STUDILMU Career Advice - 6 Cara Membuat Pertemuan Penilaian Kerja Menjadi Lebih Mudah

6 Cara Membuat Pertemuan Penilaian Kerja Menjadi Lebih Mudah


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 13, 2018

 
Sekalipun Anda seorang karyawan terbaik, penilaian kinerja dapat menjadi proses yang sangat menguras tenaga. Anda dapat menjadi panik tentang waktu yang Anda miliki setelah pukul 09:00 atau saat mengisi formulir penilaian diri sendiri, Anda memeriksa semua yang telah Anda lakukan dalam satu tahun terakhir dan kemudian menandainya dengan sasaran untuk yang berikutnya, semuanya akan menjadi sedikit berlebihan.
 
Tetapi ternyata, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sepanjang tahun untuk membuat semua ini tidak terlalu membuat Anda stres. Mulai hari ini, tambahkan kiat sederhana ini ke rutinitas harian Anda, dan Anda akan benar-benar siap untuk sebuah pertemuan yang fantastis.
 

1. Tinjau ulang tanggung jawab pekerjaan Anda

Lihat deskripsi pekerjaan Anda dan buat lembar laporan dari semua tanggung jawab Anda saat ini. Sisihkan waktu seminggu sekali (atau bulan) untuk diisi setiap kali Anda melakukan hal yang menjadi tanggung jawab Anda maupun diluar tanggung jawab Anda. Jangan pilih-pilih. Misalnya, jika Anda keluar dari tempat duduk Anda untuk bertemu dengan salah seorang rekan kerja Anda karena ada kepentingan tambahan untuk proyek tertentu, tuliskanlah hal ini dalam daftar pekerjaan Anda. 

2. Berikan perhatian ekstra

Tentu saja, sama pentingnya untuk melacak pencapaian yang tidak termasuk dalam deskripsi pekerjaan Anda. Apakah Anda menambahkan kolom tambahan di lembar laporan atau membuat daftar terpisah, tuliskan hal-hal ekstra yang Anda lakukan yang membuat kantor berjalan lebih lancar. Apakah Anda membantu HRD dalam pencarian kandidat baru? Apakah Anda menggunakan uang pribadi Anda pada hari sukarelawan departemen Anda? Kontribusi ini pasti berdampak pada kantor, tetapi mungkin mudah bagi nda untuk melupakannya, terutama jika itu merupakan hal yang kedua bagi Anda. Catatlah secara terpisah dan berhati-hatilah  saat meletakkannya catatan tersebut di kalender Anda.

3. Buatlah folder khusus

Salah satu cara yang sangat sederhana untuk meninjau ulang hal-hal yang telah Anda lakukan dengan baik adalah dengan membuat folder di kotak masuk Anda. Setiap kali Anda mendapatkan catatan yang memujimu pada pekerjaan yang dilakukan dengan baik atau email terima kasih dari klien yang berterima kasih, masukkan ke dalam folder itu. Ketika waktu peninjauan pekerjaan tiba, Anda akan mudah untuk menyisir setiap penghargaan yang Anda dapatkan dan Anda juga mudah untuk menemukan yang terbaik.

4. Tetapkan tujuan untuk tahun depan

Peninjauan komponen kinerja lainnya akan datang dengan sasaran kinerja Anda untuk tahun depan. Selain memastikan tujuan Anda adalah spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu, Anda dapat memprioritaskan dengan memastikan untuk langkah berikut. Anda tahu proyek-proyek yang ingin Anda atasi, tetapi tidak pernah punya waktu untuk mencari tahu daftar klien? Ini mungkin merupakan proses yang sangat menjengkelkan. Jika Anda mengambil waktu ekstra untuk menuliskannya di dalam daftar, setiap kali Anda berhadapan dengan klien Anda, Anda akan memiliki daftar tujuan yang berguna untuk dipilih ketika saatnya tiba bagi Anda untuk memikirkan tujuan Anda di tahun depan.

5. Lihatlah ke masa depan

Berpikir ke depan untuk peran atau tanggung jawab masa depan yang Anda minati. Cobalah strategi manajemen untuk memeriksa pekerjaan lain sepanjang tahun (bahkan jika Anda menyukai yang Anda miliki) hanya untuk melihat hal lain di luar sana yang mungkin menarik bagi Anda dan keahlian yang dibutuhkan.
 
Setelah Anda merasakan posisi yang menarik minat Anda dan kualifikasi yang ingin Anda tingkatkan, Anda dapat mulai menetapkan sasaran untuk tahun depan. Misalnya, jika sebagian besar posisi yang Anda minati membutuhkan pengalaman manajemen, salah satu tujuan Anda mungkin adalah mengikuti seminar-seminar atau pelatihan manajemen yang bisa meningkatkan kemampuan Anda di bidang manajamen.
 

6. Taklukkanlah hal yang tidak Anda kuasai

Untuk mendorong karir Anda kepada sebuah keberhasilan di masa depan, Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada yang menghalangi snda. Menemukan area yang menantang Anda tahun ini (mungkin dalam hal itu lembar laporan Anda akan dibuat dengan tanggung jawab pekerjaan) dapat membantu Anda menetapkan sasaran yang dapat mengatasi kelemahan atau kesenjangan profesional dalam pengetahuan Anda. Sebelum kekurangan-kekurangan tersebut menjadi masalah ketika Anda sedang dievaluasi untuk sebuah promosi.
 
Tujuan-tujuan ini dapat lebih berorientasi pada pengembangan professional, seperti mempelajari teknologi baru atau mendapatkan pengalaman berbicara di depan umum atau berfokus pada kemampuan interpersonal, seperti menjadi lebih baik dalam berdelegasi. Pastikan untuk menghubungkan perkembangan Anda sendiri dengan perkembangan karir Anda di kantor Anda. Taklukkanlah hal-hal yang belum Anda kuasai yang akan memberikan keuntungan bagi karir Anda selanjutnya.
 
Berbekal daftar pencapaian dan strategi untuk menciptakan sasaran baru untuk tahun mendatang, Anda akan benar-benar siap untuk sebuah pertemuan penilaian kinerja. Semoga berhasil!
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse