STUDILMU Career Advice - 5 Tips Sukses Berjejaring bagi Pemula

5 Tips Sukses Berjejaring bagi Pemula


by STUDiLMU Editor
Posted on Jun 30, 2019

Berjejaring merupakan hal penting yang dapat meningkatkan karier. Kita mengetahui bahwa berjejaring merupakan kesempatan untuk bertemu dan saling berbagi pengalaman dengan orang lain yang lebih berpengalaman. Berjejaring juga dapat menjadi sebuah kesempatan yang menjengkelkan dan membosankan jika kita tidak mempersiapkan diri dengan baik. Kita mungkin akan bertanya-tanya bagaimana dapat memberikan kesan yang baik dan merasa nyaman untuk berada di tengah orang-orang yang belum dikenal. Kita mungkin juga bertanya-tanya apa yang harus diucapkan dan bagaimana kita harus menyampaikannya.
 
Ya, itulah lika-liku yang ditemukan saat hendak berjejaring, khususnya jika kita adalah pemula. Tentu saja, berjejaring bukanlah sebuah hal yang mudah bagi para pemula. Ada perasaan malu, takut, sungkan dan panik yang bercampur aduk menjadi satu, tetapi rekan pembaca tidak perlu merasa khawatir. Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 tips sukses berjejaring bagi pemula agar kita dapat memberikan kesan baik dan mendapatkan keuntungan dari acara yang dihadiri. 
 

1. Jangan langsung mengharapkan hasil.

Saat menghadiri sebuah acara, kita harus memiliki pola pikir yang benar. Banyak orang yang tidak suka berjejaring karena mereka berpikir bahwa berjejaring hanya sebuah permainan sandiwara dengan tujuan mendapatkan peluang bisnis atau pekerjaan baru. Pada kenyataannya, berjejaring bukanlah sebuah permainan sandiwara, tetapi sebuah permainan yang membutuhkan jangka panjang. Pastikan bahwa kita tidak mengharapkan hasil yang instan setelah menghadiri sebuah acara. Mungkin, saat berjejaring kita mendapatkan tawaran pekerjaan atau peluang bisnis, itu hal yang wajar. Hanya saja kita tidak akan mungkin langsung mendapatkannya sepulang acara tersebut. 
 
Berjejaring adalah tentang membangun hubungan jangka panjang, mungkin lima atau sepuluh tahun ke depan. Jadi, ubahlah pola pikir yang kita miliki. Daripada harus memikirkan tentang hasil yang instan, ada baiknya kita berpikir bahwa berjejaring akan mempertemukan dengan orang-orang yang menarik lalu mendapatkan banyak pelajaran dari mereka dan bahkan mendapatkan teman-teman baru. 

2. Membawa banyak kartu nama.

Kartu nama merupakan perlengkapan yang wajib dibawa saat menghadiri sebuah acara. Saat ini, mungkin banyak orang yang hampir melupakan hal konvensional ini. Ya, kemajuan teknologi membuat kita lebih suka terhubung melalui Linkedin, Whatsapp, email bahkan aplikasi tertentu. Percayalah, metode konvensional ini merupakan hal yang menguntungkan. Saling bertukar kartu nama adalah hal yang sangat normal untuk dilakukan dalam acara berjejaring. Ini akan terasa janggal jika orang lain memberikan kartu nama dan meminta kartu nama kita, tetapi mereka tidak mendapatkannya karena kartu nama tersebut tertinggal di rumah. Jadi, jangan sampai lupa membawa kartu nama, ya rekan pembaca.
 

3. Menemukan kesamaan.

Tips sukses menghadiri acara berjejaring berikutnya adalah menemukan kesamaan. Setelah melakukan pembicaraan seputar pekerjaan, kita mungkin akan merasa bingung untuk memilih topik pembicaraan selanjutnya. Nah, cobalah untuk menemukan pembicaraan yang mungkin memiliki unsur kesamaan di dalamnya, misalnya setelah mengetahui bahwa orang tersebut bekerja di perusahaan A, tanyakan apakah ia mengenali teman kita yang juga bekerja disana. Dengan begitu, pembicaraan akan tetap mengalir. Selain itu, tidak ada salahnya untuk membahas tentang almamater, olahraga dan informasi lainnya. Mungkin kita berasal dari perguruan tinggi yang sama, memiliki hobi yang sama, tinggal berdekatan atau bahkan lawan bicara tersebut merupakan tetangga dari sepupu kita.
 
Berjejaring adalah tentang membangun hubungan. Seberapapun ringannya hal yang dibahas, itu bukanlah sebuah masalah. Yang terpenting, kita dapat mengarahkan pembicaraan kepada topik yang menarik bagi kedua belah pihak dan akan menjadi peluang besar untuk kelanjutan hubungan di masa depan, misalnya katakanlah bahwa kita dan lawan bicara sama-sama menyukai olahraga sepakbola. Ini memungkinkan kita untuk melakukan olahraga bersama atau bahkan menonton pertandingan sepak bola bersama. Bukankah ini sebuah hal baik yang menguntungkan? Dengan begitu, kita tetap dapat menjalin hubungan baik dan memiliki kemungkinan untuk bekerjasama dalam bisnis di waktu mendatang.
 

4. Mendapatkan data orang lain.

Selanjutnya, tips sukses berjejaring bagi pemula adalah mendapatkan informasi orang lain. Itulah sebabnya, kita harus membawa kartu nama dalam setiap acara berjejaring yang dihadiri. Tidak ada salahnya untuk membuat pengingat agar kita tidak meninggalkan kartu nama tersebut. Setelah mendapatkan kartu nama orang lain, kita dapat menyimpan nomor telepon, alamat email dan informasi lainnya dalam database karena kartu nama mudah hilang dan tercecer. Database juga memudahkan kita untuk mencari informasi seseorang kapanpun dibutuhkan. Tuliskan informasi yang lengkap sehingga akan memudahkan kita nantinya. 
 
Katakanlah kita akan terhubung dengan perusahaan XYZ dalam sebuah proyek. Kita membutuhkan beberapa informasi penting tentang perusahaan tersebut. Kita mungkin dapat mengingat bahwa pernah bertemu dengan seseorang dari perusahaan XYZ, tetapi tidak dapat mengingat jelas namanya. Nah, disinilah kita dapat memeriksa kembali database yang dimiliki. 

5. Menindaklanjuti pada waktu yang tepat. 

Orang lain tidak akan benar-benar mengingat kita, kecuali kita melakukan hal yang tak terlupakan, misalnya menumpahkan minuman di bajunya. Itulah sebabnya perlu sebuah tindak lanjut beberapa hari setelah acara berakhir. 
 
Kita dapat mengirimkan pesan melalui email atau bahkan menghubungi mereka melalui Linkedin. Biarkan orang tersebut mengetahui bahwa kita pernah berjumpa dalam sebuah acara. Jika kit berjanji bahwa akan menghubunginya, ini merupakan kesempatan yang baik untuk memulai percakapan. Dengan begitu, mereka akan lebih mengingat kita.
 
Usaha yang sederhana ini merupakan langkah awal untuk membangun hubungan dalam jangka panjang. Pastikan bahwa kita tetap terkoneksi dan melakukan obrolan secara berkala agar dapat membangun hubungan baik dalam jangka panjang.
 
Itulah 5 tips sukses berjejaring bagi pemula. Berjejaring merupakan hal yang mungkin menakutkan bagi beberapa orang, terutama jika kita baru saja memulai perjalanan karier. Dengan mengikuti 5 tips ini, kita dapat membangun hubungan profesional dengan cara yang tepat dan membangun hubungan baik dalam jangka panjang.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse