STUDILMU Career Advice - 4 Cara Menyampaikan Rasa Terima Kasih

4 Cara Menyampaikan Rasa Terima Kasih


by STUDiLMU Editor
Posted on Oct 24, 2018

 
Menunjukkan rasa terima kasih kepada rekan kerja dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik dalam pekerjaan Anda. Coba pikirkan, ketika rekan kerja menunjukkan penghargaan atas sesuatu yang telah Anda lakukan dalam membantunya, Anda kemungkinan besar akan membantu orang itu lagi di masa mendatang. Dan ketika dia belum menunjukkan rasa terima kasih itu, Anda mungkin tidak akan memiliki keinginan untuk mengulurkan tangan Anda lagi.
 
Lagipula, rasa terima kasih yang Anda sampaikan menunjukkan rasa penghargaan Anda kepada rekan Anda yang telah membantu Anda dalam meningkatkan kualitas hubungan secara keseluruhan. Setiap orang cenderung akan merasa hangat dan positif terhadap orang-orang yang menghargai mereka. Hal ini dapat memiliki efek positif pada koneksi Anda di masa depan, referensi, dan interaksi Anda di tempat kerja pada umumnya.
 
Apakah Anda harus menunjukkan rasa terima kasih Anda dengan tiba-tiba? Berikut adalah langkah yang tepat untuk menyampaikan rasa terima kasih Anda. 

1. Berikan pujian yang lugas dan spesifik

Ucapan terima kasih yang seringkali Anda bicarakan mungkin terdengar tidak luar biasa kreatif, tetapi hal itu sanagt berdampak dan itu yang terpenting. Anda ingin memastikan rekan kerja Anda tahu bahwa Anda menghargainya, bukan? Berjalanlah ke meja kerjanya dan beri dia ucapan terima kasih yang tulus dan ikhlas. Untuk membuat dampak maksimal, sebutkan hal yang secara khusus membuat Anda menyampaikan rasa terima kasih tersebut. Misalanya, Christine, terima kasih banyak karena telah ikut membantu saya dengan presentasi saya kemarin. Saya tahu itu sudah larut malam; Saya sangat menghargai Anda karena Anda telah mengambil waktu ekstra untuk memastikan segalanya berjalan dengan sempurna. Presentasi saya pagi inipun berjalan dengan baik. Saya tidak bisa melakukannya tanpamu! ” Tataplah wajah rekan Anda dengan penuh penghargaan. Terkadang itu adalah satu-satunya hal yang ingin didapat dan didengar oleh seseorang dari Anda.

2. Sampaikan rasa terima kasih Anda dalam rapat tim

Ucapan terima kasih secara pribadi lepas pribadi adalah hal yang efektif, tetapi ada juga ruang untuk lebih banyak menyampaikan apresiasi secara public. Dan pertemuan tim adalah tempat yang tepat untuk memperkenalkan seseorang yang telah membantu Anda baru-baru ini.
 
Ucapan terima kasih yang Anda sampaikan tidak harus besar dan mencolok. Cobalah untuk mengerjakannya secara alami, seperti menghubungkan dengan bagian dari pembaruan proyek yang Anda kerjakan: “Proyek kita berada pada jalur yang tepat dan dapat berjalan tepat waktu, terima kasih kepada Joe, yang bertanggung jawab penuh akan proyek ini dan membantu saya menyesuaikan ritme denn deadline.  Dan hasilnya benar-benar memuaskan. "
 
Pengakuan publik akan membuat rekan Anda merasa istimewa dan itu akan membantu rekan Anda tersebut memiliki nilai yang lebih besar di dalam tim. 
 

3. Traktirlah rekan Anda

Langkah ini terlihat sedikit konyol. Anda mungkin sedikit diingatkan pada momen saat Anda merayakan ulang tahun di sekolah dasar Anda membawa sebuah mangkuk yang berisi makanan dan membagikannya terhadap teman-teman sekelas Anda. Cobalah sajikan secangkir kopi dan donat saat Anda mengucapkan rasa terima kasih tersebut. Katakanlah “Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih atas bantuanmu. Saya tidak bisa melakukannya tanpamu! Ini bukanlah hal berarti yang dapat membalas kebaikanmu. Sekali lagi terima kasih”. Berikanlah senyum maka rekan kerja Anda tersebut akan merasa sangat dihargai.
 
Jika hal itu masih tampak sedikit canggung, Anda dapat membelikan donat untuk seluruh tim, kemudian masukkan catatan pribadi: “Hai semuanya, saya membawa beberapa donat untuk mengucapkan terima kasih atas kerja keras kita selama seminggu terakhir ini - terutama Sarah, yang benar-benar datang lebih awal untuk membantu saya bernegosisasi dengan klien besar. "
 

4. Kirim e-mail kepada atasan Anda 

Bagian dari pekerjaan Anda sebagai seorang karyawan adalah memastikan atasan Anda tahu betapa hebatnya Anda, tetapi itu bahkan lebih baik jika rekan kerja Anda yang melakukan itu untuk Anda. Salah satu ucapan terima kasih yang paling berarti adalah ucapan yang datang ketika seorang rekan kerja mengirim email kepada atasan, menjelaskan bagaimana Anda telah sangat membantu dia dengan situasi klien selama beberapa hari terakhir dan bahwa dia ingin menyampaikan rasa terima kasihnya. Dia meneruskannya kepada atasannya, dan pastinya hal ini akan diketahui oleh seluruh orang yang berada di departemen Anda tanpa Anda harus mengucapkan sepatah kata pun.
 
Jadi jika Anda ingin berterima kasih kepada rekan kerja, pertimbangkan untuk mengirim email ke atasannya. Pujian itu sendiri akan membuat rekan Anda merasa dihargai. Tetapi saat atasan  juga tahu akan hal yang telah dilakukan rekan Anda dan ikut mengucapkan terima kasih, itulah sesungguhnya yang membuat membuat rasa terima kasih tersebut menjadi lebih berarti.
 
Ucapan terima kasih kepada rekan kerja Anda tidak harus disampaikan dalam sebuah  pertunjukan besar. Saat Anda menampilkan rasa terima kasih Anda, maka hal ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan rekan kerja Anda, kualitas hidup Anda di kantor, dan kemampuan Anda untuk terus menerima bantuan dari rekan kerja Anda di masa mendatang.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse