STUDILMU Career Advice - 5 Cara Meningkatkan Daya Ingat

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat


by STUDiLMU Editor
Posted on Apr 08, 2019

 
Apakah Anda seringkali mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya ingat? Terkadang, banyak orang mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk membeli suplemen yang dapat meningkatkan kemampuan daya ingat.
 
Tetapi, adakah cara lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat tanpa harus mengonsumsi suplemen terus-menerus? Tenang saja, menurut para ilmuwan, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat. Berikut adalah cara meningkatkan daya ingat yang dapat menjadi pedoman Anda.
 

1. Berolah raga, sekalipun ringan dan singkat.

Cara meningkatkan daya ingat yang pertama adalah berolahraga, sekalipun dalam bentuk latihan ringan dan dilakukan dalam waktu yang singkat. Berolahraga dapat menguatkan daya ingat Anda. sebuah penelitian tentang otak menemukan bahwa olahraga yang hanya dilakukan dalam beberapa menit dan dalam bentuk latihan yang ringan akan mampu memaksimalkan peningkatan daya ingat. Dalam penelitian tersebut, peserta yang melakukan 10 menit latihan sebelum mengikuti tea mampu menyelesaikan tes daya ingat dengan lebih cepat. 
 
Hasil MRI juga menunjukkan peningkatan konektivitas antara dua area otak yang terlibat dalam memori episodik baru, dentate gyrus dan hippocampus. Hasil tes memori berkorelasi dengan hasil pencitraan otak. Ini adalah penelitian kecil dan penelitian lebih lanjut akan mereplikasi, tetapi apa yang ditemukannya sejalan dengan penelitian sebelumnya. Penelitian menunjukkan bahwa  olahraga dapat meningkatkan konektivitas area otak yang terkait dengan daya ingat yang lebih baik. Dan karena latihannya ringan, seperti menggunakan treadmill atau berjalan, banyak orang bisa mencobanya.
 

2. Tidur yang cukup, termasuk tidur siang.

Cara meningkatkan daya ingat yang kedua adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan mencoba untuk tidur siang. Hubungan yang dimiliki antara tidur dan daya ingat berdasarkan ilmu pengetahuan adalah bahwa konsolidasi daya ingat terjadi saat kita sedang tidur. Jadi kualitas tidur kita akan berkorelasi dengan kekuatan ingatan kita.
 
Jika Anda kesulitan untuk memiliki tidur nyenyak dan suka terbangun beberapa kali di malam hari, kemungkinan daya ingat Anda juga akan berkurang. Sebaliknya, jika Anda mendapatkan delapan jam tidur setiap harinya, kapasitas Anda untuk memasukkan ingatan baru dan mengingat informasi akan menjadi lebih tajam.
 
Penelitian juga menunjukkan bahwa Anda dapat meningkatkan daya ingat dengan melakukan tidur siang yang dilakukan secara singkat. Peneliti meminta dua kelompok orang untuk menghafal satu set kartu dengan berbagai gambar, dan kemudian memberikan waktu untuk mempelajari satu set kartu lagi sekitar 40 menit kemudian. Satu kelompok memiliki waktu untuk tidur siang sebentar, yang lain tetap terjaga. Hasilnya: kelompok yang melakukan tidur siang mengingat lebih banyak gambar daripada mereka yang tidak tidur siang. 
 
Alasannya, sekali lagi, adalah konsolidasi daya ingat. Otak kita memerlukan tidur untuk dapat melakukan konsolidasi dengan baik, dan kita dapat menambah efeknya dengan tidur sebentar di siang hari. Intinya: jika kita ingin menguatkan daya ingat, tidur tidak bisa dinegosiasikan
 

3. Lakukan meditasi dan hal lain untuk meningkatkan fokus.

Cara meningkatkan daya ingat yang ketiga adalah dengan melakukan meditasi atau hal lain yang dapat meningkatkan fokus. Daya ingat dan fokus menggunakan bagian otak yang sama, sehingga kegiatan seperti meditasi yang dapat meningkatkan fokus juga dapat meningkatkan daya ingat Anda. Meditasi merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan memori kerja yang dimiliki otak. Memori kerja ini merupakan tempat Anda menyimpan berbagai informasi setiap harinya. Meditasi juga meningkatkan proses mendapatkan kembali apa yang kita butuhkan dari memori kerja otak kita dengan lancar dan cepat. Mungkin saja juga karena meditasi memberikan efek yang dapat menenangkan dan dapat meningkatkan kemampuan untuk menembus kebisingan mental dan juga berfokus pada apa yang perlu kita ketahui, ketika kita perlu mengetahuinya.
 

4. Mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh.

Cara meningkatkan daya ingat yang keempat adalah dengan mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh. Kafein adalah penambah ketajaman mental yang juga meningkatkan kemampuan kognitif, termasuk daya ingat. Tetapi, kafein akan sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jadi, Anda harus bijak dalam hal ini. 
 
Dalam suatu penelitian, sekelompok orang diberikan tablet yang mengandung kafein 200 mg setelah mereka diperlihatkan beberapa gambar. Dan kelompok yang lainnya tidak. Hasilnya? Para peserta yang mengonsumsi kafein sehari sebelumnya jauh lebih baik dalam mengidentifikasi gambar mana yang mirip dengan gambar asli, juga mengenali perbedaan yang terperinci. Dengan kata lain, mereka mengingat detail spesifik yang membedakan hal-hal yang sangat mirip.
 
Kopi dan teh merupakan hal yang mengandung kafein dan mudah untuk didapatkan. Selain itu, keduanya juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti antioksidan. Anda hanya harus mengonsumsinya dalam batas yang wajar.

5. Mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid. 

Cara meningkatkan daya ingat yang kelima adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid. Ini dapat ditemukan adalah buah beri berwarna gelap, seperti blueberry dan juga coklat. Flavonoid adalah senyawa anti-inflamasi yang ditemukan pada tanaman yang diteliti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan bahkan mungkin berperan dalam pencegahan kanker.
 
Jadi, apakah Anda pecinta blueberry dan coklat? Wah, tidak disangka ternyata kedua makanan ini memiliki fungsi yang baik untuk daya ingat kita. Tetapi, pastikan Anda mengonsumsi coklat murni atau dark chocolate ya. Karena coklat yang manis mengandung banyak gula yang justru tidak baik bagi kesehatan Anda. 
 
Itulah 5 cara meningkatkan daya ingat yang dapat Anda lakukan selain mengonsumsi suplemen. Jadi apakah akhir-akhir ini rekan pembaca merasa bahwa Anda mengalami penurunan daya ingat? Mari ikuti 5 cara ini dan rasakan peningkatan daya ingat yang lebih baik.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse