STUDILMU Career Advice - 4 Cara Pemecahan Masalah

4 Cara Pemecahan Masalah


by STUDiLMU Editor
Posted on Feb 17, 2019

 
Halo pembaca Career Advice, pernahkah Anda menemukan masalah? Pasti pernah. Bagaimana Anda dapat memecahkan masalah yang dihadapi? Pemecahan masalah merupakan cara ajaib untuk menemukan solusi yang terbaik atas suatu keadaan. Pemecahan masalah adalah proses yang menarik. Salah satu rahasia untuk menguasainya adalah dengan mengubah pola pikir.
 
Proses pemecahan masalah terdiri dari cara mengidentifikasi masalah, memahami pandangan yang ada dan juga menempatkan pemikiran terbaik untuk semua pihak melalui proses disiplin untuk memecahkan masalah itu dan bekerja sama dengan pemilik masalah.
 
Dalam dunia pekerjaan, masalah adalah makanan sehari-hari yang dikonsumsi setiap orang. Disinilah Anda dituntut untuk memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah. Khususnya para pemimpin, mereka harus menguasai keterampilan ini dengan mahir. 
 
Sebelum Anda mengatur strategi untuk memecahkan sebuah masalah, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa:
- Masalah adalah sesuatu yang nyata, material, dan dapat dipecahkan. Jadi, tidak ada masalah yang tidak dapat dipecahkan.
- Pemilik masalah harus cukup percaya diri untuk terbuka terhadap input sambil mempertahankan kepemilikan masalah (dan solusi.)
- Pemecahan masalah harus fokus pada masalah dan solusi, bukan pada pemilik masalah.
 
Lalu, bagaimanakah cara yang tepat untuk memecahkan sebuah masalah? Berikut adalah empat cara paling efektif untuk memecahkan masalah.
 

1. Komunikasi yang Transparan

Pemecahan masalah membutuhkan komunikasi yang transparan dimana semua orang peduli dan dapat mengekspresikan sudut pandang secara bebas. Akan sangat sulit untuk sampai ke akar masalah jika tidak ada orang yang berbicara.
 
Ya, komunikasi adalah kebutuhan mendasar. Itulah sebabnya ketika orang-orang yang terlibat dalam masalah tidak mengekspresikan diri mereka sendiri proses pemecahan masalah menjadi perburuan harta karun yang sulit untuk ditemukan. Ini biasanya karena merasa takut akan mengancam pekerjaan mereka atau bahkan takut untuk mengekspos kesalahan mereka sendiri atau orang lain.
 
Oleh karena itu Anda perlu memiliki keterampilan komunikasi yang efektif untuk melakukan penyelesaian masalah. Jika Anda adalah seorang pemimpin, baik pemimpin tim atau pemimpin perusahaan, ini adalah kemampuan yang mutlak untuk dimiliki. Mengapa? Anda adalah media untuk memfasilitasi dialog terbuka antara orang-orang yang memiliki permasalahan dan Anda harus memastikan bahwa mereka berada dalam lingkungan yang aman untuk berbagi tentang masalah itu.
 
Setelah semua orang telah menyampaikan pandangannya masing-masing, yang harus dilakukan selanjutnya adalah memetakan jalan menuju solusi yang berkelanjutan. 
 

2. Hancurkan Pemikiran Tertentu

Komunikasi yang transparan mengharuskan Anda untuk memecah pemikiran tertentu dan memungkinkan perbaikan keseluruhan yang lebih sehat. Pemikiran tertentu yang tidak perlu menghambat kolaborasi dan pemecahan masalah yang efisien.
 
Terkadang, pemikiran suatu organisasi tertentu adalah akar penyebab sebagian besar masalah di tempat kerja dan itulah sebabnya banyak dari mereka tidak pernah terselesaikan. Inilah sebabnya mengapa tempat kerja saat ini harus merangkul semangat kewirausahaan di mana karyawan dapat dengan bebas bernavigasi dan berkolaborasi lintas departemen untuk menghubungkan titik-titik penyelesaian masalah. 
 
Bagi para pemimpin, memecahkan pemikiran tertentu dalam suatu departemen maupun organisasi memungkinkan seorang pemimpin untuk lebih melibatkan karyawan mereka dan menyelesaikan masalah bersama. Ini akan mengurangi politik perusahaan dan organisasi akan menemukan resolusi yang membuat mereka jauh lebih kuat dari sebelumnya.
 

3. Memiliki Pemikiran yang Terbuka

Pemecahan masalah membutuhkan orang yang memiliki pemikiran yang terbuka. Memecahkan suatu pemikiran tertentu dan hambatan komunikasi mengharuskan orang-orang yang terlibat didalamnya untuk berpikiran terbuka. Pada akhirnya, pemecahan masalah adalah tentang orang-orang yang mau bekerja bersama untuk membuat organisasi dan orang-orang yang dilayaninya lebih baik. Karena itu, jika Anda terjebak dalam lingkungan pekerjaan yang terdiri dari orang-orang yang berpikiran tertutup, pemecahan masalah yang efektif merupakan hal yang sangat sulit dan ini justru menjadi sebuah jalan panjang yang penuh dengan kesengsaraan.
 
Ada banyak orang di tempat kerja yang menikmati menciptakan kekacauan yang tidak perlu sehingga ketidakefisienan mereka tidak pernah terekspos. Ini adalah tipe orang yang menyulitkan pemecahan masalah karena memperlambat proses sambil mencoba membuat diri mereka terlihat lebih penting. Temukan pemimpin yang berpotensi besar dalam organisasi yang memiliki pikiran yang terbuka. Anda akan melihat manfaat besar yang didapatkan dari sebuah pemikiran yang terbuka. Pemikiran yang mengarahkan Anda pada inovasi dan inisiatif.
 
Orang-orang yang berpikiran terbuka melihat hal lain di luar perincian dengan jelas dan memandang risiko sebagai sahabat mereka. Mereka menangani masalah secara langsung dan melanjutkan pekerjaan dengan mendorong pertumbuhan dan inovasi. Mereka juga membalikkan keadaan, mereka mengubah masalah menjadi peluang baru.
 
Bagaimana dengan pembaca Career Advice, sudahkah Anda memiliki pemikiran yang terbuka?
 

4. Mengatur Strategi Dasar yang Solid

Strategi yang solid harus diterapkan untuk menyelesaikan masalah apapun. Banyak orang berusaha untuk membedah masalah daripada mengidentifikasi strategi yang tepat dalam mengatasi masalah itu sendiri.
 
Seseorang yang memiliki kemampuan pemecahan masalah selalu tahu caranya mengumpulkan orang yang tepat, sumber daya, anggaran dan pengetahuan dari pengalaman masa lalu. Mereka menginspirasi orang dengan membuat proses penyelesaian masalah menjadi suatu hal yang sangat kolaboratif. Anda tidak akan mengetahui potensi dan karakter seseorang yang sebenarnya sampai Anda melihat cara mereka memecahkan masalah.
 
Para pemimpin yang menguasai keterampilan pemecahan masalah dapat menghubungkan titik-titik masalah secara efektif dan memetakan rencana tindakan yang realistis sebelumnya. Mereka memiliki strategi yang berfungsi sebagai landasan untuk bagaimana masalah akan didekati dan dikelola. Mereka mengantisipasi hal yang tak terduga dan memanfaatkan kekuatan orang-orang mereka untuk memastikan bahwa strategi yang diterapkan mengarah pada solusi yang berkelanjutan.
 
Untuk menentukan strategi yang tepat dalam memecahkan masalah, Anda perlu meluangkan cukup waktu untuk berpikir mundur dan menilai situasi dan peluang yang diwakili oleh setiap masalah. Anda tidak dapat menebaknya, Anda harus benar-benar merenungkannya. Setiap masalah memiliki nuansa tersendiri yang mungkin memerlukan strategi yang berbeda menuju pemecahan yang tepat.
 
Baik pembaca Career Advice, Anda harus tahu bahwa proses pemecahan masalah yang benar memungkinkan orang dan organisasi untuk tumbuh dan menjadi lebih baik, bukan menciptakan kekacauan. Pemecahan masalah adalah pemicu terbesar untuk pertumbuhan dan peluang. Jadilah pribadi yang menunjukkan kedewasaan, bertindak dengan berani, dan membutuhkan pertanggungjawaban. Menerapkan pelajaran ini dapat membantu Anda menjadi seorang pemecah masalah yang hebat. 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse