STUDILMU Career Advice - 5 Tips Sederhana Agar Bisa Sukses

5 Tips Sederhana Agar Bisa Sukses


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 29, 2019

 
Halo pembaca Career Advice, bagaimana kemajuan karier Anda hari ini? Saya percaya bahwa kita semua memiliki tujuan karier besar. Anda mungkin merasa langkah-langkah untuk sampai kesana menakutkan, dan bahkan tidak mungkin.  
 
Tenang, ada kabar baik untuk kita semua. Kabar baiknya adalah ada banyak hal yang benar-benar dapat dikelola yang dapat Anda lakukan untuk karier Anda. Lagi pula, mencapai tujuan besar adalah serangkaian dari langkah yang jauh lebih kecil.
 
Inilah 5 tips sederhana yang dapat Anda lakukan agar bisa sukses.
 

1. Ambil Kopi

Anda mungkin menghabiskan secangkir kopi (bahkan lebih) dalam sehari. Kopi dapat meningkatkan suasana hati. Tetapi tahukah Anda bahwa menghabiskan kopi dan duduk bersama teman, mantan kolega, atau seseorang yang baru di jaringan Anda juga merupakan strategi peningkatan karier yang cepat dan sederhana? Ini dapat menjadi stimulasi.
 
Contoh saya sendiri: Beberapa tahun yang lalu, saya merasa terjebak dalam pekerjaan dan berharap untuk peran yang lebih kreatif. Saya mendekati seorang teman keluarga yang memiliki pekerjaan keren di bidang pemasaran dan teman-teman di industri yang menarik minat saya, saya mengirimi pesan Facebook yang menjelaskan situasi saya dan menanyakan apakah dia mengenal seseorang yang mencari orang seperti saya. Dia menghubungi saya dengan temannya yang memiliki startup penerbitan konten, dan kami duduk untuk minum kopi. Beberapa minggu kemudian? Saya dipekerjakan sebagai manajer kontennya.
 
 OK, ini tentu saja merupakan skenario kasus terbaik, tetapi jika Anda tidak memiliki tujuan yang jelas, rapat-rapat ini bisa sangat berharga. Memiliki interaksi membuka peluang untuk percakapan yang menarik dan produktif, saran yang tulus, dan koneksi yang lebih dalam. Anda juga membuat memori dengan seseorang, yang membuat hubungan Anda lebih signifikan dan merupakan sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk keuntungan Anda ketika mencari pekerjaan baru. Membiasakan diri untuk  bertemu dengan orang-orang di jaringan Anda adalah langkah kecil, tetapi ini penting, karena pada akhirnya ini dapat menyebabkan perubahan besar bagi karier Anda.
 

2. Dapatkan Sertifikasi

Pendidikan tinggi adalah langkah umum untuk memajukan karier Anda, tetapi menuju ke sekolah pascasarjana bisa menjadi lompatan besar, baik secara emosional maupun finansial. Pertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi untuk keterampilan atau spesialisasi khusus di bidang Anda, yang memungkinkan Anda untuk menambah keahlian (atau menambah legitimasi ke latar belakang yang sudah Anda miliki) saat masih bekerja, dan pada akhirnya memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan nilai Anda sebagai karyawan.
 
Jelajahi program sertifikasi di industri Anda. Ini dapat berkisar dari keuangan hingga SDM, pemasaran hingga manajemen proyek, dan banyak bidang di antaranya. Jika Anda berpikir  mungkin memerlukan keterampilan yang benar-benar baru untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan, lihatlah kelas yang menawarkan sertifikasi, dan kemudian pelajari cara menuliskan ini di surat lamaran Anda. Ketika Anda mendorong diri sendiri untuk belajar, ini akan membantu Anda terus tumbuh dalam jangka panjang.
 

3. Kerjakan Proyek Baru

Cobalah untuk memulai proyek sampingan atau menjadi sukarelawan, mengambil sesuatu yang ekstra di luar tanggung jawab Anda saat ini. Ini dapat membantu Anda meregangkan diri sambil menyiapkan diri untuk semua jenis manfaat potensial, baik sekarang dan di masa depan. Misalnya, menjadi sukarelawan untuk memperjuangkan tugas atau tim di tempat kerja akan memungkinkan Anda untuk berlatih memiliki dan melaksanakan proyek. Anda akan dikenang sebagai seseorang yang merangkul tantangan dan peluang baru, ambisius, dan menyelesaikan pekerjaan. Belum lagi Anda dapat merujuk kerja keras Anda nanti ketika menegosiasikan promosi atau kenaikan gaji.
 
Lalu bagaimana dengan memulai proyek sampingan? Itu memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi kemampuan dan minat yang tidak sesuai dengan pekerjaan Anda saat ini. Usaha kecil ini juga merupakan pembangun portofolio yang sangat baik, berfungsi sebagai pembeda dalam pencarian pekerjaan, dan dapat menjadi dorongan yang Anda butuhkan untuk mencetak peran yang lebih memuaskan di perusahaan Anda atau pekerjaan yang sama sekali baru.
 
Tentu saja, ada hal penting di sini: Anda seharusnya hanya mengambil pekerjaan tambahan jika Anda benar-benar merasa memiliki waktu untuk melakukannya dengan benar. Jika tidak, ini justru akan merusak reputasi Anda! 

4. Minta Kenaikan Gaji

Tentu saja, ini bukan berarti bahwa kami menyarankan Anda berjalan ke ruangan bos Anda dan meminta upah Anda digandakan. Tetapi, jika Anda belum pernah bercakap-cakap tentang pembayaran, sekarang mungkin saat yang tepat. Kenaikan kecil dapat menambah semangat Anda. Memiliki percakapan gaji juga bisa menjadi motivator utama dan membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda. Ketika Anda merasa pantas mendapatkannya, Anda kemungkinan akan dipercayakan untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik.

5. Lakukan Hal yang Membuatmu Sedikit Takut

Tidak semua orang merupakan orang yang berani mengambil risiko, terutama ketika bekerja. Untuk bergerak maju dalam karier,  Anda harus melibatkan pengambilan risiko, baik besar maupun kecil. Itulah saran terakhir dari kami. Pastikan bahwa Anda secara teratur melakukan hal-hal yang membuat jantung Anda berdetak sedikit lebih cepat. Mungkin meminta kopi dari orang asing, atau mendapatkan sertifikasi untuk memverifikasi seberapa hebatnya Anda. Atau mungkin itu sesuatu yang sama sekali berbeda bagi Anda seperti,  berbicara dalam rapat, meminta bantuan pada proyek peregangan yang Anda jalani, menawarkan untuk memberikan presentasi di konferensi industri.
 
Lakukan saja hal-hal sederhana yang merupakan ketakutan Anda. dengan perlahan, Anda akan berhasil menaklukkan rasa takut tersebut, dan nantinya Anda terbiasa menantang diri Anda untuk menaklukkan yang lebih dari sebelumnya. Semakin Anda sering menaklukkan ketakutan Anda, maka semakin besar keberanian yang Anda miliki. 
 
Jika Anda ingin tumbuh secara profesional, Anda perlu mengambil langkah-langkah untuk sampai di sana. Itu bukanlah hal mudah. Anda membutuhkan keberanian. Mungkin Anda akan melihat betapa kacaunya situasi ketika Anda sedang dalam masa beradaptasi. Eits, tunggu dulu, jangan langsung menyerah. Setiap perubahan kecil dan bertahap yang dimulai dari sekarang, akan membantu Anda tumbuh menjadi profesional di kemudian hari.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse