STUDILMU Career Advice - 4 Pola Pikir Hebat yang Dimiliki Orang Sukses

4 Pola Pikir Hebat yang Dimiliki Orang Sukses


by STUDiLMU Editor
Posted on May 31, 2019

Kesuksesan adalah sebuah permainan yang melibatkan pikiran. Jika rekan pembaca tidak percaya, coba kita perhatikan sekitar kita. Ada banyak orang yang memiliki talenta, semangat dan keterampilan yang luar biasa tetapi tidak dapat meraih kesuksesan. Kira-kira, faktor apakah yang membuat mereka gagal meraih kesuksesan? 
 
Pola pikir yang mereka miliki adalah faktor penghambat kesuksesan tersebut. Ada banyak orang yang merasa bahwa dirinya memiliki kemampuan yang diperlukan untuk meraih kesuksesan, tetapi mereka tidak tahu bagaimana caranya mendapatkan kesuksesan tersebut.
 
Perlu diketahui bahwa talenta, semangat dan keterampilan yang kita miliki merupakan senjata yang dapat digunakan dalam mencapai kesuksesan, tetapi semuanya itu tergantung pada pola pikir. Pola pikir yang dimiliki merupakan penentu apakah kita akan mencapai kesuksesan atau mengalami kegagalan.
 
Lalu, pola pikir yang seperti apa yang perlu kita miliki agar mencapai kesuksesan? Nah, kali ini kita akan membahas 4 pola pikir hebat yang dibagikan oleh para orang sukses.
 

1. Mulai, lalu selesaikan.

Kita memiliki semua yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Kita melakukan banyak hal yang dapat membawa kita pada tujuan tersebut. Kita berusaha semaksimal dan sekeras mungkin. Ketika kita mendapatkan proyek baru yang menyenangkan dan menuntut kita untuk berkolaborasi, kita akan merasa senang dan langsung mengatakan ‘ya’ untuk proyek tersebut. Kita berpikir bahwa menjadi sukses berarti memiliki banyak pekerjaan yang menyenangkan dalam satu waktu, tetapi ternyata pemikiran seperti itu salah. 
 
Saat saya mengawali karier, saya merupakan orang yang sangat kompetitif. Saya selalu bersemangat dalam mengambil tanggung jawab baru dengan tujuan besar. Terkadang saya beruntung sehingga dapat mencapai tujuan, tetapi lebih sering mengalami kegagalan. Saya menyadari bahwa kegagalan tersebut terjadi bukan karena tidak memiliki keterampilan atau pengetahuan. Namun, saya tidak fokus pada hal yang tepat.
 
Orang sukses sangat berhati-hati dalam memilih pekerjaan. Mereka fokus pada rencana yang dibuat. Mereka menyelesaikan apa yang telah dimulai. Mereka tidak peduli seberapa bagus proyek tersebut dan seberapa hebat ide yang dimiliki. Semua tidak akan ada artinya jika kita tidak menyelesaikan apa yang telah dimulai. 
 
Ingatlah, menyelesaikan satu atau dua pekerjaan jauh lebih bagus daripada hanya mengerjakan 100 proyek hebat tanpa penyelesaian. Jadi, kita tidak perlu memikirkan banyak hal hebat yang harus kita buat, tetapi cukup menyelesaikan satu atau dua pekerjaan dengan baik. 
 

2. Bertumbuh.

Orang sukses selalu berfokus pada pertumbuhan. Nah, itu berarti kita harus menanamkan dalam pikiran bahwa kesuksesan adalah perbaikan yang harus dilakukan secara terus-menerus. Jika kita fokus pada pertumbuhan, kita akan melihat perjalanan karier yang jelas. Tentu saja, kita harus selalu terbuka terhadap pembelajaran dan berupaya memperbaiki diri dalam mencapai tujuan. 
 
Orang sukses akan selalu senang hati untuk terus mencoba melakukan hal-hal yang mereka mau. Mereka tidak pernah merasa bosan untuk mencoba berbagai strategi dan teknik. Mereka yakin bahwa itulah yang membantunya mencapai tujuan yang diinginkan.
 
Inilah yang perlu kita tanamkan dalam diri. Kesuksesan adalah sebuah proses pembelajaran yang menuntut kita untuk selalu memperbaiki diri. Jika kita ingin sukses, kita harus mau mengadakan penyesuaian. Hal ini karena sukses adalah tentang bertumbuh.
 

3. Mengembangkan keyakinan diri yang positif.

Keyakinan yang kita miliki memengaruhi perilaku dan tindakan. Jika yakin bahwa kita akan sukses, maka akan terjadi demikian. Jika tidak yakin, kita tidak akan pernah sukses.
 
Keinginan akan kesuksesan yang kuat akan selalu membuat kita fokus pada solusi, bukan pada masalah. Jika kita memiliki keyakinan yang negatif tentang tujuan yang diinginkan, kita akan sulit untuk mencapai tujuan tersebut.
 
Jika kita tidak merasa yakin dengan diri sendiri, bagaimana orang lain dapat yakin dengan kita? Mari kita lihat sebuah situasi ini. Kita adalah seorang staf penjualan yang ingin menjual produk atau jasa kepada calon pelanggan. Ketika tidak merasa yakin dengan apa yang kita jual, apakah pelanggan tersebut akan membelinya? Tentu tidak. Sebaliknya, jika kita menjual dan melakukan presentasi dengan penuh keyakinan, maka pelanggan tersebut juga akan merasa yakin untuk membelinya. Pendekatan, komunikasi dan bahasa tubuh yang positif akan menghasilkan dampak yang positif juga. 
 
Perjalanan kesuksesan sama seperti sebuah perjalanan pendakian gunung. Ini sangatlah wajar jika kita merasa tidak yakin akan mencapai puncak. Kita mungkin juga merasa tidak mampu untuk menghadapi tantangan yang ada. Inilah yang menyebabkan banyak orang menyerah di tengah jalan dan melupakan kesuksesan yang diimpikan. Orang sukses akan terus berjuang untuk mencapai puncak tersebut, sekalipun mereka merasa sulit. Mereka memiliki keyakinan diri yang positif bahwa mampu melewati setiap tantangan yang ada dan mencapai tujuan yang diimpikan.
 
Nah, bagaimana dengan rekan pembaca Career Advice? Apakah Anda akan menyerah di tengah jalan atau terus mendaki hingga mencapai puncak kesuksesan? Milikilah keyakinan diri yang positif. Ketahuilah bahwa ada kekuatan besar di dalam diri  yang mungkin tidak kita sadari. 

4. Menerima diri.

Orang sukses mengenali diri sendiri dengan baik. Mereka mengetahui tujuan dan impian yang dimiliki. Mereka mengetahui nilai, kemampuan dan keterampilan yang ada di dalam diri. Mereka juga mengenal kelemahan dan kekurangan diri dengan jelas serta tidak berusaha untuk menjadi orang lain. 
 
Inilah juga yang harus kita lakukan. Kita harus menerima diri sendiri dengan baik. Kita harus mengenali siapa kita, nilai yang kita miliki, serta kelebihan dan kekurangan diri. Dengan begitu, kita tidak akan berusaha untuk menjadi orang lain.
 
Jangan pernah merasa malu dengan kekurangan yang dimiliki. Temukan cara untuk dapat meningkatkan kekurangan diri. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kualitas diri. 
 
Itulah 4 pola pikir hebat yang dimiliki orang sukses. Ingatlah bahwa pola pikir menentukan kesuksesan. Jika kita ingin sukses, kita harus memiliki pola pikir yang benar dan tepat. Kita dapat mengadopsi 4 pola pikir hebat ini dalam perjalanan karier untuk dapat mencapai kesuksesan yang diinginkan, baik kesuksesan pribadi maupun kesuksesan profesional.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse