STUDILMU Career Advice - 5 Kebiasaan Baik yang Perlu Diadopsi di Tempat Kerja

5 Kebiasaan Baik yang Perlu Diadopsi di Tempat Kerja


by STUDiLMU Editor
Posted on May 09, 2019

 
Ketika kita bekerja keras di kantor dan menghabiskan berjam-jam waktu di meja kerja, kita mungkin saja akan mengalami gangguan kesehatan. Duduk di meja kerja terlalu lama membuat otot kita membakar sedikit lemak, mengalami sirkulasi darah yang lebih lambat, dan membuat asam lemak lebih mudah untuk menyumbat peredaran darah ke jantung. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, meningkatkan kolesterol, diabetes dan masalah lainnya.
 
Wah, saya yakin bahwa diantara kita tidak ada yang ingin mengalami gangguan kesehatan tersebut. kesehatan adalah modal utama kita untuk dapat bekerja dengan produktif dan mencapai tujuan kesuksesan yang kita ingini. Jika kita sehat, kita akan dapat menghasilkan hasil terbaik dan maksimal dalam karier kita.
 
Lalu, bagaimana kita dapat tetap menjaga kesehatan diri kita? Apa yang harus dilakukan? Kali ini, kita kan membahas 5 kebiasaan baik yang perlu diadopsi di tempat kerja. Kebiasaan-kebiasaan baik ini akan membantu kita memiliki pola hidup yang lebih sehat saat menjalani hari-hari panjang di tempat kerja. Sehingga, kita akan tampil maksimal dan produktif dan mampu mencapai tujuan kita.
 

1. Pertimbangkan makanan yang dikonsumsi.

Sebagian besar kita memiliki makan siang di berbagai tempat. Kita telah membuat perencanaan untuk makan ini dan makan makanan lain di hari yang berikutnya. Bahkan tidak jarang kita memilih makanan cepat saji karena cepat dan dapat dapat menghemat biaya.  Makanan yang kita konsumsi menjadi faktor penting yang dapat membuat kita tetap sehat. Kita harus menerapkan kebiasaan mengonsumsi makanan yang lebih sehat di tempat kerja. 
 
Makanan yang kita konsumsi akan memengaruhi energi yang kita miliki. Makanan cepat saji memang membuat kita merasa kenyang. Tetapi, itu tidak akan bertahan lama. Kita juga kan mudah lapar kembali. Dan juga, makanan cepat saji dapat memberikan dampak buruk. Jadi, biasakan makan siang dengan makanan yang sehat dan bergizi. Kebiasaan makan siang yang baik akan dapat membuat kita tampil prima dalam pekerjaan.
 
Selain itu, hindari godaan untuk mengonsumsi camilan seperti kue dan biskuit. Gantilah dengan mengambil camilan sehat seperti buah. Penting untuk minum banyak air sepanjang hari untuk menjaga agar tidak mengalami dehidrasi. 
 

2. Berdiri dan berjalan. 

Seperti yang kita ketahui sekarang, duduk dalam jangka waktu yang lama dapat berdampak buruk pada kesehatan dan kesejahteraan. Ketika kita bekerja di kantor, kita menghabiskan sebagian besar hari dengan duduk di meja. Duduk untuk waktu yang lama di siang hari dapat meningkatkan risiko diabetes penyakit jantung, kanker, obesitas, dan kematian dini.
 
Kita perlu berdiri dan berjalan sekitar setidaknya setiap 20 hingga 30 menit. Olahraga secara teratur setiap hari dapat menjadi pilihan yang baik juga. Misalnya, berjalan kaki ke dan dari tempat kerja. Berdiri sebanyak mungkin. Saat ini juga telah dikembangkan sebuah tren bekerja sambil berdiri atau rapat sambil berdiri. Berjalanlah ke taman atau kantin untuk makan siang sehat disana. Cobalah untuk berjalan cepat setidaknya selama 30 menit. Latihan ringan ini akan membantu tubuh menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Selain itu, ini akan menjauhkan kita dari rasa kantuk dan menjaga kita tetap produktif dalam menjalani jam kerja selanjutnya. 

3. Mengonsumsi suplemen.

Jadwal kerja harian yang padat dapat membuat kita kelelahan dan mengalami kejenuhan. Jika ini terjadi, kita akan kehilangan motivasi. Kelelahan dan stress membuat kita tidak mampu menghasilkan yang terbaik dari yang kita dapat buat. Untuk itu kita harus mampu memberikan dorongan alami bagi diri sendiri. Bagaimana caranya? Bantulah diri kita mendapatkan nutrisi pendukung dengan mengonsumsi suplemen makanan alami. Suplemen akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
 
Di era modern yang mengharuskan kita untuk bekerja dengan cepat dan maksimal akan mudah membuat kita mengalami stress, mengalami penurunan konsentrasi dan bahkan mengalami gangguan mental. Untuk itu, tubuh kita juga membutuhkan nutrisi harian yang cukup agar kita tetap kuat dan tidak kewalahan dalam memenuhi tantangan karier yang kita miliki. Jadi, mengonsumsi suplemen dari bahan alami juga merupakan kebiasaan baik yang perlu kita lakukan agar tetap tampil maksimal di tempat kerja.

4. Miliki rekan untuk berolahraga bersama.

Temukan rekan kerja yang juga suka berolahraga. Pergilah berolahraga bersama. Dengan begitu, olahraga akan jadi lebih menyenangkan dan menjadi lebih mudah. Berolahraga sendiri itu memang baik. Tetapi, berolahraga dengan orang lain akan jauh lebih menyenangkan dan membuat kita lebih termotivasi.
 
Jadi, apakah rekan pembaca masih ragu jika harus berolahraga sendiri? Temukan rekan kerja dan berolahragalah bersama. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan baik yang dapat meningkatkan kesehatan Anda. Kita tidak hanya akan memiliki kesehatan fisik saja. Berolahraga juga baik bagi kesehatan mental kita.  Berolahraga secara rutin akan melepaskan hormone negative tubuh sehingga kita dapat kembali menyegarkan pikiran kita. Inilah yang dapat membuat kita tampil produktif dan maksimal di tempat kerja. 
 

5. Buat daftar pekerjaan dan prioritaskan.

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Stres dan depresi akan membuat kita mengalami kemunduran dalam karier. Jadi, buatlah daftar tugas-tugas yang harus dikerjakan. Prioritaskan tugas-tugas tersebut. selesaikan tugas yang penting, mendesak dan memiliki tenggat waktu lebih dahulu.
 
Ketika kita mampu mengorganisir tugas-tugas dengan baik, kita dapat tetap menjaga kejernihan pikiran. Sehingga, kita tidak akan kehilangan motivasi dalam bekerja. Pilihlah juga untuk memfokuskan diri pada tugas-tugas terberat terlebih dahulu. Dengan begitu, kita tidak akan kehabisan energi dan menjadi sangat kelelahan.
 
Itulah 5 kebiasaan baik yang perlu diadopsi di tempat kerja. Pola hidup dan pola makan kita kana sangat memengaruhi kesehatan kita, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Lakukan 5 kebiasaan baik ini agar kita tetap sehat. Sehingga, kita dapat bekerja secara produktif dan maksimal dalam mencapai tujuan karier kita.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse