STUDILMU Career Advice - 4 Cara Menghilangkan Stres dengan Terapi EFT

4 Cara Menghilangkan Stres dengan Terapi EFT


by STUDiLMU Editor
Posted on Apr 17, 2019

 
Stres merupakan bagian dari kehidupan yang dialami setiap orang. Tidak ada seorangpun yang hidup di dunia ini tanpa masalah. Kehidupan kita terkadang diwarnai oleh kecemasan, kemarahan, atau kekhawatiran. Dan banyak orang menghilangkan perasaan tersebut dengan kebiasaan buruk, seperti minum berlebihan, merokok, atau perilaku adiktif lainnya. Tetapi bagaimana kita dapat mengurangi stres dan kecemasan dengan cara yang memberikan kesejahteraan dan bahkan melepaskan kecanduan kita akan suatu hal? 
 
Pernahkah rekan pembaca mendengar terapi EFT (Emotional Freedom Technique)? Terapi EFT adalah terapi yang digunakan untuk menghilangkan emosi seseorang dengan menyentuh bagian-bagian tubuh menggunakan ujung jari dan dengan teknik akupresur tertentu. Terapi ini dapat menstimulasi dan menyeimbangkan sistem energi tubuh dan mengurangi stres pada amigdala, bagian tengah otak yang merespon emosi seseorang, terutama rasa takut. Amigdala adalah tempat dibentuknya sistem yang mencoba melindungi kita dengan meningkatkan tekanan darah, detak jantung, kortisol dan kadar gula darah. 
 
Terapi EFT dikembangkan pada awal 1990-an, terapi ini telah diterima secara luas di bidang kesehatan komplementer dan integratif. Sekarang ini, terapi EFT digunakan untuk mengobati pasien penderita stres. Terapi EFT menggunakan strategi dan teknik yang berbeda. Apa saja langkah-langkah dasar terapi EFT? 
 
Berikut adalah 4 cara menghilangkan stres dengan terapi EFT. Sehingga, ketika rekan pembaca menghadapi stres atau ketakutan, Anda dapat mengulangi cara ini untuk mengatasi dan menghilangkan perasaan negatif tersebut.

Identifikasi masalahnya

Cara menghilangkan stres dengan terapi EFT yang pertama adalah mengidentifikasi permasalahan yang sebenarnya. Agar rekan pembaca dapat menggunakan terapi EFT dengan efektif, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi masalah atau ketakutan yang Anda miliki. Ini akan menjadi titik fokus Anda saat Anda melakukan terapi EFT. Jadi apa penyebab stres yang Anda alami? Fokuskan diri Anda pada permasalahan tersebut.
 

Lakukan uji intensitas awal.

Setelah mengidentifikasi permasalahan yang sebenarnya, cara menghilangkan stres dengan terapi EFT yang kedua adalah melakukan uji intensitas awal. Anda membutuhkannya untuk menentukan tolak ukur. Tingkat intensitas ini diukur dari skala 0-10, 10 merupakan angka tersulit. Skala ini digunakan untuk menilai rasa sakit dan ketidaknyamanan emosi atau perasaan yang kita miliki. 
 

Pengaturan. 

Cara menghilangkan stres dengan terapi EFT yang ketiga adalah dengan menerapkan aturan. Sebelum melakukan terapi, Anda perlu membuat pernyataan yang menjelaskan permasalahan yang ingin dihadapi. Dan ini harus berfokus pada dua hal utama:
- Anda perlu mengakui masalah tersebut.
- Anda perlu menerima diri sendiri sekalipun sedang dalam permasalahan.
 
Misalnya, Anda dapat mengatakan, ‘Sekalipun saya merasa kecewa dan memiliki masalah (sebutkan masalahnya), saya tetap menerima diri sendiri secara penuh.’ Kalimat ini dapat diubahkan sesuai dengan masalah yang Anda hadapi. Anda juga dapat mengatakan, ‘Meskipun ibu saya sakit, saya sepenuhnya menerima diri saya sendiri.’ Pernyataan ini kurang mengakui permasalahan yang Anda hadapi, jadi lebih baik untuk mengatakan, ‘Meskipun saya sedih karena ibu saya sedang sakit, saya sepenuhnya menerima diri sendiri.’

Langkah terapi EFT.

Cara menghilangkan stres dengan terapi EFT yang keempat adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Mulailah dengan menutup mata. Tarik napas dalam-dalam dan cobalah identifikasi perasaan stres yang Anda miliki atau perasaan lain yang mengganggu. Berikan skala 1-10 untuk reaksi yang akan Anda berikan, 0 berarti tidak ada reaksi dan 10 adalah reaksi terkuat. 
 
2. Tarik napas lagi, buatlah pernyataan yang menggambarkan perasaan Anda, ‘Sekalipun saya merasakan kecemasan ini, saya benar-benar mencintai dan menghargai diri saya sendiri.’ Katakanlah pernyataan ini tiga kali. Ini merupakan cara untuk menerima apa yang kita alami dengan lapang dada. Ini juga membantu kita menyelaraskan diri dengan otak kita.
 
3. Ulangi pernyataan tersebut sambil menyentuh beberapa titik berikut dengan ibu jari dan jari tengah: 
- area di antara kedua alis. 
-  area di luar alis.
- area bawah mata.
- area di atas hidung.
- area pada tulang lunak.
- 4 inci di bawah ketiak.
- area atas kepala.
 
4. Lakukan dua hingga tiga kali. Anda dapat menggunakan tangan kiri maupun tangan kanan.
 
5. Lalu, periksa kembali perasaan Anda. Angka berapa yang Anda berikan untuk reaksi selanjutnya? Apakah angka tersebut berkurang?
 
6. Lakukan langkah-langkah ini sampai reaksi emosional Anda benar-benar menurun drastis. Jika perasaan atau pikiran negatif lainnya muncul, lakukan lagi, sentuh lagi dengan mengulang pernyataan. Anda mungkin saja akan melakukannya sampai beberapa kali. 
 
7. Ketika Anda merasa bahwa reaksi emosional Anda telah berkurang, akhiri dengan memberikan sentuhan pada area antara pergelangan dan telapak tangan, katakan lagi, ‘sekalipun saya masih berada dalam kecemasan, saya sangat mencintai dan menghargai perasaan yang saya miliki.’ 
 
Itulah 4 cara menghilangkan stres dengan terapi EFT. Namun, apakah terapi EFT ini benar-benar bekerja dengan baik? Sebuah penelitian menggunakan terapi EFT untuk melihat dampak yang dihasilkan. Dalam sebulan, peserta yang menerima sesi pelatihan EFT mampu untuk mengurangi stres psikologis mereka secara signifikan. Dan mereka yang tidak menggunakan terapi ini tetap berada dalam tingkat stres yang sama.
 
Terapi EFT ini merupakan pengobatan terapi akupresur yang dapat mengembalikan keseimbangan energi kita yang terganggu. Nah, rekan pembaca dapat menggunakan terapi ini untuk menghilangkan kecemasan, depresi, sakit fisik, dan insomnia. Ikuti 4 cara diatas dan panduan langkah terapi EFT untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga sukses, rekan pembaca Career Advice.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse