STUDILMU Career Advice - 5 Cara Untuk Meningkatkan Peran Pemimpin

5 Cara Untuk Meningkatkan Peran Pemimpin


by STUDiLMU Editor
Posted on Feb 10, 2019

 
Tidak pernah ada waktu yang lebih tepat untuk mengembangkan keahlian kepemimpinan kita. Menurut survei yang dilakukan pada tahun 2014 dari Kementrian Tenaga Kerja, 75% angkatan kerja di era global akan terdiri dari para Millenials pada tahun 2025.
 
Jika kita memikirkan tentang statistik tersebut, setidaknya dalam 10 tahun mendatang, generasi Baby Boom akan menyerahkan semua tanggung jawab kepemimpinan kepada anggota Generasi X dan Y. Nah, jika kita tertarik untuk pindah posisi ke manajemen, sekarang adalah waktu yang ideal untuk memulai kepemimpinan.
 
Kenapa sekarang? Untuk mengantisipasi pergeseran demografi global ini, banyak perusahaan yang mengembangkan program-program berpotensi tinggi untuk mempercepat pengembangan para pemimpin mereka yang akan datang. CIMB, misalnya, memiliki program beasiswa untuk pascasarjana dan post-doktoral ke beberapa negara maju, dengan harapan di masa yang akan datang, para penerima beasiswa tersebut akan menjadi pemimpin yang cerdas dan bijaksana. 
 
Ada lima cara untuk menonjol dan diakui sebagai seseorang yang berpotensi tinggi. Bahkan jika perusahaan kita tidak memiliki program seperti yang diadakan oleh CIMB, dengan menggabungkan kiat-kiat ini ke dalam kehidupan kerja, ini akan menunjukkan kemampuan kita kepada orang-orang yang dapat membawa karier kita ke tingkat yang lebih tinggi.
 

1. Memberikan Kinerja yang Unggul

Penting untuk tidak hanya memenuhi standar ekspektasi namun juga memberikan sesuatu yang lebih setiap saat. Orang-orang yang memiliki potensial yang tinggi akan mengawali karier mereka dengan memberikan kinerja yang unggul. Mereka ini adalah orang-orang yang menunjukkan keinginan untuk beralih ke peran kepemimpinan teratas, berminat dalam memperluas perspektif mereka di seluruh aspek bisnis, dan memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangkan diri dan orang lain. Selain itu, mereka biasanya juga memiliki rekam jejak kinerja yang kuat selama beberapa tahun. 
 

2. Membentuk Para Pengikut

Apakah Anda memiliki kemampuan untuk menginspirasi orang lain dalam berkolaborasi dan mengambil langkah ke depan? Jika ya, ini bermakna bahwa Anda sedang membentuk para pengikut Anda. Jika potensi kepemimpinan Anda ingin diakui di masa depan, maka penting untuk memiliki pengikut dari sekarang sebelum Anda melangkah jauh ke sana. 
 
Orang-orang akan mengikuti para pemimpin yang bertalenta. Hal ini dikarenakan, mereka ingin merasa terinspirasi dan termotivasi. Jadi, pelajari kualitas apa yang akan dihargai oleh orang lain dan mulailah mengembangkan kualitas tersebut. 

3. Memiliki Kesadaran Diri yang Tinggi

Apakah kita mengetahui produk perusahaan dengan sangat baik? Dengan kata lain, apakah kita menyadari dampak unik yang kita ciptakan di kantor? dan bagaimana orang lain memandang diri kita? Jika kita menginginkan posisi manajemen di masa depan, maka kita harus memperhatikan hal ini. 
 
Hal ini dikarenakan, para pemimpin di masa depan harus memiliki kesadaran diri yang kuat. Tidak hanya itu, kita juga harus memahami kekuatan diri sendiri dan bagaimana cara kita dapat memberikan dampak yang baik pada orang-orang sekitar.
Nah, bagaimana jika Anda belum menyadari kemampuan dan kekuatan diri Anda yang terpendam? cobalah mengambil survei umpan balik 360 derajat atau meminta umpan balik dari manajer, mentor, atau kolega yang dipercaya untuk menggambarkan bagaimana diri kita di mata orang lain. 
 
Cobalah dengarkan sifat-sifat positif yang mereka berikan kepada kita yang mungkin diberikan lebih dari satu kali oleh orang lain juga, dan kemudian carilah peluang untuk menerapkan kekuatan itu.
 

4. Berpikir Secara Strategis

Ya, sangatlah penting bagi kita untuk selalu berpikir secara luas dan lebih strategis. Kita harus berpikir tentang hal-hal apa yang dapat dilakukan agar perusahaan dapat menjadi lebih baik dan maju, tidak peduli apapun posisi kita di dalam perusahaan tersebut, berpikirlah secara strategis dan berikan kontribusi yang terbaik untuk perusahaan. 
 

5. Jadikan Orang yang Dikagumi Sebagai Mentor Pribadi 

Salah satu elemen yang sangat penting adalah kesempatan untuk belajar dan memperluas koneksi kita dengan orang lain. Kita mungkin dapat mengembangkan koneksi dengan orang-orang yang luar biasa dan mengesankan yang suatu hari nanti akan menjadi jaringan pemimpin bisnis yang kuat.
 
Sebagai contoh, kita dapat memulai untuk menjalin hubungan dengan para pemimpin yang dapat membimbing kita dari sekarang. Ketika kita bertemu seseorang yang sangat kita kagumi, tanyakan apakah dia memiliki waktu sebentar untuk mengobrol singkat yang berhubungan dengan karier. Jika tanggapannya positif, kita dapat menjadikan orang tersebut sebagai mentor baru untuk diri kita sendiri. 
 
Ingatlah bahwa jika kita memiliki kesempatan untuk memiliki peranan kepemimpinan, lakukan hal tersebut dengan semaksimal mungkin. Usahakan untuk tidak menjadi seseorang yang pasif sehingga, kita dapat berkembang menjadi pemimpin di masa yang akan datang.  
 
Jika ingin menyelenggarakan training Kepemimpinan, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse