STUDILMU Career Advice - 6 Cara Mengatasi Ketakutan yang Sangat Berlebihan

6 Cara Mengatasi Ketakutan yang Sangat Berlebihan


by STUDiLMU Editor
Posted on Mar 29, 2019

Definisi Ketakutan yang Sangat Berlebihan

Sebelum memahami makna ketakutan yang sangat berlebihan, kita perlu memahami makna “rasa takut”. Rasa takut adalah suatu perasaan yang tercipta dari perasaan adanya ancaman, musibah atau bencana. Sehingga, perasaan hati dan pikiran menjadi kalang-kabut dan menimbulkan perasaan takut. Di sisi lain, ketakutan adalah state anxiety yang mana suatu keadaan atau kondisi emosional yang dimiliki individu sedang merasa tegang dan khawatir. 
 
Ketakutan ini bisa terjadi pada situasi-situasi tertentu, misalnya ketika ingin presentasi di depan klien atau ketika harus berbicara di depan publik. Ketakutan juga bisa terjadi ketika takut pada hewan melata, takut mendengarkan suara yang aneh, takut ketinggian, takut meminta bantuan, dan segala bentuk ketakutan lainnya. Beberapa ketakutan terdengar logis atau rasional. Namun, beberapa ketakutan lainnya terdengar irasional atau bahkan sangat berlebihan. Pernahkah rekan-rekan Career Advice merasakan ketakutan yang berlebih, sampai ketakutan yang kita rasakan membuat orang-orang di sekitar kita menganggap bahwa kita “lebay”. Ketakutan yang sangat berlebihan adalah rasa takut yang terjadi secara berlebihan dan seringkali terjadi atas alasan yang tidak valid.  
 
Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang “bagaimana ketakutan secara berlebihan dapat memberikan dampak yang buruk pada kesuksesan kita, dan bagaimana cara mengatasinya?”. Ketakutan yang sangat berlebihan dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental kita, merusak interaksi kita dengan sesama, bahkan menyusahkan diri kita sendiri. 
 

Bagaimana Ketakutan yang Berlebih dapat Memengaruhi Hidup?

Saat kita merasakan ketakutan yang berlebihan, kita cenderung tidak menyukai suatu hal, bahkan melihatnya saja tidak berani. Kita takut melihatnya, menyentuhnya dan juga merasakannya. Kondisi seperti ini membuat diri kita dan orang-orang di sekitar kita menjadi serba salah. Tidak hanya itu, perasaan tersebut membuat kita merasa tidak mampu, lemah dan bodoh karena kita tidak dapat melakukan hal-hal yang tampaknya semua orang bisa lakukan. Ini benar-benar hal yang sangat tidak menguntungkan, bukan?
 
Ketakutan yang berlebihan ini juga bisa menyebabkan stres, dan stres dapat membawa kita ke dalam keputusan yang salah. Kita menjadi labil dan seperti tidak memiliki keseimbangan diri. 
 
Ketika pikiran kita dibebani dengan pikiran-pikiran negatif tentang ketidakmampuan, situasi ini dapat menimbulkan tekanan yang lebih banyak, dan bisa merusak kepercayaan diri kita. Padahal rasa kepercayaan diri dapat menjadi penentu yang kuat atas keberhasilan. Seperti yang didapatkan oleh kebanyakan orang di semua bidang kehidupan mereka.
 

Mengapa Kita Harus Melawan Rasa Takut?

Rasa takut akan hilang secara perlahan-lahan, saat kita berusaha untuk menjadi teman bagi ketakutan itu sendiri. Semakin kita menjauhi ketakutan, semakin perasaan ini akan datang menghampiri kita. Rasa takut tidak akan pergi dengan begitu saja, ini perlu kita kontrol.
 
“Kita adalah pawang ketakutan untuk diri kita sendiri”
Selain itu, semua ketakutan yang kita rasakan dapat sirna, saat kita dapat menghargai manfaat dari memerangi rasa takut itu sendiri. Jadi, apa sajakah manfaat yang akan kita dapatkan dalam melawan ketakutan? 
 

Manfaat Melawan Ketakutan

Pada awalnya, mungkin kita akan sulit mempercayai bahwa perubahan itu mungkin terjadi. Sebagai contoh, saya tidak suka melihat warna kuning. Ada ketakutan yang sangat mendalam saat saya melihat warna kuning. Parahnya lagi, saya bisa teriak sekencang mungkin saat melihat warna kuning. Apabila sekarang saya ingin mengubah ketakutan yang berlebihan terhadap warna kuning, mungkin saya tidak akan pernah percaya bahwa hal itu akan berhasil. 
 
Nah, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memberikan alasan yang besar dan kuat mengapa kita harus melawan rasa takut yang berlebihan tersebut. Mari ambil contoh dari ketakutan yang saya rasakan, saat melihat warna kuning, saya bisa berlari-lari sambil berteriak kencang. Ini benar-benar memalukan jika terjadi di depan umum, bukan? Kalaupun saya bisa menahan lari dan teriak, saya akan menahan mulut saya, dan akhirnya menangis. 
 
Pernah suatu ketika, saya menangis di dalam KRL karena melihat seorang ibu yang memakai kemeja kuning. Lalu, penumpang yang lain berusaha menenangkan saya dan bingung “apa yang sebenarnya terjadi?” kerugian apa saja yang saya dapatkan? 
Rasa malu, pastinya.
 
Rasa sakit, karena bisa saja saat saya berlari saya terjatuh, saat saya berteriak maka pita suara saya akan sakit. 
 
Dan, kerugian lainnya yang mungkin akan terjadi.
Ketika kita menantang rasa takut yang berlebihan dan berusaha untuk menghancurkannya, maka ‘rasa takut’ itu tidak akan memiliki kuasa apapun terhadap kita. Saat kita berhasil melawannya, beberapa peluang baru akan datang kepada kita, seperti:
Merasa lebih bahagia, tenang, menjadi lebih sehat, meraih kepercayaan diri, mendapatkan hobi baru, kesempatan baru, peluang kesuksesan baru, bahkan bisa memiliki finansial yang lebih aman. 
 
Jika manfaat yang kita dapatkan sangat menguntungkan. Lantas, bagaimana cara melawan ketakutan yang berlebih? 
 

Cara Mengatasi Ketakutan yang Berlebihan 

Pertama-tama, kita perlu tahu mengapa ketakutan itu bisa terjadi? Kita benar-benar harus tahu alasan dibalik ketakutan yang kita hadapi, ini bertujuan agar kita dapat memberikan solusi yang tepat dari rasa takut tersebut. 
 
Saat rasa takut pertama kali memasuki diri kita, kita tidak akan mengakui bahwa rasa takut tersebut telah memasuki hidup kita. Pada akhirnya, ketakutan itu terus terjadi, disitulah kita baru menyadari bahwa ada emosi negatif yang terhubung dengan "benda" tersebut. Berikut ini adalah beberapa ‘senjata diri’ yang bisa kita bayangkan dan terapkan untuk mengatasi ketakutan yang berlebih. 

1. Tulis Catatan Singkat tentang “Saya adalah Orang yang Luar Biasa”

Perasaan takut yang berlebihan sering membuat kita merasa terpojok. Kita merasa ‘berbeda’ dengan orang lain dalam hal yang negatif. Dalam hal ini, menulis catatan singkat tentang “Saya adalah Orang yang Luar Biasa” dapat membantu kita mengatasi rasa takut. Catatan yang kita tulis harus terdiri dari, segala pencapaian, keberhasilan dalam mengatasi kesulitan-kesulitan sebelumnya, dan gambaran secara singkat mengapa kita sangat luar biasa dan dapat melawan rasa takut. 
 

2. Tahan Emosi 

Ketakutan yang berlebihan dapat merusak setiap aspek kehidupan kita. Saat kita berhasil melawan dan menahan emosi kita yang meluap-luap saat melihat “benda” yang membuat kita takut, maka secara perlahan-lahan, kita dapat mampu menghilangkan rasa takut secara keseluruhan. Setiap tindakan menahan emosi adalah peluang untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Kita perlu berpikir, melakukan atau merasakan sesuatu yang berbeda, sehingga ketakutan dapat kita kontrol dengan baik.   
 

3. Sadari bahwa Kita Perlu Berubah

Tidak semua orang menyukai perubahan dan tidak semua orang ingin melakukan sebuah perubahan. Ketika kita ingin melakukan, berpikir atau merasakan sesuatu secara berbeda, ini tandanya kita telah mencapai langkah pertama untuk melakukan sebuah perubahan. Saya menanyakan ini pada diri sendiri “Mau sampai kapan saya tetap merasa takut dengan warna kuning? Apakah sampai tua nanti? Bagaimana jika saya sudah tua, saya tidak mampu berteriak lagi?” Disitulah saya yakin bahwa saya harus berubah. 
 

4. Meyakini bahwa Kita Memiliki Kekuatan Kontrol

Satu-satunya orang yang dapat mengendalikan apa yang kita pikirkan dan rasakan adalah diri kita sendiri. Orang-orang di sekitar kita hanya berperan sebagai faktor eksternal yang mendukung atau malah menghasut kita dalam setiap tindakan yang ingin kita ambil. Pengontrolnya? Tentu saja, diri kita sendiri.

5. Latihan Fisik

Salah satu alasan mengapa rasa takut dapat meningkat adalah karena kita telah menerima respons itu. Tubuh kita bereaksi dengan cara tertentu, sekali mengulangi perilaku tersebut, maka itu dapat menjadi kebiasaan yang terbentuk dan diterima. Tantang rasa takut dengan latihan fisik. Sebagai contoh, seorang yang merasa takut untuk berbicara di depan umum, dia perlu mencontoh orang-orang yang dianggap sangat hebat ketika berbicara di depan publik. Bagaimana penampilan mereka? Gerak-gerik apa yang mereka lakukan? Dan cari tahu apa yang bisa kita pelajari dari mereka, lalu praktikkan.
 

6. Cari Dukungan dari Orang-orang Tersayang 

Ketakutan akan semakin terasa menyedihkan saat kita merasakannya sendirian saja. Nah, untuk melawan rasa takut yang berlebihan, kita perlu mendapat dukungan yang kuat dari orang-orang yang kita cintai. Contohnya, kedua orang tua, keluarga, sahabat, kekasih, dan rekan-rekan kerja terdekat. Dengan membagikan perasaan ini, kita tidak akan merasa sendirian lagi dan melawan rasa takut akan terasa lebih ringan. 
 
Rasa ketakutan yang sangat berlebihan dapat memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan cinta, hobi, perjalanan karier, dan kesuksesan kita. Dibutuhkan tingkat kekuatan yang sangat besar untuk mengatakan, "Saya memiliki rasa takut yang sangat berlebihan, dan saya benar-benar ingin menyingkirkannya!" Apabila rekan-rekan Career Advice memiliki rasa takut yang berlebihan, jangan pernah takut untuk melawannya karena kami sangat yakin bahwa Anda bisa melawan semua itu. Terus semangat ya, rekan-rekan Career Advice. 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse