STUDILMU Career Advice - 4 Rencana Efektif Untuk Meningkatkan Produktivitas

4 Rencana Efektif Untuk Meningkatkan Produktivitas


by STUDiLMU Editor
Posted on Feb 01, 2019

 
Seberapa efektif saya dan para pembaca Career Advice menggunakan waktu dapat membuat perbedaan yang signifikan terhadap produktivitas pribadi, keberhasilan karier atau bisnis kita. Bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras, adalah kunci produktivitas yang efektif, dan hasil dari konsistensi yang kita lakukan ini adalah mendapatkan hasil yang lebih baik serta kehidupan yang lebih baik. Kebanyakan dari kita berusaha untuk memanfaatkan waktu untuk mencapai hasil yang paling produktif, namun ternyata kita malah terjebak dalam siklus yang panjang dan kesibukan yang tak berujung.
 
Kita semua memiliki 24 jam yang sama setiap harinya. Sebagian dari kita dapat mengerjakan pekerjaan secara produktif dalam jumlah yang luar biasa setiap hari dan masih memiliki waktu untuk menikmati hidup, bahkan dapat melakukan hal-hal yang mereka sukai. Sedangkan yang lain, terus bergelut dengan pekerjaan dan menghabiskan sebagian besar hari mereka dengan frustasi dan kewalahan yang tiada henti. 
 
Kita semua ingin bekerja lebih sedikit, melakukan lebih banyak pekerjaan yang kita sukai dan menghasilkan lebih banyak uang, tetapi bagaimana kita dapat melakukannya?
 
Selama beberapa tahun pengalaman kerja saya dengan para wirausahawan dan pemimpin, akhirnya saya merangkum beberapa rencana peningkatan produktivitas yang membantu orang-orang mencapai hari kerja yang paling produktif, apapun harinya.
 

1. Memahami Posisi Awal, Faktor Internal & Eksternal

Dalam membuat rencana peningkatan produktivitas, pertama-tama kita harus memahami dan mengukur dimana posisi kita sekarang sebelum mengembangkan rencana peningkatan produktivitas tersebut. Ada dua faktor yang perlu kita lihat yaitu, faktor internal dan eksternal untuk mengukur dan meningkatkan produktivitas kita. Faktor internal apa saja yang kita perlukan dalam meningkatkan produktivitas? Misalnya, tidur lebih awal, makan makanan yang sehat, mengurangi kafein, dan lainnya. Faktor eksternal berarti dari luar, seperti meja kerja yang rapi dan nyaman, pencahayaan yang baik pada ruang kerja, dan lain sebagainya.

2. Membuat Fokus Menjadi Spesifik

Selain faktor internal dan eksternal, memiliki tujuan atau fokus yang spesifik juga sangat diperlukan. Sebagai contoh, “apakah kita sudah memiliki kejelasan tentang apa yang akan kita lakukan?” “mengapa kita menetapkan itu sebagai tujuan?” dan “apa hasil yang benar-benar kita inginkan?”. 
 
Setelah kita mendapat jawaban dari semua itu, kita dapat mencapai produktivitas yang lebih dan mengatur peningkatan spesifik, serta terukur yang ingin kita lakukan. Semakin jelas kita memahami situasi atau proyek tertentu, maka akan semakin baik dan cepat kita mencapai hasil yang diinginkan. Namun, jangan lupa untuk konsisten dengan motivasi yang kita miliki sekarang, karena motivasi yang tidak terfokus akan membawa kita kembali ke dalam ketidakproduktifan.

2. Memahami Kekuatan Diri

Ketika kita menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan kekuatan unik kita, kita akan merasa lebih bahagia, lebih produktif dan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar.
 
Situasi ini akan berbeda jika kita melakukan sesuatu yang tidak kita sukai dan bukan sesuatu yang berasal dari kekuatan atau keahlian yang kita miliki. Hari-hari akan terasa sangat berat dan kita akan kewalahan dalam mengerjakannya, sangat tidak enak bukan?
 
Jadi sebelum Anda ingin meningkatkan produktivitas, coba tanyakan dulu “apakah yang saya lakukan sesuai dengan minat dan keahlian saya?” jika “ya”, maka lanjutkan untuk membaca artikel ini. 

Identifikasi Kekuatan Anda
Coba untuk ambil selembar kertas, tulis semua hal yang dapat Anda lakukan dengan baik yang mana saat Anda melakukannya, Anda benar-benar merasa menjadi diri sendiri. Dan, jangan lupa tuliskan target-target apa saja yang ingin dicapai.  

3. Mengatur Energi dan Diri Sendiri

Untuk meningkatkan produktivitas, para pembaca Career Advice perlu menjaga dan memelihara kekuatan fisik dan mental untuk memastikan tetap berenergi, fokus, dan produktif setiap hari.
 
Ada beberapa tips yang dapat pembaca gunakan untuk mengatur diri sendiri dan memiliki kinerja maksimal yaitu, 
- Tidur yang cukup. Keesokan harinya, Anda akan terbangun dengan lebih segar dan bersemangat di pagi harinya.  
- Membuat rutinitas pagi yang menyenangkan. Misalnya, meditasi, olahraga, membaca novel atau koran, makan sarapan yang sehat, mendengarkan lagu kesukaan dan membuat daftar tugas yang akan dikerjakan pada hari itu.
- Berhentilah mengatakan “ya” kepada setiap proyek yang ditawarkan, tugas-tugas yang didelegasikan orang lain kepada Anda, dan hal-hal yang membuat energi Anda habis dengan sedikit hasil yang didapatkan. 
- Jangan menunggu siap, karena mungkin kita tidak akan memulainya. Jangan menunggu inspirasi datang, baru akan bertindak. Tapi, mulailah sekarang dan inspirasi akan datang menghampiri kita. 
 

4. Mengukur Kemajuan dan Meninjaunya

Akan menjadi percuma jika kita melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan produktivitas, namun tidak mengukurnya. Bagaimana kita bisa tahu bahwa semua usaha tersebut telah memberikan hasil?
 
Untuk dapat mengukurnya, kita harus membuat target sespesifik mungkin, sehingga saat target tersebut tercapai, kita akan merasa jauh lebih bahagia dan lebih percaya diri.
 
Sebaliknya, saat target yang ditetapkan tidak tercapai atau tidak sepenuhnya berhasil, maka kita akan merasa kurang puas, dan akan mencobanya lagi dan lagi. Dua cara ini dapat membantu Anda:
- Menetapkan Tujuan Produktivitas. Saya menyarankan para pembaca Career Advice untuk menulis 5 peningkatan produktivitas pribadi dan profesional khusus yang ingin dilakukan dalam 90 hari kedepan (tiga bulan). Buat poin-poin tersebut secara spesifik sehingga Anda dapat mengukur keberhasilannya. 
- Meninjau Kinerja Diri. Sebelum memulainya, coba siapkan sejumlah kriteria keberhasilan dan kemudian tinjau hasilnya, apakah sudah sesuai dengan kriteria tersebut, atau belum? Catat kemajuan yang telah dilakukan di dalam daftar perubahan produktivitas dan fokus pada hal-hal perbaikan selanjutnya.
 
Baik, itulah beberapa rencana peningkatan produktivitas yang dapat pembaca Career Advice terapkan. Mungkin Anda dapat mencoba satu atau dua rencana di atas terlebih dahulu dan melihat dampaknya pada pekerjaan serta kehidupan pribadi Anda. Selamat mencoba rekan-rekan Career Advice!
 
Jika ingin menyelenggarakan training Produktivitas, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse