STUDILMU Career Advice - 5 Alasan Pentingnya Pelatihan untuk Menjadi Trainer Handal

5 Alasan Pentingnya Pelatihan untuk Menjadi Trainer Handal


by STUDiLMU Editor
Posted on May 16, 2019

Halo rekan pembaca Career Advice, apakah Anda tetap bersemangat? Kami berharap Anda tetap bersemangat dan memiliki motivasi yang tinggi dalam perjalanan karier Anda. apakah rekan pembaca memiliki kemampuan untuk menjadi seorang trainer? Apakah organisasi Anda membantu Anda untuk mengembangkan kemampuan tersebut?
 
Pelatihan adalah sebuah program pengajaran dimana seorang pelatih membantu para peserta untuk menguasai keterampilan tertentu, apakah itu keterampilan berbicara, keterampilan memecahkan masalah, dan keterampilan lainnya.
 
Seorang trainer memiliki peranan untuk menentukan berhasil atau tidaknya sebuah pelatihan. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang trainer yang handal, seorang trainer harus:
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menentukan teknik pelatihan.
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sangat baik tentang topik pelatihan.
- Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain tentang topik pelatihan.
- Terorganisir dan memiliki kesiapan yang penuh.
- Siap untuk melakukan perubahan dan adaptasi.
- Memiliki kepercayaan diri.
- Memiliki kemampuan untuk tetap fokus.
- Merancang program pelatihan yang efektif dan menarik.
- Mampu menangani situasi sulit dan dinamika kelompok yang kompleks.
- Sabar.
- Mampu mengevaluasi program pelatihan.
 
Untuk menjadi seorang trainer handal, para trainer juga tetap memerlukan pelatihan. Mengapa? Karena seorang trainer juga tidak lepas dari proses pembelajaran. Dan pelatihan akan membuat seorang trainer meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya. Nah, kali ini kita kan membahas 5 alasan pentingnya pelatihan untuk menjadi trainer handal.

1. Seorang trainer harus mengetahui tujuan dari pelatihan tersebut.

Seorang trainer handal haruslah mengetahui tujuan dari pelatihan yang diadakan. Apakah pelatihan tersebut bertujuan untuk mengembangkan keterampilan? Atau bertujuan untuk mengubah perilaku? Temukan tujuan tersebut.
 
Inilah alasan pentingya pelatihan untuk menjadi trainer handal. Dalam pelatihan, para trainer akan dilatih untuk memfasilitasi peserta sesuai dengan tujuan dan kebutuhan mereka. 

2. Seorang trainer harus mampu memberikan pelatihan melalui komunikasi yang efektif.

Seorang trainer handal haruslah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam tentang hal yang akan dibagikan. Seorang trainer handal haruslah juga memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif dalam menyampaikan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya. 
 

3. Seorang trainer yang tidak dapat menyajikan pelatihan melalui komunikasi yang efektif, hanya akan membuat pras peserta pelatihan tertekan dan stres.

Para peserta akan sulit menangkap maksud dan tujuan dari apa yang disampaikan. Namun, ketika seorang trainer dapat menyajikan pelatihan melalui komunikasi yang efektif, para peserta akan dengan mudah menyerap ilmu yang dibagikan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
 
Inilah alasan pertama pentingnya pelatihan untuk menjadi trainer handal. Dalam pelatihan, seorang trainer akan mampu mengasah kemampuan berkomunikasi yang dimilikinya. Mereka akan menggali lebih dalam lagi cara yang efektif dan efisien dalam membagikan materi.
 
Seorang trainer harus menyajikan materi dengan cara yang menarik, interaktif dan menyenangkan.
Sebagai seorang trainer, sangatlah penting untuk menguasai teknik tertentu dalam membagikan materi pelatihan. Tidak akan ada yang mau untuk mendengarkan Powerpoint yang dibacakan kepada mereka. Itu bukan pelatihan. Itu benar-benar menunjukkan kemalasan.
 
Seorang trainer handal harus bisa menyampaikan materi dengan teknik yang menarik, interaktif dan menyenangkan. Ketika pelatihan disampaikan melalui cara yang tepat, para peserta akan memunculkan semangat yang tinggi untuk berperan aktif dalam pelatihan. Sebaliknya, teknik menyampaikan pelatihan yang tidak tepat akan membuat para peserta mengalami kejenuhan dan keterlibatan yang minim.
 
Inilah alasan pentingnya pelatihan untuk menjadi trainer handal. Dalam pelatihan, seorang trainer akan mengasah kemampuannya dalam menyajikan materi menggunakan berbagai macam teknik. Ketika seorang trainer akan tahu teknik yang tepat untuk menyampaikan materi pelatihan, para peserta latihan akan menikmati pelatihan tersebut dan mendapatkan pelajaran berharga yang menyenangkan. 
 

4. Seorang trainer harus memertimbangkan psikologi pembelajaran para peserta.

Selain menyampaikan materi melalui komunikasi yang efektif dan cara yang menarik, seorang trainer haruslah juga mempertimbangkan keadaan psikologi para peserta. Seorang trainer harus mampu mencakup psikologi pembelajaran yang relevan dengan pekerjaaan para peserta.
 
Ketika seorang trainer mampu memahami psikologi pembelajaran para peserta, ia akan mampu mengelola peserta pelatihan dengan lebih efektif. Paa peserta juga mulai mengembangkan kemampuan mereka dalam meresponi situasi dengan cepat. 
 
Untuk itu, pelatihan akan membantu para trainer mengasah kemampuan ini lebih dalam lagi. Ini akan mengasah para trainer dalam mendesain konten dan menentukan gaya pembelajaran yang cocok untuk dilakukan.

5. Seorang trainer harus mengembangkan tujuan, mengevaluasi program dan memberikan penilaian.

Seorang trainer handal harus mampu merancang tujuan berdasarkan perilaku dan penilaian realistis untuk mengukur hasil pelatihan. Penilaian keberhasilan pelatihan ini dapat diukur dengan beberapa cara.
 
Para peserta pelatihan haruslah melakukan perubahan serangkaian perilaku berdasarkan tujuan yang dimiliki. Dengan begitu, mereka akan mengetahui apakah mereka berhasil menerapkan hal yang didapat dari pelatihan atau tidak. 
 
Hal lain yang tidak boleh diabaikan adalah konten. Konten harus berkaitan dengan tujuan masing-masing. Konten yang tidak terhubung ke suatu tujuan harus dihilangkan. Karena, konten merupakan perjalanan dari proses pembelajaran. Jadi, jika itu tidak berkaitan, hilangkanlah.
 
Itulah 5 alasan pentingnya pelatihan untuk menjadi trainer handal. Jika rekan pembaca ingin meningkatkan kemampuan untuk menjadi seorang trainer handal, inilah waktu yang tepat bagi rekan pembaca untuk mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat. 
 
Mengikuti pelatihan untuk trainer, akan membantu Anda menguasai materi pelajaran dengan pengetahuan baru tentang cara mengajar orang lain dan bagaimana membina lingkungan di mana setiap orang merasa disambut untuk meningkatkan keterampilan mereka.Ini juga memungkinkan rekan pembaca untuk mengembangkan kompetensi dalam merancang dan memberikan sesi pelatihan.
 
Jika ingin menyelenggarakan training for trainer, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
info@studilmu.com
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse