STUDILMU Career Advice - 6 Tips Eksekusi

6 Tips Eksekusi


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 16, 2019

 
Eksekusi berbicara lebih keras daripada kata-kata. Jika kita hanya mampu berkata-kata namun tidak dapat membuktikannya, lama-kelamaan orang lain tidak akan percaya kepada kita. Yap! Karena memang ada kalanya kata-kata tidak cukup untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Kata-kata memang dapat menyusun sebuah perencanaan yang baik, namun untuk mewujudkan rencana tersebut diperlukan eksekusi yang nyata. 
 
Ekspresikan diri melalui tindakan dan eksekusi nyata, bukan dengan kata-kata belaka. Nah, kira-kira apa ya yang membuat orang-orang enggan untuk bertindak dan berusaha dalam mewujudkan apa yang mereka ucapkan? 

Apa yang Dapat Membuat Seseorang Tidak Segera Melakukan Eksekusi dan Memulai Tindakannya?

1. Kurang motivasi

Setelah kehilangan motivasi dalam melakukan tugas tertentu, kita tidak akan memiliki keinginan untuk mengubahnya menjadi tindakan. Itu terjadi pada orang-orang yang terlalu mudah bersemangat tentang satu hal, namun setelah rencana tersebut tidak terlalu berhasil, maka dia akan pergi meninggalkan rencana tersebut. Pada saat rencana selesai, mereka kehilangan motivasi untuk melaksanakan rencana lainnya karena mereka terlalu banyak memiliki perencanaan.
 

2. Tidak percaya diri

Agar menjadi seseorang yang berorientasi pada tindakan, kita perlu percaya pada diri sendiri. Jika orang biasa bisa menaiki tangga menuju kesuksesan, maka kita harus yakin setiap orang dari kita juga bisa. Untuk menaiki tangga, kita harus terlibat aktif dan harus mau mengambil risiko.

3. Terlalu perfeksionis

Tidak ada salahnya menjadi seseorang yang perfeksionis, namun terlalu menuntut segalanya dalam kesempurnaan dapat menyebabkan peluang lain terbuang. Jika kita dapat belajar dari saat-saat terburuk dalam hidup, kita akan siap untuk memasuki masa-masa terbaik di dalam hidup. 

4. Bingung Tentang Tujuan Hidup

Terkadang kita tidak menaruh 100 persen keyakinan atas segala tujuan hidup yang telah dibuat. Hal terburuknya adalah, kita sendiri merasa bingung dengan tujuan hidup yang telah dirancang. Ini adalah hal yang harus dihindari karena jangan sampai tujuan hidup yang kita miliki malah membingungkan diri kita sendiri. 
 

5. Membiasakan diri dengan penundaan

Banyak dari kita memiliki kebiasaan meninggalkan pekerjaan untuk dikerjakan di saat-saat terakhir, dengan alasan "Hmm, tugas tersebut sepertinya tidak akan memakan banyak waktu", tetapi dalam kenyataannya, kita akan panik karena memiliki banyak hal yang harus dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Hasil akhirnya? Tidak memuaskan sama sekali! 
 

Nah, berikut ini adalah 6 tips agar kita dapat bersegera dalam melakukan eksekusi yang diperlukan: 

1. Tetapkan Batas Waktu untuk Mewujudkan Sebuah Perencanaan 

Secara alami, kita tidak bisa berorientasi pada tindakan jika kita tidak tahu harus berbuat apa. Itulah mengapa perencanaan sangat penting untuk dibuat sebelum sebuah tindakan diambil. Manajemen waktu juga sangat berharga, karena itu menetapkan batas waktu untuk menyelesaikan sebuah tindakan juga sangat diperlukan. Kita dapat mencatat hal-hal penting yang ingin kita ingat sebelum mengambil tindakan, sehingga setidaknya kita tahu ke mana kita akan pergi. 

2. Kegagalan Tidak Boleh Menjatuhkan Semangat 

Kegagalan adalah bagian dari kehidupan. Jika kita tidak gagal, kita tidak akan pernah bisa merasakan kesuksesan. Kegagalan mungkin akan datang berkali-kali, namun jangan pernah menyerah pada diri kita sendiri. Belajarlah dari kesalahan dan cobalah untuk tidak mengulanginya lagi. 
 

3. Mendisiplinkan Diri 

Seseorang yang menjalani kehidupan yang disiplin akan lebih berorientasi pada tindakan daripada mereka yang malas. Menjadi lesu dan tidak bersemangat untuk bekerja adalah hal yang sangat berbahaya. Kita tidak hanya menghabiskan waktu yang berharga, tetapi kita juga menyia-nyiakan peluang yang mungkin dapat membawa kita kepada kesuksesan. 

4. Apresiasi Diri Sendiri

Jika kita berhasil menyelesaikan proyek yang ditugaskan tepat waktu, ada baiknya untuk menghadiahi diri sendiri. Tegaskan diri kita sendiri, jika tidak menyelesaikan tugas secara tepat waktu, atau sering menunda-nunda pekerjaan, jangan berikan hadiah apapun. Ini melatih diri untuk bersikap tegas pada setiap tindakan yang kita lakukan. 
 

5. Menjadi Seorang yang Penasaran 

Jika kita ingin menjadi seseorang yang berorientasi pada tindakan, kita harus menjadi seseorang yang penasaran. Ini akan mendorong diri kita untuk menjadi lebih aktif. Untuk ini, kita perlu mempertajam rasa ingin tahu dan urgensi.
 

6. Bayangkan diri Anda menjadi orang yang Anda inginkan

Mulai dari awal. Ketika kita menetapkan tujuan hidup, perlu untuk membayangkan diri kita menjadi seseorang yang sangat kita dambakan. Jika Anda ingin memulai bisnis, bayangkan diri Anda sebagai pebisnis yang ulung, dan perlahan-lahan raihlah tujuan Anda untuk ke sana. Mulailah segalanya dari awal, mengincar hadiah utama yang menanti diri kita jika target telah tercapai. Membayangkan diri kita sebagai orang yang kita inginkan, semua itu akan membuka jalan yang lebar untuk menjadi individu yang berorientasi pada tindakan.
 
Selamat mencoba semua tips eksekusi di atas dan jadilah versi diri yang lebih baik dari sebelumnya.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse