STUDILMU Career Advice - 4 Cara Meningkatkan Motivasi Diri Setiap Hari

4 Cara Meningkatkan Motivasi Diri Setiap Hari


by STUDiLMU Editor
Posted on May 08, 2019

 
Halo rekan pembaca Career Advice, memiliki tanggung jawab yang besar dan harus mengerjakan banyak hal setiap hari dapat membuat kita kelelahan dan kehilangan motivasi diri. Hilangnya motivasi diri yang kita miliki dapat disebabkan oleh hilangnya hasrat akan tujuan, memiliki tujuan yang tidak tercapai, kurangnya kepercayaan diri atau bahkan memiliki pola hidup yang tidak sehat.
 
Ini akan menyebabkan kita mengalami kemandekan dalam perjalanan karier. Tentu saja, ini bukanlah pertanda baik. Jika kita membiarkan diri kita tidak termotivasi dalam waktu yang lama, rasanya mustahil untuk bergerak maju ke tujuan yang ingin dicapai. Nah, jika rekan pembaca sering merasa kehilangan arah dan motivasi diri, kali ini kita kan membahas 4 cara meningkatkan motivasi diri setiap hari sehingga rekan pembaca akan tetap bersemangat setiap hari dalam mencapai tujuan dan kesuksesan yang diimpikan.
 

1. Dapatkan kembali gairah kita.

Jika kita terbiasa melakukan rutinitas, kita akan mengalami kebosanan dan kehilangan motivasi diri. Maka, kita harus menemukan kembali gairah yang kita miliki. Temukan apa yang dapat membuat kita bergairah lagi dalam pekerjaan, hobi, atau interaksi yang kita miliki dalam kehidupan pribadi kita. Gairah akan menyalakan api motivasi diri. Apa hal yang dapat membangkitkan gairah kita kembali? Temukanlah dalam setiap aspek kehidupan kita. Apakah kita harus menangani proyek baru yang lebih menantang? Apakah kita harus bergabung dengan komunitas baru? Apapun itu, temukankanlah. Dapatkan kembali gairah kita. Dan temukan juga sumber inspirasi. Bagi sebagian orang, inspirasi datang ketika melihat orang lain membuat pencapaian besar. Bagi sebagian lainnya, inspirasi datang dari rasa kepuasan akan pekerjaan yang mereka lakukan. Ada orang yang ingin mendapatkan pengakuan. Ada yang ingin dikenal luas oleh masyarakat. Ada juga yang ingin membahagiakan orang-orang yang dicintai. Sangatlah penting untuk memiliki inspirasi setiap hari. inspirasi akan membangkitkan gairah kita. Temukan inspirasi diri Anda sendiri. Dengan begitu, kita akan lebih bersemangat dan memiliki motivasi diri untuk bekerja keras mencapai tujuan yang kita miliki. 
 

2. Miliki pola hidup sehat.

Motivasi diri juga bergantung pada cara kita merawat tubuh dan pola hidup yang kita jalani. Jika kita memiliki waktu tidur yang kurang, sering mengonsumsi makanan cepat saji atau pun kebiasaan buruk lainnya, kita akan sulit membangun motivasi diri. Jadi ubah pola makan kita. Ini adalah langkah dalam mendapatkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat juga bergantung pada pola tidur kita. Kita harus memiliki waktu tidur yang berkualitas. Kurang tidur membuat kita mengalami penurunan motivasi diri. Biasakan tidur pada waktu yang sama setiap malam setidaknya tujuh hingga delapan jam tidur. Jangan lupa juga untuk berolahraga. Olahraga membantu tubuh menghasilkan hormon baik yang dapat menenangkan kita, memberi energi dan mengembalikan fokus kita. Ketika kita menjadi sangat bergairah, kita dapat melihat ada banyak aspek kehidupan kita yang dihidupkan kembali.
 

3. Bangun jaringan yang mendukung.

Kelilingilah diri kita dengan orang yang tepat dan yang dapat memberikan dampak besar yang positif bagi setiap aspek kehidupan kita. Lingkungan sosial dapat meningkatkan kapasitas kita, tetapi dapat juga menghambat kita. Oleh karena itu, kita harus mampu menemukan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama, bersikap dan berpikir positif juga yang memiliki semangat tinggi. Dengan begitu, kita akan dapat menambah kepercayaan diri dan gairah dalam mencapai tujuan. Semakin kita dewasa, semakin kita akan mempersempit jaringan sosial. Kita mungkin akan mulai jarang menghubungi orang-orang tertentu. Ini adalah hal yang wajar. Kita mulai menyadari bahwa kita harus berada di dekat orang-orang yang dapat mendukung kita mencapai tujuan, bukan orang-orang yang menghambat bahkan menjatuhkan.
 

4. Keluar dari zona nyaman.

Berada dalam zona nyaman tidak membawa kita pada hal yang menarik. Kita tidak akan mengalami hal baru yang dapat membawa kesenangan baru. Kita juga tidak akan pernah memiliki gairah baru. Kurangnya tantangan akan membunuh motivasi diri dan memperlambat perjalanan kita. Jadi, jika kita merasa sangat nyaman dengan hal-hal yang kita lakukan, sudah waktunya untuk keluar dan mencoba sesuatu yang berbeda. Menantang diri untuk keluar dari zona nyaman akan memberikan kita sudut pandang baru, pengalaman baru dan hal-hal lain yang belum pernah kita ketahui. 
 
Menjelajahi hal-hal baru yang dapat meningkatkan gairah kita akan menghidupkan kembali motivasi diri kita. Tantanglah diri sendiri untuk melakukan hal baru setiap hari. Ketika kita mampu untuk meningkatkan gairah dan motivasi diri, kita dan akan merasa terinspirasi untuk menjalani hidup dengan usaha terbaik yang kita miliki.
 
Itulah 4 cara meningkatkan motivasi diri setiap hari. Motivasi diri adalah bahan bakar utama kita dalam mencapai tujuan kita. Jika kita tidak memiliki motivasi diri yang tinggi, kita akan sulit mencapai tujuan kita. Proses mengembalikan motivasi diri dapat berlangsung dengan cepat dan menantang, atau lambat dan mudah. Lakukan apa yang menurut rekan pembaca benar dan tepat bagi diri sendiri. 
 
Anda mungkin harus melewati tahap demi tahap. Itu hal yang baik. Tetapkan pencapaian-pencapaian kecil yang ingin Anda lakukan. Bersikaplah baik terhadap diri sendiri dan orang-orang yang mendukung kita dalam mencapai tujuan. Hidup bukanlah pertandingan. Jadi, lakukan apa yang membuat kita bahagia dan jangan bandingkan kemajuan kita dengan kemajuan orang lain. Ketika kita mampu menyelesaikan tahapan ini, kita akan melahirkan kembali motivasi diri.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse