.
 
Pertanyaannya adalah, soft skills seperti apa yang paling tepat untuk menunjang perkembangan karir Anda?
 
Jika Anda adalah seseorang yang baru saja memasuki dunia kerja, berikut adalah kemampuan interpersonal yang biasa disepelekan namun akan membantu Anda di mana pun Anda pergi dalam karir Anda:
 

1. Fokus

Ketika Anda dapat memiliki fokus yang berlangsung secara berkelanjutan, Anda dapat merasakan manfaat dari kemampuan fokus yang Anda miliki ketika Anda benar-benar dilanda tugas. Fokus merupakan keterampilan yang sangat berharga. Pertama, ketika Anda mengerahkan diri Anda untuk fokus, Anda sedang memusatkan semua perhatian anda dan itu memungkinkan Anda menghasilkan hal yang lebih dari biasanya. Kedua, kebanyakan orang tertarik pada pekerjaan yang lebih mudah (memeriksa email) dibandingkan tugas yang sulit dan memuaskan (proyek besar yang Anda tunda), padahal proyek besarlah yang akan membantu Anda untuk dilihat oleh banyak orang. Ketiga, fokus akan memaksimalkan penggunaan keterampilan dan bakat yang Anda miliki dan membuat pekerjaan Anda lebih bermakna juga memberikan kepuasan yang lebih.  

Bagaimana cara mengembangkan fokus Anda?

Sangatlah tidak mungkin untuk melatih fokus Anda jika Anda terus-menerus terganggu oleh rapat yang harus Anda hadiri. Anda dapat memperbaiki hal ini dengan mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang biasa Anda lakukan dalam satu hari dan menghentikan diri anda dari rapat apa pun. Carilah slot waktu dua jam untuk Anda dapat berpikir dan bekerja, lalu tandai sebagai "sibuk" di kalender Anda.
 
Selanjutnya, siapkan lingkungan Anda sehingga Anda dapat fokus pada tugas-tugas sulit tanpa godaan. Tempatkan ponsel Anda dalam mode pesawat. Matikan pemberitahuan di komputer Anda. Jika Anda bekerja, Anda dapat meminta waktu kepada tim anda untuk tidak diganggu.  
 
Semakin banyak waktu yang Anda buat untuk melatih fokus Anda dalam pekerjaan, semakin Anda siap untuk menangani proyek-proyek besar yang akan muncul.

2. Terbuka terhadap umpan balik

Tidak masalah seberapa baik umpan balik yang anda dapatkan. Namun, jika Anda tidak mau mendengarkan kritik tentang karya Anda sendiri, Anda tidak akan pernah tumbuh dan juga Anda akan membuat diri Anda sangat tak dapat didekati. Orang tidak hanya cenderung kurang suka untuk bekerja dengan Anda, tetapi mereka juga dapat mengabaikan saran Anda. Misalnya, ketika Anda mendengar kritik yang membangun, Anda sering menanggapi dengan berkata, "Anda salah." Anda menjadikan diri Anda defensif dan ini tidak akan membantu Anda untuk tumbuh.
 

Bagaimana cara mengembangkan keterbukaan Anda akan umpan balik yang diberikan?

Daripada bersikeras bahwa orang lain salah, lihatlah hal ini secara berbeda. Anda dapat bertanya dengan hal yang lebih spesifik, seperti “Terimakasih atas tanggapan Anda. Itu merupakan hal yang menarik. Saya ingin mendengar pendapat lain yang Anda miliki tentang saya.” Dengan menanyakan hal-hal spesifik, Anda bisa mendapatkan akar persoalan yang membuat seseorang tersebut memberikan penilaiannya terhadap diri Anda.
 
Saat Anda mengatakan hal tersebut dan kemudian benar-benar mendengarkan, Anda akan mengesankan rekan kerja. Karena Anda menunjukkan kemampuan Anda dalam mendengar dan menerima masukkan umpan balik mereka.
 

3. Akuntabilitas

Akuntabilias adalah satu hal yang berkaitan dengan rasa antusias untuk menjadi sukarelawan di sebuah proyek baru. Terkadang Anda menggigit lebih banyak daripada yang dapat Anda kunyah. Dengn kata lain, Anda mengambil bagian pekerjaan yang lebih besar daripada kesanggupan yang Anda miliki untuk menyelesaikannya. Hal ini dapat saja Anda lakukan, tetapi Anda tidak harus membuatnya menjadi kebiasaan. Menurut sebuah penelitian, komitmen yang berlebihan akan membuat Anda sulit untuk mengetahui tugas-tugas yang akan Anda miliki di masa depan. 
 

Bagaimana cara mengembangkan akuntabilitas Anda?

Berhentilah menjadwalkan hari Anda berdasarkan segala sesuatu yang terjadi dengan benar. Karena terkadang ketika Anda menyelesaikan setiap pekerjaan sesuai dengan jadwal yang Anda  buat, Anda malah melewatkan tenggat waktu dari beberapa pekerjaan. Atau Anda merasa bahwa tenggat waktu yang diberikan tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.
 
 Lebih baik lagi, buatlah perencanaan ini dengan menyisihkan blok waktu secara ketat untuk hal-hal yang tak terduga. Misalnya, dalam tiga atau empat hari seminggu, saya membangun blok waktu 45 menit hanya untuk mengejar tugas acak yang tidak saya antisipasi. Dengan cara ini, Anda membangun diri Anda dalam kemungkinan sehingga Anda dapat  memenuhi tenggat waktu dari setiap pekerjaan anda dan Anda juga dilihat sebagai seseorang yang 100% dapat diandalkan.
 
Sama seperti keterampilan lainnya yang ada di surat lamaran Anda, Anda tidak dapat menguasai ini dalam waktu seminggu atau bahkan sebulan. Ini akan membutuhkan sebuah latihan yang konsisten; Namun, dengan Anda mempelajari keterampilan-keterampilan interpersonal diatas, Anda akan terus menemukan cara yang pasti untuk terus tumbuh dan tampil menonjol di tempat kerja.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse