STUDILMU Career Advice - 5 Cara Kontrol Diri

5 Cara Kontrol Diri


by STUDiLMU Editor
Posted on Feb 13, 2019

 
Halo pembaca Career Advice, bagaimana kabar Anda hari ini? saya harap Anda tetap sehat dan bersemangat dalam menggapai kesuksesan. Begitu banyak keberhasilan dan pencapaian tujuan yang dibangun di atas kebiasaan yang baik, dan kebiasaan yang baik dibangun dengan disiplin, pengendalian diri, dan menghilangkan kebiasaan buruk. Seringkali meningkatkan pengendalian diri dan membangun kebiasaan baik jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Kita membutuhkan banyak disiplin fisik dan mental untuk memperbaiki diri. 
 
Bagaimanakah kita dapat terus membangun kebiasaan baik dengan disiplin dan pengendalian diri yang konsisten? Berikut adalah lima cara untuk membantu meningkatkan kontrol diri dan membangun kebiasaan baik secara konsisten:
 

1. Menghilangkan Godaan

Kita tidak terprogram untuk secara konsisten melawan godaan, sebuah penelitian menemukan bahwa cara kebanyakan orang melawan godaan adalah dengan menghilangkan godaan tersebut. Namun, menurut sebuah studi, melatih kontrol diri dengan melalui latihan yang berulang tidak menghasilkan perbaikan menyeluruh dalam kontrol diri. Jadi, berhentilah menyalahkan dan memukul diri sendiri karena Anda tidak kontrol diri yang baik. 
 
Lalu, bagaimanakah kita dapat memiliki kontrol diri yang baik? Bagaimanakah kita dapat tetap disiplin dalam konsistensi yang diharapkan? Hilangkan godaan yang mungkin datang menghampiri. Ketika Anda berhasil menghilangkan godaan, menciptakan kontrol diri yang baik menjadi hal mudah. Misalnya, jika Anda ingin hidup sehat tanpa mengonsumsi minuman bersoda, jangan menyiapkan minuman bersoda saat di kantor maupun di rumah. Jangan membelinya ketika mampir di sebuah minimarket, maka Anda tidak akan tergoda untuk memiliki pilihan meminum soda. 
 
Daripada harus menghabiskan energi dan berjuang untuk melawan godaan, hilangkan godaan tersebut. Ciptakan keadaan yang menutup setiap peluang munculnya godaan dengan mengelola diri sendiri dan lingkungan Anda. Ini membantu Anda untuk membuat keputusan secara otomatis dan menguatkan diri sendiri, sehingga Anda dapat lebih fokus pada prioritas dan keputusan yang lebih penting.
 

2. Mengukur Kemajuan Anda

Sesuatu yang ingin dilakukan harus merupakan hal yang dapat diukur. Semakin Anda dapat mengukurnya, maka semakin mudah untuk mengelolanya. Memantau setiap kemajuan membuat Anda tetap fokus pada tujuan Anda. Pemantauan membantu kita menjadi ahli dalam perilaku kita sendiri, dan membuat kebiasaan menjadi lebih sulit untuk diatur dan diubah.
 
Tetapkan tujuan Anda dan hal-hal nyata yang harus dilakukan. Catatlah mereka dalam daftar dan tandai hal-hal yang telah berhasil dilakukan, lalu buat target untuk selanjutnya. Lakukan ini setiap minggu, maka Anda akan menjalani kehidupan yang jelas dari minggu ke minggu.

3. Mempelajari Cara Mengelola Stres

Apakah Anda merasa tertekan? Apakah Anda merasa jantung yang berdetak lebih cepat dari yang sewajarnya? Ini adalah tanda bahwa Anda mengalami stres. Berhenti sejenak dan mengambil napas dalam-dalam beberapa kali memperlambat detak jantung Anda, dan membantu Anda menjadi rileks saat ini. 
 
Pastikan untuk berolahraga secara teratur, miliki pola makan sehat dan seimbang dan pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup. Itu semua adalah hal-hal yang dapat meningkatkan fokus, baik secara fungsi kognitif dan juga kesehatan Anda. 
 
Ketika Anda memiliki waktu tidur yang kurang, kadar gula darah menurun dan ini merupakan hal buruk karena Anda akan mengalami kurangnya fokus dan hilangnya energi. Olahraga membantu Anda tidur lebih baik dan membantu Anda memiliki disiplin dengan diet Anda. Apapun hal yang membuat Anda stres, pelajarilah cara tepat untuk mengatasinya. Mempelajari cara mengelola stres dengan cara yang sehat memastikan Anda memiliki energi untuk terus bergerak ketika pekerjaan dan kehidupan terasa luar biasa.
 

4. Memprioritaskan Suatu Hal

Buatlah daftar kegiatan setiap hari, minggu dan bulan, jadi ketika Anda merasa kewalahan, Anda tahu hal yang harus Anda lakukan dan selesaikan. Ini akan memberikan hasil yang maksimal karena Anda melakukan yang terbaik yang Anda bisa. Cara ini membuat Anda merasa lebih terkendali dan lebih terorganisir.
 
Kewalahan terjadi karena Anda menyelesaikan setiap hal bersamaan. Ini akan membawa Anda pada situasi yang buruk dan hal-hal di luar kendali. Anda hanya mengarah pada disorganisasi, stres dan membuang-buang waktu dengan percuma. Buatlah daftar dan kerjakan hal yang menjadi prioritas. Ingat, mengerjakan beberapa hal sekaligus bukan membantu Anda dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Itu justru membuat Anda kelelahan dan hasil pekerjaan menjadi kurang memuaskan.
 

5. Memaafkan Diri Sendiri

Setiap orang akan mengalami kegagalan. Begitu juga Anda. Anda akan gagal, tetapi jangan berlarut dalam kesedihan. Kegagalan adalah bagian dari kehidupan. Maafkan diri Anda atas kesalahan yang terjadi dan terus bergerak maju. Berhenti menyalahkan diri sendiri dan merasa khawatir. Ini hanya membuang-buang energi. 
 
Kesuksesan adalah sebuah perjalanan dari satu kegagalan kepada kegagalan lainnya tanpa kehilangan semangat. Delapan puluh persen faktor yang menunjang Anda untuk mencapai tujuan adalah sikap Anda sendiri. Sikap tepat yang harus Anda miliki adalah rasa bahagia. Perasaan bahagia membuat Anda lebih bersemangat dan lebih mudah dalam membangun kontrol diri. 
 
Jangan jadikan kegagalan tersebut sebagai hal yang membuat Anda putus asa. Bangkitlah dan belajarlah dari kesalahan Anda. memaafkan diri sendiri membuat Anda dapat menerima diri sepenuhnya dan ini adalah senjata yang penting agar Anda tetap optimis dalam mencapai tujuan. 
 
Itulah 5 cara yang dapat pembaca Career Advice lakukan dalam meningkatkan kontrol diri yang baik. Kontrol diri adalah salah satu faktor yang membantu Anda untuk tetap konsisten dalam mencapai tujuan Anda.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse