STUDILMU Career Advice - 4 Tips Agar Semangat Menyelesaikan Tugas Kantor

4 Tips Agar Semangat Menyelesaikan Tugas Kantor


by STUDiLMU Editor
Posted on Mar 08, 2019

 
Apakah pembaca Career Advice pernah berusaha untuk menghindari daftar pekerjaan yang begitu banyak? Tidak perlu khawatir, karena kita bukanlah satu-satunya orang yang pernah melakukan hal tersebut. Saya mengerti bahwa tugas kerja yang begitu berat akan membuat kita merasa tidak bersemangat dalam menyelesaikan segala tugas kantor yang ada. Namun, pada kenyataannya adalah jika kita tidak segera bergegas mengerjakannya, maka pekerjaan kita akan semakin berantakan. 
 
Pada artikel ini saya akan memberitahu rekan-rekan Career Advice beberapa tips agar pikiran kita semua semakin terbuka dan bersemangat dalam menyelesaikan tugas kantor yang dimiliki sekarang, tidak seburuk yang kita pikirkan. 
 

1. Bayangkan Tugas Kerja seperti Sepotong Kue yang Lezat

Hampir semua orang suka memakan kue, apalagi kue yang lezat dan manis. Jika kita memiliki banyak tugas yang harus segera diselesaikan, kita dapat mengerjakan semua tugas tersebut sedikit demi sedikit. Bayangkan bahwa seluruh tugas yang harus dikerjakan adalah satu loyang kue tart yang begitu lezat. Untuk menghabiskan satu loyang kue tersebut, kita perlu memakannya sepotong demi sepotong sampai kue tersebut habis. Sama halnya dengan pekerjaan yang menumpuk, kerjakanlah pekerjaan sedikit demi sedikit, dan anggap bahwa tugas-tugas tersebut sangat menyenangkan. Saya yakin bahwa kita akan berhasil menyelesaikan tugas tanpa merasa terbebani lagi. 
 

2. Bayangkan bahwa Waktu Berjalan Lebih Cepat dari Biasanya

Salah satu hal yang paling berat adalah mengerjakan pekerjaan yang sangat berat namun tenggat waktu yang diberikan semakin dekat. Dalam hal ini, kita dapat membayangkan bahwa waktu berjalan sangat cepat. Bahkan, jauh lebih cepat dari biasanya. Kita hampir kehilangan seluruh waktu yang dimiliki sehingga, kita harus segera mengerjakan pekerjaan sedikit demi sedikit. Ya, mungkin kita tidak dapat menyelesaikan semua tugas dalam waktu yang singkat. Namun, setidaknya saat bos menanyakan kemajuan dari tugas-tugas tersebut, kita dapat menunjukkan apa yang telah dikerjakan selama ini.  

3. Bayangkan bahwa Keadaan akan Semakin Buruk 

Mungkin saya dan rekan-rekan Career Advice sering mengeluh untuk mengerjakan tugas-tugas kerja yang menumpuk. Tapi, percayalah bahwa kita adalah orang-orang yang beruntung karena tidak pernah merasa kelaparan, kita tidak harus tidur di jalanan bahkan kita adalah karyawan yang bekerja di dalam ruangan ber-AC. 
 
Nasib kita jauh lebih baik dibandingkan orang-orang di luar sana, dan tugas kita hanyalah terus berjuang untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor dan semua akan baik-baik saja. Cara ini dapat menjadi penyemangat kita untuk tidak mengeluh dan bersyukur dengan pekerjaan yang ada.
 
Sebagai contoh, ada banyak orang yang harus bekerja memasuki lorong-lorong goa untuk mencari bebatuan, menyelam ke dalam lautan demi mencari rezeki, atau mereka yang rela berkeringat dan mengumpulkan sampah-sampah kering untuk nantinya ditukar dengan beberapa lembar rupiah saja. Ya, mereka adalah orang-orang yang mungkin tidak seberuntung kita, namun tetap memiliki jiwa yang kuat dan tegar dalam menghadapi realita kehidupan. Jadi, jangan lupa bersyukur ya teman-teman Career Advice.  

4. Bayangkan bahwa kita adalah Manusia yang Hebat

Pernahkah pembaca Career Advice mengingat-ingat kembali betapa kita tidak tahu banyak hal tentang apa yang harus dilakukan di hari pertama bekerja? Coba bandingkan kondisi tersebut dengan sekarang. Tentu saja kita akan mengatakan bahwa kondisi sekarang adalah sangat jauh berbeda dengan sebelumnya. Jika di awal-awal kerja kita masih merasa canggung untuk memberikan presentasi di depan rekan-rekan kerja, sekarang kita jauh lebih percaya diri untuk berbicara di depan mereka. Bahkan sekarang kita dapat menjelaskan poin-poin presentasi dengan sangat baik. Sadarilah bahwa kita adalah seorang yang hebat karena kita mampu bertahan di masa-masa sulit. Jadi jangan takut, karena kita juga akan bertahan di kondisi yang sedang kita hadapi sekarang. 
 
Seringkali, kita berpikir untuk menyerah dengan situasi yang ada. Namun, sebenarnya kita hanyalah sedang merasakan lelah yang sesaat. Buktinya, saat dulu kita menjadi pegawai baru dan tidak tahu banyak hal, kita bisa melewati tahap tersebut dan menjadi diri kita sekarang yang lebih profesional. 
 
Jadi, bukan tidak mungkin jika kita yang telah menjadi lebih profesional dan ‘jago’ ini, dapat menyelesaikan tugas kantor yang ada sekarang. Rekan-rekan Career Advice, kita harus selalu ingat bahwa semakin pohon tumbuh tinggi ke atas, maka angin yang meniup pohon tersebut juga akan semakin kencang. 
 
Mungkin yang kita perlukan sekarang adalah beristirahat sejenak, dan pikirkan ke empat hal di atas. Maka, kita akan merasa lebih baik dan tenang dari sebelumnya, dan yang paling terpenting adalah merasa lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas kantor. Semangat terus ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse