STUDILMU Career Advice - 5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Setiap Hari

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Setiap Hari


by STUDiLMU Editor
Posted on May 06, 2019

 
Halo rekan pembaca Career Advice, bagaimana hari Anda? Tidak ada yang terlahirkan sebagai orang cerdas. Itu semua adalah tentang memaksimalkan setiap hal yang kita miliki, dan kecerdasan adalah hasilnya. Bagaimanakah kita dapat meningkatkan kecerdasan kita setiap hari? 
 
Ketika kita lahir, kita adalah sebuah lembaran kosong. Tentu, kita mewarisi beberapa hal dari para pendahulu diatas kita, tetapi pada akhirnya masa depan kita bergantung pada etos kerja yang kita miliki. Setiap kita pastinya ingin memiliki kecerdasan tertentu yang dapat membuat kita unggul. Kecerdasan ini juga dapat meningkatkan karier dan membawa kita pada tujuan. 
 
Pernahkah rekan pembaca mendengar berita tentang seorang anak kecil yang mampu menguasai beberapa bahasa asing? Ini tentunya sangat mengagumkan. Terkadang, kita bertanya bagaimana caranya kita dapat meningkatkan kecerdasan yang dimiliki. Bagaimana kita dapat melakukan sebuah ‘gebrakan’ seperti yang dilakukan beberapa orang cerdas. Nah, kali ini kita akan membahas cara untuk meningkatkan kecerdasan kita setiap hari.
 

1. Membaca.

Untuk meningkatkan kecerdasan, kita harus banyak membaca. Membaca adalah sebuah keterampilan yang penting, dan sering kali kita melupakan hal ini. Orang cerdas banyak membaca. Tentunya, kita akan merasa kecil hati ketika melihat seseorang yang dengan mudahnya memindahkan isi buku ke dalam pikirannya. Tetapi, membaca adalah suatu praktik yang harus dijadikan kebiasaan. Semakin sering kita membaca, semakin mudah untuk kita mengingat informasi. Orang cerdas membiasakan diri untuk membaca. Dan sama seperti hal lainnya, dengan latihan membuat kita menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Nah, inilah hal yang pertama harus dilakukan agar rekan pembaca dapat meningkatkan kecerdasan setiap hari.
 

2. Bergaul dengan orang cerdas.

Untuk meningkatkan kecerdasan, kita harus bergaul dengan orang cerdas juga. Kita pasti akan suka memiliki hubungan dengan orang-orang yang sama seperti kita. Tentunya, ketika kita berada dalam lingkungan yang baik, maka kita akan memiliki hasil yang baik. Namun, jika kita berada dalam lingkungan yang buruk, kita juga akan memiliki hasil yang buruk. Jika kita ingin menjadi lebih cerdas, kita harus menghabiskan waktu dengan orang-orang yang lebih cerdas daripada diri kita sendiri. Salah satu kutipan favorit yang saya pernah baca adalah, "Jika Anda adalah orang tercerdas di dalam suatu ruangan, Anda berada di ruangan yang salah." Ketika kita menghabiskan waktu dengan orang-orang cerdas, dorongan mereka, pengetahuan mereka, kesadaran mereka akan menular pada kita. Ini akan meningkatkan standar yang kita miliki untuk diri sendiri. Itu membuat kita bertanya, "Jika mereka tahu semua hal itu, mengapa saya tidak bisa?" Jadi, temukan komunitas yang terdiri dari orang-orang yang jauh lebih cerdas dari Anda. Bergabunglah. Dengan begitu, rekan pembaca juga akan terpengaruh menjadi orang cerdas. Ingatlah sebuah pepatah yang mengatakan, "Anda adalah refleksi dari lima orang yang paling sering menghabiskan waktu bersama Anda."
 

3. Membuat kesalahan.

Untuk meningkatkan kecerdasan, kita harus suka membuat kesalahan. Setiap kesalahan yang kita buat adalah kesempatan untuk mendapatkan pelajaran, meningkatkan kemampuan kita, dan bergerak maju. Jadi, jangan takut melakukan kesalahan. Mengapa? Karena kesalahan akan menunjukkan kepada kita hal yang perlu dipelajari untuk langkah selanjutnya, hal yang perlu diperbaiki, dan hal yang perlu ditingkatkan untuk mencapai tingkat berikutnya. Itu semua adalah proses pertumbuhan yang sebenarnya. Sejatinya, tidak ada seorangpun yang benar-benar dapat menerima kesalahan sebagai bagian peningkatan kecerdasan. Untuk itu, rekan pembaca harus merangkul kesalahan sebagai bagian dari proses perjalanan Anda. Buatlah kesalahan dan dapatkan pelajaran yang dapat membuat Anda melangkah maju dan lebih baik.
 

4. Melihat nilai.

Untuk meningkatkan kecerdasan, kita harus mampu mengambil nilai berharga dari setiap pengetahuan yang didapat. Orang bodoh adalah orang yang mengatakan, "Oh, itu tidak relevan bagi saya. Saya tidak perlu mengetahui hal itu. " Tetapi, orang cerdas akan mengatakan, "Itu hal yang menarik. Saya tidak mengetahuinya. Saya ingin mengetahuinya lebih dalam, ceritakan lebih banyak lagi. ” Pengetahuan itu bersifat subyektif. Ini berkaitan dengan pengejaran, tujuan, ambisi dan karier kita saat ini. Namun, bukan berarti bahwa kita dapat mengatakah beberapa pengetahuan layak diketahui dan sebagian pengetahuan lagi tidak. Kita tidak dapat mengetahui segalanya dalam waktu sehari. Kita harus membiasakan diri untuk mencoba dan mencari tahu tentang hal-hal yang tidak kita ketahui. Orang cerdas merangkul setiap momen sebagai pembelajaran dalam hidupnya, dan melihatnya sebagai peluang untuk memperluas diri.
 

5. Bekerja keras.

Untuk meningkatkan kecerdasan, kita harus bekerja keras. Kecerdasan tidaklah ditempuh dalam waktu yang singkat dengan usaha yang kecil. Ini membutuhkan usaha yang keras, bahkan sangat keras. Belajar dan meningkatkan diri seharusnya menjadi hal yang sangat menyenangkan. Kita harus menikmati apa yang sedang kita geluti. Tentunya perjalanan kita bukanlah perjalanan yang mulus. Kita akan menemui tantangan dan rintangan. Dan yang dibutuhkan adalah usaha yang semakin keras untuk melewati tantangan tersebut. Cobalah untuk menggali lebih dalam kemampuan yang kita miliki. Dengan begitu, kita akan mempunyai kekuatan yang jauh lebih besar.
 
Itulah 5 cara meningkatkan kecerdasan kita setiap hari. Untuk meningkatkan kecerdasan, kita membutuhkan kedisiplinan. Buatlah jadwal yang dapat meningkatkan dan mendorong kita melakukan hal-hal yang harus dilakukan. Paksa diri kita untuk terus bertumbuh setiap harinya. Ingatlah, jangan takut melakukan kesalahan. Perbaikan diri yang terus menerus dilakukan adalah kunci untuk meningkatkan kecerdasan kita. Kecerdasan tidak datang dengan tiba-tiba, itu adalah hasil dari usaha yang kita lakukan.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse