STUDILMU Career Advice - 4 Cara Mengembangkan Keterampilan Abad 21: Keterampilan Belajar

4 Cara Mengembangkan Keterampilan Abad 21: Keterampilan Belajar


by STUDiLMU Editor
Posted on May 03, 2019

 
Halo rekan pembaca Career Advice, dunia kerja berubah dengan cepat. Sadar atau tidak, keterampilan, pengetahuan dan kompetensi yang kita miliki bisa saja membantu dan memajukan karier kita. Namun, itu juga dapat menghambat perjalanan karier kita. Keterampilan yang kita miliki adalah kunci untuk masa depan kita. 
 
Dapat dikatakan dengan jelas bahwa keterampilan adalah hal yang dapat mendorong karier kita. dan khususnya, di abad 21, keterampilan yang harus dimiliki seseorang merupakan keterampilan yang tidak lagi sama dengan di masa lalu. Keterampilan yang sangat dituntut di abad 21 adalah belajar. Belajar adalah satu keterampilan yang dapat membawa kita mengalami peningkatan dalam karier. Kita harus belajar, belajar dan belajar. 
 
Nah, bagaimanakah kita dapat mengembangkan keterampilan abad 21 ini, sehingga kita dapat mengalami peningkatan karier? Berikut adalah 4 cara mengembangkan belajar, yang merupakan satu-satunya keterampilan abad 21 yang dapat meningkatkan karier kita. 
 

Cara pertama mengembangkan keterampilan belajar adalah memiliki keinginan dan kemampuan untuk terus mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan.

Orang yang buta huruf pada abad ke-21 bukanlah mereka yang tidak bisa membaca dan menulis, tetapi mereka yang tidak bisa belajar, belajar untuk meninggalkan dan mempelajari kembali. Kapan terakhir kali rekan pembaca membaca suatu perspektif yang berbeda dengan bidang Anda? Kapan Anda meluangkan waktu untuk mempelajari bidang baru? Perubahan di tempat kerja terjadi secara konstan di tempat kerja saat ini. Untuk mengikutinya, kita harus terus belajar. Belajar mendorong kemampuan beradaptasi. Kebanyakan orang mengetahui hal ini, tetapi sedikit yang melakukannya. Ada waktu yang dapat digunakan untuk mengambil kelas yang dapat meningkatkan karier di antara tenggat waktu, jadwal rapat, kehidupan keluarga serta waktu lainnya dalam kehidupan kita. yang terpenting adalah kita bertanggung jawab penuh dalam penggunaan waktu tersebut. Kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan baru adalah salah satu cara untuk bertahan hidup di abad 21. Ini akan membuat kita menjadi seorang yang ahli dan hebat dalam melakukan hal apapun. Orang-orang yang mengembangkan kemampuan untuk terus memperoleh pengetahuan baru yang lebih baik yang dapat diterapkan pada pekerjaan dan kehidupan mereka, akan menjadi penggerak dan pelopor dalam masyarakat untuk masa depan yang tidak terbatas. Berinvestasi dalam mempelajari keterampilan baru sangat penting untuk menjaga kita tetap relevan dalam keadaan ekonomi yang terus berkembang dan teknologi yang terus meningkat. Oleh karena itu, jangan bosan-bosan belajar ya rekan pembaca.
 

Cara kedua mengembangkan keterampilan belajar adalah merangkul pembelajaran dalam karier.

Ingatlah, bahwa semakin banyak kita belajar, semakin banyak hasil yang kita dapatkan. Belajar membuat kita data lebih terbuka terhadap perubahan. Dan mempelajari keterampilan baru seharusnya bukanlah menjadi hal yang membuat kita takut dan stres. Kita dapat mengatur waktu untuk meningkatkan diri dan menjadi lebih baik dengan apa yang Anda lakukan. Pembelajaran seumur hidup adalah bagian dari perjalanan karier. Kita harus menerima hal itu. Pembelajaran seumur hidup membantu kita mempertahankan momentum dan produktivitas bahkan dalam menghadapi perubahan radikal di tempat kerja. Pola pikir belajar mengecilkan peluang kita untuk terdampar ketika kondisi proyek berubah, perubahan strategi pertumbuhan, atau bahkan adanya transformasi fungsi pekerjaan. Sementara yang lain berjuang untuk mencari tahu ke mana mereka harus pergi. Proses pembelajaran yang berkelanjutan akan merangsang dan memberdayakan kita ketika kita memperoleh pengetahuan, nilai, keterampilan, dan pemahaman yang relevan yang dibutuhkan sepanjang hidup kita. Memiliki pola pikir belajar berarti kita dapat dengan bebas berpindah di antara tugas, pekerjaan, wilayah, dan negara. Ini adalah satu keterampilan yang dapat membawa semua keterampilan yang lain ke tingkat berikutnya. Dan coba tebak, kemampuan untuk belajar dan beradaptasi dalam lingkungan kerja apa pun akan ada untuk di setiap tahap karier yang kita lewati, tidak peduli perubahan apa pun yang terjadi di dunia yang tidak terduga ini. Untuk itu, rangkulan dan milikilah pola pikir belajar seumur hidup ya rekan pembaca.
 

Cara ketiga mengembangkan keterampilan belajar adalah menetapkan tujuan pembelajaran jangka pendek dan jangka panjang.

Kita memiliki waktu yang terbatas. Jadi, sangatlah penting bagaimana kita menghabiskan atau menginvestasikan waktu kita datang dengan biaya peluang nyata. Pikirkan tentang keterampilan dan pengetahuan yang kita butuhkan untuk tetap menjadi yang terkini dan siap untuk masa depan. Ini bukan berarti kita harus mempelajari setiap keterampilan sekaligus. Pilihlah keterampilan yang sesuai dengan gambaran hidup dan pekerjaan kita, ya yang sesuai dengan jalur karier kita saat ini. Belajar membantu kita dapat memenuhi kebutuhan karier kita di masa depan. Jika Anda bermaksud untuk meningkatkan keterampilan Anda dalam tiga atau enam bulan ke depan, Anda bisa mendapatkan saran dari atasan tentang keterampilan apa yang perlu Anda tingkatkan. Atau cobalah mencari petunjuk lain. Cobalah untuk menemukan tugas yang sering Anda hindari karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang Anda miliki untuk menyelesaikan tugas tersebut. Belajar dapat membantu Anda memilih apa yang menjadi fokus sekarang atau di masa depan. Kita juga dapat berfokus pada gambaran besar, jalur karier yang kita inginkan dan memilih keterampilan yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan utama kita. Jadi tetapkan tujuan pembelajaran jangka panjang dan jangka pendek yang ingin dicapai. Sehingga, keterampilan tersebut akan berguna bagi perjalanan kita. Kita bahkan dapat menemukan seorang mentor dan berbicara tentang tujuan belajar dan apa yang harus difokuskan untuk memajukan karier.
 

Cara keempat mengembangkan keterampilan belajar adalah belajar dengan gaya belajar yang dimiliki.

Apakah Anda belajar sendiri atau dalam kelompok? Apakah Anda lebih suka audio, video, atau kombinasi keduanya? Apakah Anda seorang pembelajar langsung? Apapun gaya belajar yang kita miliki, kita dapat memilih peluang yang sesuai dengan gaya belajar termasuk lokakarya langsung, atau kursus berbasis video. Kita memiliki peluang belajar yang tidak terbatas. Kita dapat belajar sendiri, di tempat kerja, dari mentor atau orang lain. Kita juga dapat belajar online dengan mengikuti blog, mengunduh podcast, mengikuti kelas, dll. Atau melalui majalah, jurnal, seminar, video, dan siaran. Kita bahkan dapat belajar dengan menghadiri kelas-kelas di lembaga pendidikan, secara langsung atau online. Buat rencana tindakan dan lanjutkan belajar karena karier kita bergantung pada hal itu. Tetapkan tujuan, jadwal, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai setiap tujuan.
 
Itulah 4 cara mengembangkan keterampilan abad 21: belajar. Belajar adalah satu-satunya keterampilan yang membuat kita dapat bertahan hidup di abad 21, era yang penuh dengan perubahan. Jika rekan pembaca sedang mempertimbangkan untuk mengganti pekerjaan, mengajukan promosi atau memulai karier baru, meningkatkan keterampilan yang dimiliki adalah cara yang tepat untuk dapat mengubah segalanya. Belajar adalah investasi yang dapat memberikan kita peningkatan pendapatan. Apa pun tingkat pendidikan yang Anda miliki, jika Anda ingin berhasil, Anda harus terus belajar.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse