STUDILMU Career Advice - 5 Cara Menyelesaikan Permasalahan dengan Pola Pikir Positif

5 Cara Menyelesaikan Permasalahan dengan Pola Pikir Positif


by STUDiLMU Editor
Posted on Jun 09, 2019

Sebelum rekan pembaca membaca artikel ini lebih jauh, kami ingin bertanya dua hal kepada rekan-rekan Career Advice. “Apakah rekan-rekan Career Advice merasa kesulitan untuk mempertahankan pola pikir positif?” dan “apakah rekan pembaca merasa kesulitan untuk menyelesaikan permasalahan di dalam hidup?” Tanpa kita sadari, segala rintangan dan tantangan yang kita hadapi setiap harinya bisa menjauhkan kita dari pola pikir yang positif
 
Kekacauan di dalam hidup dapat dengan mudah membuat kita kehilangan arah dan berpikir yang tidak-tidak. Sehingga, asumsi negatif di dalam diri akan mendominasi hati dan pikiran kita. Namun kenyataannya, kita sangat memerlukan pola pikir positif agar kita bisa tetap bertahan dan terus maju meraih impian-impian yang kita miliki di dalam hidup. Dan, tentunya untuk menyelesaikan segala permasalahan yang datang di dalam kehidupan kita. 
 
Pertanyaan selanjutnya yang mungkin ada di benak kita adalah ketika kita sudah memiliki pola pikir positif, bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah dengan pola pikir positif? Bagi rekan-rekan Career Advice yang sedang berusaha untuk mempertahankan pola pikir positif yang sedang Anda miliki dan menggunakannya untuk mengatasi suatu masalah, jangan khawatir. Pada artikel kali ini, kami akan membantu rekan-rekan untuk bisa mempertahankan pola pikir positif dan memaksimalkannya sebagai penghancur masalah. Ada 5 cara utama yang bisa kita lakukan dalam hal ini, berikut penjelasannya. 
 

1. Bukan Hanya Kita yang Pernah Mengalami Masalah ini Sebelumnya. 

Cara pertama dalam menyelesaikan masalah dengan pola pikir positif adalah terus berpikir positif bahwa segala rintangan, tantangan atau ujian yang kita hadapi sekarang, juga pernah dialami oleh orang lain sebelumnya. 
 
Dan, kabar baiknya adalah mereka bisa menghadapi dan menyelesaikannya dengan sangat baik. Jadi, jika mereka bisa menyelesaikannya, pasti rekan pembaca juga bisa melakukannya. Masih ingat kan penjelasan kami di awal bahwa pola pikir yang positif sering sekali dikacaukan oleh tantangan hidup yang kita miliki. Seringkali ketika kita menerima ujian hidup, terlalu banyak asumsi negatif yang datang ke pikiran kita dan dengan sangat cepat semua pikiran negatif itu menghancurkan pikiran positif kita.  
 
Jangan khawatir dan resah saat permasalahan hidup datang menghampiri kita, karena 99.9% masalah yang kita alami, sudah ada sebelum kita lahir di dunia, dan semua permasalahan yang kita hadapi juga sudah pernah dihadapi oleh orang lain selain kita.  
 
Lalu, bagaimana agar pola pikir positif kita tetap dapat dipertahankan? Kita perlu membaca kemampuan diri sendiri dengan sangat baik, cari tahu apa yang menjadi keahlian kita. Dan, dari segala keterampilan serta keahlian kita tersebut, bagian mana yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Pelajari kesalahan orang-orang terdahulu yang pernah mereka lakukan dalam menghadapi permasalahan yang sama dengan Anda, dan usahakan semaksimal mungkin untuk menghindarinya. 
 

2. Percayalah, Tidak Ada yang “Mustahil” di Dunia Ini. 

Apakah rekan pembaca pernah merasa diremehkan oleh orang lain? Sulit sekali untuk menangkal bahwa diremehkan orang lain tetap bisa membuat kita kuat dan mempertahankan pola pikir positif kita. 
 
Pada kenyataannya, ketika orang lain mulai meremehkan kemampuan atau mimpi-mimpi yang kita miliki, pikiran positif kita terhadap mimpi tersebut seketika buyar dan hilang entah kemana. Kita perlu meyakini bahwa tidak ada yang “mustahil” di dunia ini. Mungkin dulu ada banyak orang yang meremehkan mimpi seseorang untuk berenang di dalam lautan selama berjam-jam. Kenyataannya, ada banyak para pecinta alam yang bisa menyelam selama berjam-jam di dalam lautan biru karena bantuan tabung oksigen yang terhubung ke punggung mereka, atau mungkin menyelami lautan dengan kapal selam.
 
Tidak hanya ini, ada begitu banyak contoh-contoh lainnya yang kita anggap mustahil, tapi kenyataannya bisa kita lakukan sekarang. Jadi, jangan hilangkan pikiran positif kita hanya karena orang lain menganggap mimpi kita mustahil. 

3. Ingatlah, Selalu Ada Solusi untuk Setiap Permasalahan. 

Meskipun pikiran kita seperti ‘mandek’ dengan suatu permasalahan, seakan tidak ada jalan keluar yang bisa ditawarkan. Bertenanglah, tidak ada satupun ujian atau masalah yang Tuhan berikan kepada kita, tanpa solusi. Jadi, semua permasalahan di dunia ini PASTI ada solusinya. 
 
Hampir sama seperti poin pertama yang sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa setiap permasalahan yang kita hadapi, pasti pernah dihadapi oleh orang-orang sebelum kita, dan mereka mampu mengatasinya. Nah, sama halnya dengan sebuah solusi. Meskipun cara penyelesaiannya mungkin akan berbeda-beda, namun segala permasalahan yang kita miliki pasti memiliki jalan keluarnya masing-masing. 

4. Bertanya dengan Seseorang yang Lebih Berpengalaman. 

Memang terkadang memiliki pola pikir positif saja tidak akan cukup untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Kita memerlukan sesuatu yang lebih dari ini. Apakah itu? berdiskusi dengan orang-orang yang sudah lebih berpengalaman dalam menyelesaikan konflik atau permasalahan seperti yang kita hadapi sekarang.
 
Orang-orang yang sudah lebih berpengalaman dari kita akan memberikan input atau masukan yang sangat luar biasa. Bahkan, nasihat-nasihat yang mereka berikan kepada kita mungkin tidak bisa ditemukan di dalam buku, koran, majalah, berita atau di dalam internet. Tidak hanya itu, kita juga bisa mendapatkan semangat dan dukungan dari mereka loh, sehingga pola pikir positif kita akan tetap terjaga, bahkan semakin meningkat. 
 

5. “Apa yang Terjadi kepada Kita adalah Apa yang Kita Lakukan”

Perlu kita akui bahwa segala hal yang terjadi di dalam kehidupan kita adalah datang dari segala tindakan yang kita lakukan sebelumnya. Inilah mengapa penting bagi kita untuk menjaga pola pikir yang positif. Karena jika kita tidak berpikir secara positif, maka tindakan-tindakan kita bisa dipengaruhi dengan niatan yang kurang baik. Hasilnya? bisa jadi hal yang kurang baik datang kepada kita kembali. 
 
Jadi, cara menyelesaikan masalah dengan pola pikir positif adalah dengan terus berpikir secara positif, sehingga kita selalu berperilaku positif juga. Ini adalah tindakan preventif dari menyelesaikan masalah dengan pola pikir positif. 
 
Bagaimana dengan 5 cara di atas, rekan-rekan? Mudah bukan? Sekarang permasalahan tidak akan terasa begitu rumit lagi jika kita menghadapi dan menyelesaikannya dengan pola pikir positif. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice. 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse