STUDILMU Career Advice - 4 Hal Penting Tentang Program Pelatihan Karyawan

4 Hal Penting Tentang Program Pelatihan Karyawan


by STUDiLMU Editor
Posted on Dec 31, 2018

 
Pada artikel kali ini kita akan membahas kesalahan umum para pengusaha yang tidak memiliki program pelatihan untuk para karyawannya. 
 
 
Hal yang paling mengejutkan adalah 54% pengusaha tidak memiliki program untuk membangun keterampilan karyawannya di masa depan. Mirisnya, hanya 18% responden merasa mereka telah memberikan ruang untuk para karyawannya dalam mengembangkan diri mereka dan mendukung mereka untuk mengembangkan diri melalui pelatihan keterampilan yang diadakan oleh perusahaan.
 
 
Semua pengusaha atau pemimpin di perusahaan pasti tidak main-main dalam merekrut karyawannya. Mereka akan membuat standar yang cukup tinggi agar memiliki karyawan yang memiliki keterampilan yang kompeten. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa para pihak manajemen beranggapan bahwa mereka tidak perlu mengadakan program pelatihan keterampilan untuk karyawan. Untuk apa mengeluarkan biaya pelatihan lagi? Toh para karyawan yang ada sudah memenuhi syarat yang ada.
 
Maaf, pemikiran ini sangatlah keliru. Kenyataannya, program pelatihan keterampilan sangat penting untuk menyiapkan karyawan Anda menjadi lebih hebat dari keterampilan yang mereka miliki saat ini. Bahkan jika Anda mempekerjakan karyawan yang memenuhi syarat dan paling berkualitas yang pernah Anda lihat, selalu ada ruang untuk belajar dan meningkatkan keterampilan melalui berbagai program pelatihan.
 
Program pelatihan keterampilan yang terbatas, promosi internal yang hanya ditentukan oleh masa jabatan, politik internal yang sangat mengganggu, hal-hal seperti ini tentunya membuat karyawan frustasi. 
 
Maka, untuk membuat para karyawan Anda menjadi senang dan bersemangat bekerja, berikut ini beberapa cara agar pengusaha dapat kembali ke nilai-nilai dasar dengan mengadakan jalur karier yang terstruktur dan program pelatihan.
 

1. Menentukan Jalur Karier yang Jelas 

Melalui penelitian yang diadakan oleh Deloitte pada tahun 2018 mengenai tren sumber daya manusia, hasil yang sangat mengejutkan bahwa 72% organisasi tidak memiliki jalur karier yang jelas untuk para karyawannya. Tentunya hal ini membawa karyawan ke dalam keadaan yang sangat frustasi. Bagaimana tidak, siapa yang tidak ingin kariernya berkembang?. 
 
Pastikan bahwa perusahaan Anda menguraikan deskripsi yang lengkap tentang jalur karier untuk setiap posisi yang ada, saat mengiklankan lowongan pekerjaan di setiap situs karier. Hal ini akan membuat para kandidat hebat menjadi bersemangat untuk bergabung dengan tim Anda. Selain itu, ini juga membantu para karyawan yang ada merasa dihargai dengan mengetahui bahwa karier mereka dapat maju bersama tim Anda.
 

2. Menetapkan Tujuan yang Dapat Diukur

Selain menentukan jalur karier yang jelas, para pengusaha juga perlu menetapkan tujuan atau target yang dapat diukur oleh kinerja karyawan. Hal ini memudahkan Anda sebagai pemimpin dan karyawan untuk saling mengukur, “apakah kinerja yang sudah dilakukan oleh karyawan Anda sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan kenaikan gaji atau promosi yang ada?”
Namun perlu diingat bahwa peran dan tanggung jawab tersebut juga harus didiskusikan antara setiap karyawan baru dan manajernya, bersamaan dengan tujuan dan indikator yang diperlukan untuk kenaikan gaji atau promosi.
 
Dengan memiliki target yang terukur dan jelas, karyawan akan lebih termotivasi dan bersemangat untuk melakukan pekerjaan lebih sehingga mereka dapat mencapai tingkat selanjutnya dalam karier mereka.
 

3. Membuat Program Pelatihan Keterampilan secara Berkelanjutan 

Jika perusahaan Anda sudah menentukan jalur karier yang jelas dan menetapkan tujuan yang dapat diukur untuk semua karyawan, selamat! Perusahaan Anda selangkah lebih maju dari yang lain. Namun, mengadakan program pelatihan keterampilan secara berkelanjutan juga sangat diperlukan untuk masa depan perusahaan dan karyawan Anda
 
Ya, saya mengerti bahwa hampir semua perusahaan mengadakan berbagai sesi pelatihan di minggu pertama untuk setiap karyawan baru mereka. Tapi, ingat ya bahwa itu semua tidak cukup. 
 
Pelatihan yang diadakan juga harus diselaraskan dengan membantu karyawan mencapai tujuan yang diperlukan untuk terus tumbuh dalam karier mereka.
 

4. Mengundang Agen Khusus untuk Program Pelatihan dan Memberikan Sertifikasi Tambahan

Jika program pelatihan yang perusahaan Anda berikan belum cukup untuk membantu karyawan menjadi lebih bersemangat dan lebih terampil, jangan khawatir. Ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang pelatihan dan pendidikan dan siap membantu Anda dalam mengembangkan keterampilan karyawan demi masa depan yang baik untuk perusahaan dan karyawan. 
 
Ada beberapa opsi pelatihan dan sertifikasi yang membuat perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mengikutsertakan karyawan mereka ke dalam program tersebut. Namun, tidak ada salahnya jika perusahaan Anda memulai untuk mengalokasikan anggaran untuk mendukung pelatihan lanjutan bagi karyawan Anda, dan pastinya ada perbedaan kualitas antara pelatihan yang berbayar dan yang tidak berbayar. 
 
Banyak bisnis saat ini tidak memiliki jalur karier atau program pelatihan yang jelas untuk para karyawannya. Hasilnya, perusahaan mereka pun tidak ikut berkembang karena sumber daya manusia yang menggerakkan perusahaan mereka hanya memiliki keterampilan yang itu-itu saja. 
 
Untuk menarik talenta top di pasar kerja yang kompetitif saat ini dan demi masa depan yang lebih cerah untuk perusahaan Anda, pastikan program pelatihan keterampilan ikut andil dalam hal ini karena program pelatihan keterampilan dapat membantu karyawan Anda meningkatkan peran mereka dan menjadi lebih produktif, dan karyawan Anda akan merasa diberdayakan untuk terus maju dalam karier mereka.
 
Jadi, sekarang Anda sudah tahu kan mengapa perusahaan wajib memiliki program pelatihan untuk para karyawannya? karena program pelatihan keterampilan tidak hanya bermanfaat bagi karyawan namun juga untuk masa depan perusahaan.
 
Jika ingin menyelenggarakan Program Pelatihan Karyawan, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com  
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse