STUDILMU Career Advice - 5 Manfaat yang Didapatkan Pengusaha Sukses saat Berlibur

5 Manfaat yang Didapatkan Pengusaha Sukses saat Berlibur


by STUDiLMU Editor
Posted on May 06, 2019

 
Siapa bilang kalau pengusaha sukses tidak perlu berlibur untuk mengistirahatkan otak dan raga mereka? Pada artikel kami yang lalu, kami sudah menjelaskan bahwa memberikan waktu istirahat kepada otak kita sangatlah penting. Terutama bagi para pengusaha sukses dan calon pengusaha sukses (yang baru saja mendirikan perusahaan mereka). Tidak dapat disangkal lagi bahwa ketika kita menjadi seorang pebisnis atau pemimpin perusahaan, segala kesibukan dan beban kerja kita di kantor akan bertambah dua atau tiga kali lipat dibandingkan menjadi seorang karyawan di perusahaan. 
 
Inilah mengapa kami menyarankan rekan-rekan pembaca untuk pergi berlibur, karena liburan akan memberikan banyak manfaat bagi kita, terutama di dalam bisnis. Pada artikel kali ini, kami akan meyakinkan rekan pembaca bahwa liburan bukanlah suatu hal yang harus ditakutkan dan dihindari untuk dilakukan. Namun, liburan dapat menjadi momentum yang tepat untuk para pengusaha sukses merilekskan diri mereka dan kembali dengan membawa beberapa manfaat dari liburan itu sendiri. 
 
Apakah rekan-rekan Career Advice ingin tahu apa saja yang akan kita dapatkan dari berlibur? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini. 
 

1. Perencanaan Strategis. 

Liburan menawarkan kita suasana yang tenang dan tentram. Namun untuk mendapatkan ketentraman dan ketenangan ini, rekan pembaca perlu mengesampingkan pekerjaan untuk sementara waktu. Ini bukan berarti kita lari dari tanggung jawab atau bersikap masa bodoh dengan tugas-tugas kerja yang ada. Namun, ini bertujuan untuk mendapatkan ketenangan yang murni. Lagipun, kami yakin bahwa tanpa mengerjakan tugas kerja pun, seorang pemimpin perusahaan akan tetap memikirkan tanggung jawab mereka di kantor. 
 
Nah, karena pekerjaan kita tetap terekam jelas di otak, jadi biarkan kita tutup laptop untuk sementara waktu dan nikmati momen liburan. Saat liburan, pastinya akan ada banyak kejadian-kejadian seru yang terjadi. Kita akan bertemu dengan orang baru, mencoba makanan baru, melihat pemandangan yang belum pernah kita lihat sebelumnya dan tentunya, akan ada ide-ide baru yang tiba-tiba datang ke dalam pemikiran kita. 
 
Nah, ide-ide cemerlang tersebut dapat dikembangkan menjadi sebuah perencanaan yang matang dan strategis. Lucunya, seringkali ide-ide bagus tidak bisa datang saat kita sedang mumet dengan setumpuk pekerjaan di kantor. Inilah mengapa liburan menjadi momen yang sangat penting untuk merancang perencanaan strategis untuk bisnis kita kedepannya. 
 
Perencanaan strategis yang dibuat bisa tentang “bagaimana cara yang efektif untuk membuat tim bekerja dengan baik?”, “bagaimana cara untuk memenangkan proyek yang lebih besar?” dan lain sebagainya. 
 

2. Perencanaan Pertemuan.

Manfaat kedua yang akan pengusaha sukses dapatkan dari berlibur adalah dapat merancang perencanaan pertemuan yang tepat. Para pengusaha sukses yang tidak takut untuk mengambil kesempatan berlibur akan merancang pertemuan dengan para karyawan dan mitra mereka dengan waktu yang sangat tepat, serta merancang strategi pertemuan yang benar. 
 
Semisalnya, sebagai seorang pengusaha, rekan pembaca sedang merasa mandek dalam bernegosiasi dengan suatu perusahaan yang menjadi mitra bisnis Anda. Dalam hal ini, berlibur dapat membuat hati dan pikiran rekan pembaca menjadi lebih tenang dalam memikirkan berbagai strategi yang pas. Suasana liburan yang nyaman dan tentram akan membantu rekan pembaca dalam memikirkan situasi yang menguntungkan untuk kedua belah pihak. 
 

3. Emosi yang Tersalurkan dengan Baik. 

Mungkin selama ini, kita terlalu mengabaikan kata hati dan isi pikiran kita, sehingga emosi kita tidak tersalurkan dengan baik. 
 
Kita terlalu memaksa otak (pikiran) dan raga kita untuk mengerjakan tugas kerja, kerja dan kerja saja. Inilah saatnya kita mendengarkan apa yang ada di dalam hati dan pikiran kita. Bantu itu dengan pergi berlibur dan menulis, entah di dalam buku catatan atau di dalam blog pribadi kita. 
 
Dari tulisan-tulisan murni yang keluar dari pemikiran dan ditulis oleh jari-jari kita, kita akan tahu apa yang sedang diperlukan oleh hati dan pikiran kita. Jiwa yang tenang akan menghasilkan ide-ide yang cemerlang, keputusan yang bijak, dan semangat yang lebih tinggi.
 

4. Bersyukur dan Berterima Kasih.

Semua pengusaha pasti bisa sukses karena bantuan dan dukungan yang pernah diberikan oleh rekan-rekan kerja, manajer, bos, bahkan teman-teman terdekat mereka. Tidak ada satu orang sukses pun yang bisa sukses tanpa bantuan siapapun, minimalnya ada pengajar atau guru yang dulu pernah mengajari kita banyak hal, sampai akhirnya kita bisa menjadi seorang pengusaha seperti sekarang. 
 
Kesibukan kerja seringkali menyedot waktu, tenaga dan pikiran kita. Sampai-sampai kita tidak mempunyai waktu untuk berterima kasih atau bertegur sapa kembali dengan mereka yang sangat berjasa kepada kita. Nah, disinilah ‘liburan’ memainkan peran pentingnya. Dengan meluangkan waktu untuk berlibur, kita bisa mengirim pesan atau email ucapan terima kasih kepada mereka yang sudah banyak membantu dan mendukung kita. Kita bisa kembali bertegur sapa atau sekedar berbincang dan menanyakan kabar mereka melalui telepon.
 
Pada akhirnya, liburan juga membawa kita kepada rasa syukur kepada Tuhan karena masih diberikan kehidupan dan kesehatan sampai sekarang, sehingga kita bisa melanjutkan perjuangan kita untuk tetap menjadi pengusaha sukses yang memberikan banyak manfaat bagi orang lain.
 

5. Waktu Berkualitas untuk Diri Sendiri dan Keluarga. 

Salah satu hal yang paling membahagiakan di dunia adalah memiliki waktu berkualitas untuk diri sendiri, atau yang biasa disebut sebagai ‘Me time’. 
 
Apabila rekan-rekan Career Advice sudah berkeluarga, atau minimalnya memiliki pasangan hidup, berlibur juga bisa menjadi hal yang memberikan Anda manfaat untuk mengisi tenaga, energi dan semangat yang diberikan oleh keluarga tercinta kepada rekan pembaca. 
 
Sesibuk apapun seorang pengusaha sukses, dia akan tetap memerlukan kasih sayang keluarga dan orang-orang yang dia cintai.
 
5 hal di atas adalah manfaat yang bisa didapatkan oleh para pengusaha sukses saat mereka memutuskan untuk berlibur. Namun, perlu diingat bahwa liburan yang dimaksud disini adalah benar-benar meninggalkan pekerjaan kita untuk sementara waktu, sehingga proses berlibur dapat memberikan manfaatnya secara maksimal. Pada akhir artikel ini kami ingin mengucapkan, selamat berlibur rekan-rekan Career Advice. Berlibur dan dapatkan manfaat liburan untuk bisnis Anda.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse