STUDILMU Career Advice - 4 Panduan Perjalanan Bisnis

4 Panduan Perjalanan Bisnis


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 21, 2018

 
Apakah Anda adalah seorang karyawan atau pebisnis yang sering melakukan perjalanan bisnis?  Perjalanan bisnis tidak sama dengan perjalanan liburan. Anda perlu memiliki waktu yang cukup dan kemantapan persiapan. Jadi sebelum Anda mengemas barang-barang Anda untuk melakukan perjalanan bisnis, ada baiknya Anda mengikuti beberapa kiat yang kami sarankan pada artikel ini agar perjalanan bisnis Anda menjadi menyenangkan. 
 

1. Membawa barang-barang penting untuk kondisi “darurat”

Keamanan memang nomor satu namun kenyamanan juga tidak kalah penting untuk Anda miliki pada perjalanan bisnis Anda. Anda harus cerdas dalam mengemas barang-barang, jangan lupakan beberapa barang penting yang dapat menyelamatkan “kebahagiaan” Anda saat bepergian dengan rekan kerja. Mungkin Anda memerlukan sepasang penutup kuping untuk menghindari beberapa obrolan yang tidak terlalu penting jika dibandingkan dengan waktu tidur Anda yang sangat berharga. Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan waktu 30-45 menit untuk tidur dan membuat tubuh Anda menjadi rileks selama di pesawat daripada mendengar curhatan rekan kerja Anda begitu panjang. Anda juga tidak boleh melupakan beberapa obat-obatan pribadi seperti minyak angin, obat sakit kepala, obat sakit perut, bahkan pembalut untuk wanita jika waktu “darurat” datang. Intinya, jangan membawa banyak barang-barang yang sebenarnya tidak Anda perlukan dan bawalah “barang-barang darurat” demi menjaga kenyamanan perjalanan bisnis Anda.

2. Jangan lupa membawa beberapa pakaian formal

Saya harap Anda tidak lupa bahwa Anda akan melakukan perjalanan bisnis dengan rekan-rekan kerja atau atasan Anda, bukan melakukan perjalanan untuk menghabiskan waktu liburan. Jika judulnya saja sudah “perjalanan bisnis” sudah pasti Anda tidak boleh lupa untuk membawa beberapa pakaian formal yang menunjang penampilan profesional Anda. Selama Anda berada di tempat tujuan mungkin Anda akan bertemu dengan klien-klien penting, manajer atau bahkan CEO Anda. Pastikan pakaian perjalanan Anda tidak seperti orang yang ingin melakukan olahraga atau bersantai-santai di pantai. Pilih pakaian yang nyaman namun profesional. 
 

3. Membuat perjalanan menjadi menyenangkan namun tidak berlebihan 

Walaupun Anda hanya akan menghabiskan waktu di dalam ruangan meeting, berpindah dari satu kantor ke kantor lainnya untuk bertemu dengan klien-klien baru, menyusun laporan rapat dan kegiatan-kegiatan lainnya yang hanya berhubungan dengan dunia kerja tanpa bepergian ke pantai atau beberapa café menarik di tempat tersebut, Anda harus tetap membuat perjalanan bisnis Anda menjadi suatu hal yang menyenangkan. 
 
Mungkin saat Anda dan rekan-rekan kerja memiliki waktu luang setelah rapat panjang yang melelahkan, Anda dan yang lainnya bisa mencoba makan di tempat makan lokal (yang tentunya tidak mahal seperti di restoran bintang lima). Ya! Kapan lagi Anda dapat mencoba makanan serta minuman khas dari tempat yang Anda kunjungi, bukan? Selain itu, Anda juga dapat bercengkrama dengan para penduduk lokal di daerah tersebut. 
 
Anggap saja Anda sedang bekerja sambil berlibur. Walaupun bukan liburan yang sesungguhnya. Seperti kata pepatah “sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui” sambil bekerja, dua tiga piring makanan khas Indonesia bisa Anda cicipi. 
 
Namun, kembali lagi Anda harus ingat bahwa perjalanan bisnis bukanlah liburan pribadi Anda sendiri. Jangan sampai Anda terlalu terbuai dengan waktu senggang yang Anda miliki setelah semua pekerjaan selesai. Tentunya Anda tidak ingin memiliki risiko pekerjaan dari perilaku buruk Anda yang terdengar sampai ke atasan Anda. 
 

4. Tetap berpikir dan bersikap positif meskipun Anda menghadapi kesulitan

Menjaga diri kita agar selalu berpikir dan bersikap positif disaat menghadapi rintangan memang sangat sulit, dan hal ini tidak terkecuali saat Anda melakukan perjalanan bisnis. Jam penerbangan Anda mengalami penundaan? Saya tahu pasti hal itu sangat menjengkelkan karena Anda harus memberikan pengertian terhadap klien Anda yang menunggu Anda di bandara tujuan, mengapa Anda dan rekan-rekan lain harus datang terlambat. Lalu, bagaimana jika Anda memiliki rapat penting yang waktunya tidak dapat diundur? Pastinya ini sangat merugikan Anda dan semua pihak. Daripada mengalami kekhawatiran yang berlebih, cobalah dengan tenang mencari cara untuk memecahkan masalah tersebut. Tarik napas dalam-dalam dan cobalah untuk berpikir lebih jernih tentang apa yang harus Anda lakukan. 
 
Setiap rencana yang telah kita buat matang-matang, tidak akan selamanya berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dalam hal ini, Anda hanya perlu percaya sepenuhnya dengan rencana Tuhan terhadap kehidupan Anda.
 
Sikap positif yang Anda miliki tersebut tidak hanya mengesankan rekan-rekan kerja Anda, namun itu juga akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peningkatan serta pengembangan diri yang lebih baik. Dan, hei, itulah kunci utama untuk memiliki perjalanan bisnis yang menyenangkan! Selamat melakukan perjalanan bisnis kawan-kawan!
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse