STUDILMU Career Advice - 4 Cara Mencapai Tujuan Anda

4 Cara Mencapai Tujuan Anda


by STUDiLMU Editor
Posted on Feb 22, 2019

 
Halo pembaca Career Advice, sudah sejauh manakah perkembangan Anda dalam mencapai tujuan Anda di tahun 2019? Saya percaya bahwa setiap pembaca Career Advice pastinya sedang berada dalam jalur pencapaian tujuan tahun 2019, baik tujuan pribadi, tujuan karier maupun tujuan akan keluarga. 2019 bisa menjadi tahun yang penuh dengan petualangan menarik yang menginspirasi Anda. Anda dapat tampil dengan energi yang tak terbatas. Terdengar hebat, bukan? Apakah rekan pembaca masih berada dalam keraguan untuk mewujudkan tujuan dan merasa Anda tidak mampu untuk mencapainya? Bagaimana kita dapat mewujudkan semua tujuan dengan pasti? Mari kita ikuti panduan dibawah ini.
 

1. Berjalan di 2019 dengan Penuh Keberanian.

Buatlah langkah berani untuk mencapai tujuan besar. Hal apa yang membuat Anda bangga, merasa sukses dan merasa kuat? Tujuan yang besar dan liar dapat membuat hidup Anda menjadi lebih nikmat dan lebih hidup. Tujuan yang berani akan menginspirasi Anda, energi, sikap optimis dan antusiasme yang tinggi membantu Anda dapat melewati tantangan yang ada. Komitmen yang kuat untuk sebuah misi dapat menuntun pada kesuksesan.
 

2. Bayangkan kemenangan.

Rekan pembaca pasti sudah memiliki tujuan besar dalam pikiran. 2019 bisa menjadi tahun terwujudnya setiap tujuan yang Anda miliki. Langkah yang harus Anda lakukan adalah menggambarkan kemenangan. Bayangkan Anda sudah mencapai tujuan. Buatlah gambar saat Anda telah mencapai tujuan. Bagaimana, dimana dan dengan siapa Anda tinggal, bekerja dan bersosialisasi? Apa yang Anda banggakan, apa yang memotivasi Anda dan yang membuat Anda bersyukur? Apa yang keluarga, teman, atasan, dan anggota tim Anda katakan tentang Anda?
 
Buatlah daftar jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu. Daftar itu memberikan Anda gambaran akan pencapaian yang nyata, ketika Anda melihatnya, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencapainya. 
 
Jika ini adalah sebuah pergerakan yang besar, tentu Anda tidak dapat menyelesaikannya hanya dalam satu hari, atau satu minggu, atau bahkan satu bulan. Kemajuan yang Anda buat terjadi secara bertahap. Tetapkan tujuan untuk setiap kuartal dan bulan. Ambil langkah yang membantu Anda semakin dekat dengan tujuan tersebut. Pastikan bahwa tujuan itu terukur. Misalnya, Anda melakukan 3 wawancara promosi. Ini merupakan suatu yang dapat diukur. 
 
Buatlah rencana rinci dalam setiap tujuan. Tuliskan langkah-langkah yang ingin Anda tempuh dan sumber daya yang dibutuhkan. Setiap bulan, daftarkan tujuan dan rencana aksi untuk bulan itu. Lalu, tuliskan dalam sebuah papan gantung yang besar. Centang setiap item yang berhasil Anda selesaikan. 
 

3. Berada di Jalur Cepat

Jika Anda tidak dapat memikirkan sebuah tujuan yang besar, maka mulailah dengan berada pada jalur cepat. Bagaimana Anda dapat melakukannya? Berikut beberapa tip untuk membuat Anda berada pada jalur cepat. 
 
- Tunjukkan rasa hormat; mulailah dengan 'Ya, Pak,' dan 'Ya, Bu.'
Tampil menonjol dengan menggunakan pendekatan formal saat berkomunikasi dengan pimpinan dan pelanggan Anda. Frasa “Ya, tuan” dan “Ya, Bu” adalah respon terbaik untuk hal ini. Anda akan mendapatkan rasa hormat ketika Anda menunjukkan rasa hormat terlebih dahulu. 
 
- Merespon dengan cepat.
Setiap harinya, kita dihadapkan dengan masalah dan pencarian solusi dalam setiap masalah. Kita selalu memulai dengan latar belakang masalah, proses terjadinya masalah dan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi, tahukah Anda bahwa Anda telah melewatkan 10 detik pertama. Oleh karena itu, berikan respon yang cepat. Jika seorang rekan bertanya ‘Kapan laporan ini selesai?’, jawab saja ‘Sudah 80%, sedang dalam proses menyelesaikannya dan akan dikirimkan di akhir hari’. 
 
- Jadilah pemecah masalah, bukan pengkritik.
Pastikan tindakan Anda menunjukkan komitmen. Kegagalan bukanlah suatu pilihan. Seorang atasan selalu ingin memastikan bahwa karyawan memahami keinginan atasan dan mendukungnya. Mereka ingin dikelilingi oleh orang yang mampu menyelesaikan masalah dan bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan. 
 
Bawalah energi positif dan dorongan untuk menyelesaikan tugas Anda dan mendukung keberhasilan tim. Berikan ide atau solusi untuk permasalahan yang ada, jika tidak, Anda hanyalah seorang kritikus. Akan ada saat dimana Anda merasa tidak baik dan ingin mengeluarkan kata-kata kasar. Tetapi, tahan diri Anda. Belajarlah untuk menghadapi kekecewaan dengan cara yang tepat sehingga Anda tetap mempertahankan suasana yang positif.
 
Berada di jalur cepat bukanlah hal yang mudah, Anda memerlukan perencanaan, disiplin dan keberanian. Namun, jika setiap harinya Anda selalu membawa rasa hormat, energi dan pandangan positif, Anda akan dapat menentukan masa depan dengan cepat. 
 

4. Milikilah Dorongan Keberanian untuk Berhasil.

Tujuan besar memang menakutkan. Anda akan mudah berpikir lalu berkata, ‘Untuk apa saya mengejar hal itu? Saya mungkin tidak akan dapat meraihnya.’ Teguhkan diri Anda bahwa Anda layak dan mampu untuk mewujudkannya. Jika Anda telah menetapkan tujuan Anda untuk tahun 2019, mulailah melaksanakan rencana-rencana yang telah disusun. Maka, tahun 2019 akan menjadi tahun yang berbeda.
 
Tahun 2019 akan menjadi tahun yang membawa Anda kegembiraan dan juga kemungkinan besar akan tercapainya tujuan Anda. Sibukkan diri Anda dengan rencana-rencana dalam mengejar tujuan, sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan apa yang mungkin terjadi. Kejarlah tujuan Anda, lakukan tindakan nyata dan nikmati setiap petualangan yang Anda temui. 
 
Tekad yang kuat dimulai dari keberanian untuk melangkah. Mari, rekan pembaca, kita membulatkan tekad dalam mencapai tujuan kita. Beranikan diri dan pastikan bahwa kesuksesan adalah milik kita dan ketidakmungkinan hanyalah sebuah tantangan yang harus ditaklukkan. Mari kita lihat lagi tujuan yang ingin dicapai di 2019. Melangkahlah dan raihlah kesuksesan itu di tahun ini. Salam sukses, rekan pembaca Career Advice. 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse