STUDILMU Career Advice - 4 Langkah Untuk Menjawab Pertanyaan “Pencapaian Apa yang Pernah Anda raih?

4 Langkah Untuk Menjawab Pertanyaan “Pencapaian Apa yang Pernah Anda raih?"


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 27, 2019

 
Ini adalah sebuah pertanyaan yang sulit karena Anda dipaksa untuk menjawab sebuah pertanyaan oleh seorang yang belum Anda kenal. Untungnya, ini juga merupakan sebuah kesempatan besar untuk menjadikannya sebuah pencapaian yang besar juga.  Kita pasti berpikir bahwa ini akan menghubungkan kita dengan pertanyaan, “Ceritakanlah sebuah pencapaian yang pernah Anda dapat dan Anda banggakan.” Mengapa perekrut menyisipkan pertanyaan ini saat interview? Hal ini dikarenakan perekrut ingin mencari tahu bahwa mereka dapat mempekerjakan orang yang tepat, yaitu orang yang mampu untuk menghadapi tantangan yang ada di hadapannya, bukan yang hanya tinggal diam. 
 
Saat Anda hendak menjawab pertanyaan ini, mulailah dengan membaca situasi yang terkoneksi dengan pengalaman Anda saat menghadapi sebuah tantangan. Pastikan jawaban Anda singkat namun jelas. Dari semuanya itu, perekrut hanya akan berfokus pada cara Anda menghadapi tantangan, bukan keseluruhan cerita akan pengalaman Anda tersebut. Jika Anda memerlukan bantuan untuk merangkai jawaban Anda, ingatlah akronim S.T.A.R. yang mewakili situation (situasi), task (tugas), action (tindakan nyata) dan result (hasil). 
 
Berikut adalah penjelasannya dan langkah-langkah agar Anda dapat menerapkannya.
 

1. Situation (Situasi)

Pertama, jelaskanlah kepada pewawancara tentang situasi yang Anda hadapi sehingga pewawancara dapat memahami situasi yang Anda hadapi. Jelaskan tentang masalah yang Anda hadapi dan awal mula masalah itu muncul. Anda dapat menjelaskannya dalam satu atau dua kalimat, berikan penjelasan yang benar-benar jelas sehingga manajer perekrut dapat memvisualisasikan tantangan tersebut. Jika memungkinkan, jagalah hal-hal profesional dengan berfokus hanya pada masalah yang muncul di kelas atau pekerjaan sebelumnya.
 
Katakan sesuatu seperti: “Selama saya magang di sebuah perusahaan hubungan masyarakat, seorang klien tiba-tiba ingin mengubah seluruh strategi pemasaran produk dua hari sebelum peluncuran. Klien tidak puas dengan draf pertama yang dibuat oleh tim saya, jadi kami ditugasi untuk mengulangi seluruh rencana yang telah diatur sebelumnya."
 

2. Task (Tugas)

Bicara tentang tugas yang dimiliki oleh Anda dan tim lainnya, dan beri tahulah pewawancara tentang tanggung jawab setiap orang di dalam tim, sehingga perekrut dapat merasakan Anda masuk ke dalam tim. Anda tidak perlu membahas banyak detail tetapi jelaskanlah dengan satu atau dua kalimat tentang peran yang dimainkan semua orang dalam suatu proyek.
 
Katakan sesuatu seperti: “Kami mengatur dan menyelesaikan strategi baru tersebut hingga larut malam pada malam itu. Setelah bekerja berjam-jam, saya diminta untuk memimpin dalam menyusun program baru. Ini menantang karena ini adalah pertama kalinya saya menempatkan program bersama dengan tim dan juga satu kesempatan kami untuk dapat mengesankan klien.”
 

3. Action (Tindakan)

Setelah selesai mengatur suasana, jelaskan tindakan yang terlibat dalam mengatasi tantangan. Bicarakan tentang proses pemikiran Anda dan langkah-langkah yang Anda ambil untuk memecahkan masalah. Sekali lagi, satu atau dua kalimat adalah semua yang Anda butuhkan untuk menyampaikan ini.
 
Katakan sesuatu seperti: "Saya mengatasi tantangan ini dengan melihat presentasi yang sebelumnya sukses untuk klien, menganalisis umpan balik yang mereka berikan pada presentasi awal kami dan menggabungkan semua ide tim ke dalam strategi baru."
 

4. Result (Hasil)

Meskipun Anda harus jujur ??dan berbicara tentang tantangan nyata yang Anda hadapi, pastikan untuk mengakhiri dengan catatan positif sehingga pewawancara melihat Anda sebagai pemecah masalah proaktif dan juga bagian dari tim. Hitung hasil Anda jika memungkinkan. 
 
Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan dampak yang Anda miliki terhadap proyek atau perusahaan, dan ini memungkinkan pewawancara mengetahui bahwa Anda berfokus pada hasil.
 
Katakan sesuatu seperti: "Klien akhirnya senang dengan rencana baru, dan semua ide baru yang kami sertakan!"
 

Berikut cara menyatukan semua hal diatas:

“Selama saya magang di sebuah perusahaan hubungan masyarakat, seorang klien tiba-tiba ingin mengubah seluruh strategi pemasaran produk dua hari sebelum peluncuran. Klien tidak puas dengan draf pertama yang dibuat oleh tim saya, jadi kami ditugasi untuk mengulangi seluruh rencana. Kami mengatur dan menyelesaikan strategi baru kami  dalam satu malam hingga larut malam pada malam itu. Setelah bekerja berjam-jam, saya diminta untuk memimpin dalam menyusun program baru tersebut. Ini sangat menantang karena ini adalah pertama kalinya saya menempatkan program bersama dan juga satu kesempatan kami untuk membuat klien senang lagi. Saya mengatasi tantangan ini dengan melihat presentasi yang sebelumnya sukses untuk klien, menganalisis umpan balik yang mereka berikan pada presentasi awal kami dan menggabungkan semua ide tim ke strategi baru. Klien akhirnya senang dengan rencana baru, dan semua ide baru yang kami masukkan!”.
 
Menjawab pertanyaan "Beritahu saya tentang tantangan yang Anda atasi" adalah cara bagus untuk menunjukkan kepada calon majikan bahwa Anda dapat menyelesaikan masalah secara efektif. Ini adalah keterampilan yang para pewawancara cari di semua kandidat yang mereka seleksi. Dan menjawab pertanyaan wawancara umum ini secara efektif akan membuat Anda tampil dengan baik saat wawancara baik untuk pekerjaan magang dan pekerjaan awal Anda. 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse