STUDILMU Career Advice - 5 Pertanyaan yang Mendorong Semangat Kerja Karyawan

5 Pertanyaan yang Mendorong Semangat Kerja Karyawan


by STUDiLMU Editor
Posted on Aug 19, 2019

Pengertian Semangat Kerja

Apa yang dimaksud dengan semangat kerja? Pertama-tama, kita harus tahu apa arti dari kata semangat? Semangat adalah dorongan, motivasi atau gairah yang dimiliki oleh seseorang. Sedangkan, semangat bekerja adalah perwujudan dari moral kerja yang tinggi untuk menghasilkan suatu karya yang membanggakan bagi dirinya. Beberapa orang menyebut semangat bekerja sebagai motivasi bekerja. Pengertian semangat kerja menurut para ahli, semangat kerja adalah suatu kondisi yang dimiliki individu atau kelompok untuk meraih tujuan penting yang mereka harapkan. Menurut Nitisemito, salah satu indikasi yang menunjukkan bahwa kita tidak memiliki semangat kerja yang tinggi adalah rendahnya tingkat produktivitas yang ada pada diri kita. 
 
Mengapa semangat kerja penting? Semangat kerja menjadi hal yang sangat penting karena tanpa semangat atau moral kerja yang tinggi, seseorang tidak akan memiliki produktivitas yang tinggi untuk bisa mencapai tujuan yang mereka harapkan. Jika semangat kerja adalah sesuatu hal yang sangat penting, lantas bagaimana meningkatkan semangat kerja? 
 
Menurut website team gantt dot com, ada 5 pertanyaan utama yang dapat mendorong semangat kerja para karyawan setiap bulannya, yaitu sebagai berikut. 
 

1. “Apa Tantangan Terbesar bagi Anda saat ini?”

Apa itu tantangan? Tantangan adalah segala sesuatu yang dapat mendorong kita untuk menjadi lebih baik lagi, karena tantangan akan mendorong kita untuk berusaha semaksimal mungkin. Pertanyaan ini sangat penting untuk diajukan kepada karyawan. Tujuannya agar karyawan dapat menjelaskan secara jujur tentang hal-hal apa saja yang telah menghambat kinerja mereka dalam bekerja. 
 
Pertanyaan ini menjadi sangat efektif karena seorang pemimpin harus tau pada titik apa anggota timnya sedang berjuang. Mungkin kita tidak tahu bahwa laptop karyawan sering mengalami gangguan, koneksi internet yang terlalu lambat atau tantangan-tantangan lainnya yang tidak akan pernah kita ketahui, tanpa mengajukan pertanyaan tersebut. 
 
Pertanyaan ini akan membuka diskusi terbuka yang sangat baik bagi pemimpin dan karyawannya. Melalui pertanyaan ini, baik karyawan maupun pemimpin akan bersama-sama berusaha mencari jawaban atau solusi dari tantangan yang ada. Dengan mengajukan pertanyaan ini, secara tidak langsung kita sedang berusaha untuk meningkatkan kinerja karyawan, menghilangkan hambatan dan meningkatkan produktivitas kerja karyawan
 

2. “Apa Prestasi Terbesar Anda pada Bulan Ini?”

Pertanyaan kedua yang dapat kita ajukan untuk mendorong semangat kerja adalah menanyakan prestasi terbesar yang sangat membanggakan yang telah karyawan lakukan pada bulan tersebut. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa kita ajukan: 
- Apa saja tindakan-tindakan yang telah Anda kerjakan baru-baru ini?
- Apakah ada pekerjaan membanggakan yang telah Anda lakukan? 
- Apa saja highlights dari karya-karya terbaru Anda? 
- Apakah Anda memiliki kisah sukses yang menginspirasi akhir-akhir ini? 
 
Pertanyaan ini menjadi sangat efektif karena karyawan akan terdorong untuk memberikan pencapaian yang lebih. Mengapa? Karena pertanyaan ini menunjukkan bahwa pemimpin merasa sangat peduli dengan segala prestasi yang dimiliki oleh karyawannya. 
 

3. “Apa Saja Hal-Hal yang Harus Anda Lakukan secara Berbeda?”

Setiap anggota tim atau karyawan pastinya memiliki perspektif yang berbeda-beda terkait kinerja yang telah mereka berikan. Melalui pertanyaan ini, pemimpin dan karyawan bersama-sama mencari tahu hal-hal apa saja yang bisa dilakukan secara berbeda. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas perusahaan di masa depan. 
 
Setiap karyawan pasti memiliki pendapat dan aspirasi. Dengan mengajukan pertanyaan ini kepada karyawan, mereka akan semakin bersemangat untuk memikirkan kemajuan dan inovasi penting untuk perusahaan. Sehingga, karyawan dapat memberikan kontribusi terbaiknya pada perusahaan. 
 
Pertanyaan ini menjadi sangat efektif karena pemimpin dan perusahaan seperti melibatkan semua karyawan dalam kemajuan perusahaan. Para karyawan akan merasa bahwa pemimpin mereka benar-benar menghargai keberagaman ide dan aspirasi yang dimiliki oleh para karyawan, sehingga mereka rela untuk mendengarkan setiap ide yang diberikan. Pertanyaan ini memunculkan kesan bahwa tidak ada yang lebih spesial dan tidak ada yang biasa-biasa saja. 
 

4. “Apakah ada Sumber Daya yang dapat Membantu Anda saat ini?”

Kata “sumber daya” yang disertakan pada pertanyaan ini akan membuka peluang yang besar dalam berbagai hal. Jawabannya pun bisa beragam, misalnya asisten pribadi, jam kerja yang fleksibel, koneksi internet yang semakin cepat, laptop dengan keadaan yang lebih baik, waktu rapat kerja yang semakin efektif, cuti panjang dan lain sebagainya. 
 
Pertanyaan ini sangat efektif untuk mendorong rasa semangat kerja pada karyawan, karena pertanyaan ini akan membuat para karyawan bahwa pemimpinnya sangat peduli dengan kebutuhan dirinya. Pemimpin bukan hanya memerlukan tenaga, energi dan ide-ide cemerlang dari para karyawannya, namun pemimpin juga ingin melihat karyawannya bahagia dan nyaman dengan pekerjaannya saat ini. Siapa coba yang tidak semakin semangat bekerja, jika perusahaannya sangat memerhatikan karyawannya seperti ini? 
 

5. “Adakah yang Bisa Saya Bantu?”

Pertanyaan terakhir yang sangat ampuh untuk mendorong rasa semangat kerja karyawan adalah “adakah yang bisa saya bantu?” Pertanyaan ini menunjukkan rasa sisi kemanusiaan yang dimiliki oleh para pemimpin, sekaligus ungkapan pertanyaan untuk menunjukkan bahwa “Saya ada disini untuk membantu dan mendukung para subordinat saya”. 
 
Pertanyaan ini lebih dari sekedar kebutuhan profesional, namun pertanyaan ini juga akan membuat karyawan semakin merasa diperhatikan dan mereka akan merasa semakin terlibat dengan perusahaan. Dengan begitu, mereka akan memberikan moral atau semangat kerja yang lebih dalam mengerjakan segala tugas kerja yang ada. 
 
Setelah membaca artikel di atas, kami berharap bahwa semua rekan-rekan Career Advice dapat mendorong semangat kerja karyawan untuk meningkatkan kualitas kerja mereka. Kualitas kerja yang tinggi bukan hanya bermanfaat untuk perusahaan, namun juga baik untuk masa depan karier setiap karyawan. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse