STUDILMU Career Advice - 5 Strategi Manajemen Konflik

5 Strategi Manajemen Konflik


by STUDiLMU Editor
Posted on Apr 09, 2019

 
Ada sebuah perkataan yang mengatakan bahwa baik atau buruknya sebuah konflik tergantung pada cara kita mengelolanya. Pemimpin yang efektif akan mengidentifikasi, memahami dan mengembangkan resolusi cepat dan cerdas dalam menghadapi konflik di tempat kerja, yang kebanyakan membutuhkan konfrontasi. Tetapi banyak yang menghindari konfrontasi, orang memilih untuk menghindari percakapan yang sulit dengan pengalihan topik. Tetapi, melarikan diri dari konflik tidak akan menyelesaikan apa pun. Ini hanya membuat konflik semakin memburuk.
 
Menghindari konfrontasi akan menyebabkan gangguan komunikasi dan hubungan yang rusak. Ini juga dapat mengurangi produktivitas dan moral yang dimiliki organisasi. Apakah rekan pembaca seringkali menghindari diri dari konfrontasi atau percakapan yang sulit? Cobalah untuk menjawab pertanyaan di bawah ini:
- Dari skala 1-5, seberapa nyamankah Anda berada dalam percakapan yang sulit?
- Metode apa yang Anda gunakan saat Anda memiliki konflik dengan rekan kerja? Apakah Anda menggunakan email, telepon atau menghadapinya melalui tatap muka langsung?
- Apakah sulit bagi Anda untuk mengelola emosi secara efektif ketika harus berbicara tentang situasi yang menantang atau menimbulkan ketakutan?
- Bagaimana Anda menciptakan dialog terbuka dengan tim sekalipun berada dalam keadaan yang sulit?
- Bagaimana Anda dapat mengendalikan diri dan tetap tenang saat melakukan konfrontasi?
- Seberapa nyaman Anda memberikan umpan balik negatif?
 
Dan berikut adalah 5 strategi manajemen konflik yang dapat dapat menjadi panduan Anda untuk membangun budaya tempat kerja yang sehat dalam menghadapi konflik dan menghadapi konfrontasi pada waktu yang tepat dengan penuh keberanian dan kepercayaan diri:

1. Identifikasi peluang.

Strategi manajemen konflik yang pertama adalah mengidentifikasi peluang. Dengan memiliki pandangan yang positif akan konfrontasi, Anda akan mampu melihat sebuah konflik sebagai peluang bagi kedua belah pihak untuk bertumbuh, belajar dan berkembang. Jika Anda menghindari konflik tersebut, topik dan hal-hal detail yang mendasari konflik merupakan hal-hal yang jarang Anda miliki. Tetapi ketika Anda mengalaminya, diskusikan, dan jadikanlah peluang tersebut sebagai kesempatan untuk Anda bertumbuh dan melakukan inovasi.
 

2. Bangun budaya memberikan dan menerima umpan balik.

Strategi manajemen konflik yang kedua adalah membangun budaya memberikan dan menerima umpan balik. Mintalah tim Anda untuk memberikan umpan balik yang sehat dan berkala. Ini akan membantu Anda untuk menunjukkan keberanian dan transparansi. Biarkan kebenaran yang tidak menyenangkan mengalir keluar secara bertahap dan menumbuhkan rasa persahabatan juga pemahaman di dalam organisasi, sehingga nantinya akan mengurangi risiko konflik di masa depan.
 
Terlebih lagi, menciptakan dialog yang jujur membuat anggota tim tahu bahwa pendapat mereka dihargai. Ini akan meningkatkan keterlibatan mereka. Sehingga, ketika konfrontasi muncul, mereka akan merasa jauh lebih terbuka dalam menerima umpan balik dan mengapresiasi umpan balik yang diberikan. 

3. Bersikap proaktif tetapi jangan langsung menyimpulkan.

Strategi manajemen konflik yang ketiga adalah bersikap proaktif, tetapi jangan langsung menyimpulkan. Hindari perilaku yang menimbulkan masalah dengan menindaki konflik secara cepat, tetapi jangan langsung mengambil kesimpulan sebelum Anda benar-benar memahami situasi. Asumsikan niat positif untuk segera mengaktifkan semangat yang dapat meredakan situasi.
 
Cara lain untuk menjadi proaktif adalah mengukur kata-kata Anda untuk menghindari menjadi sumber konflik. Pastikan bahwa kata-kata yang Anda berikan tidak akan menimbulkan konflik baru. Sebaliknya, biarkan kata-kata Anda seperti air yang memadamkan api konflik yang berkobar.
 

4. Jangan menggunakan email untuk menyelesaikan konflik.

Strategi manajemen konflik yang keempat adalah jangan menggunakan email untuk menyelesaikan konflik. Sudah saatnya Anda menyamankan diri dengan pembicaraan langsung yang tidak nyaman. Biarkan ketakutan Anda menjadi kompas Anda. Semakin banyak emosi yang Anda rasakan, semakin banyak situasi yang akan dapat Anda atasi.  
 
Jika Anda tidak melakukannya, maka Anda tunduk kepada ketakutan Anda. Manajemen konflik yang efektif membutuhkan kesadaran nyata akan fakta dan perhatian Anda. 

5. Terlibat secara produktif melalui cerita. 

Strategi manajemen konflik yang kelima adalah terlibat secara produktif melalui cerita. Sebelum melakukan konfrontasi apa pun, pertimbangkan bahwa orang lain mungkin benar sejak awal dan pertanyakan pendapat Anda sendiri. Ketika Anda benar-benar menyampaikan kekhawatiran Anda, mulailah dengan bercerita daripada harus memberikan rangkuman tanpa solusi. Kita menjalani kehidupan dengan banyak cerita yang menarik dan menghibur. Buatlah cerita Anda dan biarkan orang lain memberikan tanggapan mereka dan dengarkan mereka dengan sungguh-sungguh.
 
Cobalah untuk menggunakan humor dalam melakukan konfrontasi agar dapat mengurangi beban konfrontasi itu sendiri sehingga segala sesuatu dapat disampaikan dan diterima dengan baik. Setiap hubungan memiliki sentuhan khusus, cerita dan humor dapat menjadi cara yang lebih efektif dalam mengelola konflik daripada email.
 
Itulah 5 strategi manajemen konflik yang dapat menjadi panduan bagi rekan pembaca Career Advice. Konflik adalah sesuatu yang tak terhindari. Namun, solusi yang tepat adalah menghadapinya, bukan melarikan diri. Jika Anda bertanggung jawab penuh dan berkomitmen dalam kelima strategi manajemen konflik ini, Anda pasti akan mampu menghasilkan konfrontasi yang produktif. Keraguan diri dan perasaan tidak nyaman yang Anda miliki akan berubah menjadi keteguhan hati, keberanian serta pemahaman akan perubahan yang sehat. Dan inilah yang akan dapat memajukan Anda secara pribadi maupun profesional.
 
Jadi, apakah rekan pembaca ingin terus mengalami kemajuan? Mari kita sama-sama menerapkan 5 strategi manajemen konflik ini ketika kita menghadapi konflik dalam kehidupan, khususnya perjalanan karier kita. Hadapi dengan tenang dan jangan melarikan diri. Semoga berhasil. Salam sukses.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse