STUDILMU Career Advice - 7 Aktivitas Pagi yang Dilakukan Pengusaha Sukses sebelum Jam 7 Pagi

7 Aktivitas Pagi yang Dilakukan Pengusaha Sukses sebelum Jam 7 Pagi


by STUDiLMU Editor
Posted on May 07, 2019

 
Kira-kira apa ya yang menjadi pembeda antara kita dan para pengusaha sukses? Apa yang kita makan dengan mereka mungkin sama. Sama-sama nasi, roti, mie, lauk pauk dan minumnya juga mungkin air putih atau jus. Para pengusaha sukses juga akan tidur seperti kita, bangun di pagi hari, dan melakukan serangkaian kegiatan lainnya yang sama dengan kita.
 
Lantas, apa sih yang membuat para pengusaha sukses berbeda dengan kita? Hmm, ternyata ada 7 aktivitas pagi yang perlu dilakukan oleh setiap pengusaha sukses SEBELUM jam 7 pagi. Wah! Kebayang ga sih itu pagi banget? 
 
Tapi, itulah kenyataannya bahwa mereka melakukan serangkaian aktivitas sebelum jam 7 pagi, yang mungkin tidak dilakukan oleh orang-orang biasa. Mau tau apa saja 7 aktivitas pagi yang mereka lakukan tersebut? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.
 

1. Mereka Bangun Pagi. 

Bangun di pagi hari dengan merasa segar dan puas dengan kualitas tidur yang kita miliki merupakan rutinitas pagi yang selalu dilakukan oleh para pengusaha sukses. Eits! Jarang loh ada pengusaha sukses yang bangun di siang hari. Apalagi sampai ga bangun tidur karena malas bekerja. Wah, itu mah ga banget deh dan bukan ciri khas seorang pengusaha banget kalau seperti itu. 
 
Hampir semua pengusaha sukses selalu bangun di pagi hari, karena mereka ingin mempertahankan aura positif yang mereka miliki dan selalu ingin merasa tetap bugar, sehingga bangun pagi telah mereka jadikan sebuah kebiasaan rutin. 
 
Mereka akan bangun sekitar jam 05.30 atau paling lambat jam 06.00 pagi. Hal ini juga mereka lakukan karena sadar ada banyak hal yang perlu dikerjakan dan dipersiapkan, sehingga bangun pagi sangat diperlukan untuk melakukan segala persiapan pada hari tersebut. 
 
Bangun pagi membuat kita bisa melakukan banyak hal dalam sehari, sehingga kita bisa menjadi seorang yang produktif.  
Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari bangun pagi adalah meningkatkan kesehatan, memori, produktivitas, dan membuat suasana hati kita menjadi lebih bahagia. Inilah mengapa para pengusaha sukses selalu bangun di awal pagi setiap harinya. 
 

2. Hindari Ponsel. 

Apa? Tanpa ponsel? Mungkin kebanyakan dari kita akan merasa bahwa menghindari ponsel di pagi hari sebelum jam 7 pagi adalah hal yang tidak masuk akal. Sedangkan, kita sudah terbiasa saat bangun dari tidur langsung mengecek ponsel, kita ingin tahu siapa saja yang chat kita atau apa saja yang terjadi di media sosial kita. 
 
Namun, para pengusaha sukses tidak pernah mengecek ponsel mereka di pagi hari. Alasannya? Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel akan memberikan dampak negatif bagi mata kita. Selain itu, mengecek kotak masuk di ponsel atau media sosial hanya akan membuat kita stres dan dapat mengalihkan fokus kita terhadap prioritas yang sesungguhnya. Jadi jika rekan pembaca ingin menjadi seperti para pengusaha sukses, hindari penggunaan ponsel sebelum jam 7 pagi, ya. 
 

3. Berolahraga atau Bermeditasi. 

Para pengusaha sukses sangat tahu bahwa berolahraga dan bermeditasi dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan mereka. Rekan pembaca bisa memilih satu diantara keduanya atau melakukannya secara selang-seling. 
 
Dengan rutin berolahraga atau bermeditasi setiap sebelum jam 7 pagi, ini akan meningkatkan kebahagiaan kita, meningkatkan energi, memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh kita, mencegah penyakit dan masalah kesehatan lainnya di masa depan seperti penyakit jantung, dan meningkatkan kualitas tidur kita dengan sangat baik. 
 
Selain dari beberapa manfaat di atas, berolahraga dan bermeditasi setiap sebelum jam 7 pagi dapat membantu kita fokus pada apa yang perlu kita raih sepanjang hari. 

4. Selalu Menyantap Sarapan yang Sehat. 

Aktivitas pagi keempat yang dilakukan oleh para pengusaha sukses setiap sebelum jam 7 pagi adalah menyantap sarapan dengan menu yang sehat. Tahukah rekan-rekan Career Advice, sarapan adalah makanan yang paling penting, karena makanan yang kita santap di pagi hari akan mengisi otak dan tubuh kita selama hari itu. Meskipun begitu, kita juga tetap harus memerhatikan menu makanan yang kita makan saat sarapan. 
 
Menu yang sehat untuk sarapan antara lain, karbohidrat seperti oatmeal atau roti gandum, protein rendah lemak seperti telur, kacang-kacangan, sayuran hijau dan buah, pelengkap lainnya seperti susu sapi, susu kedelai dan lainnya. 
 

5. Meningkatkan Semangat. 

Setiap orang pasti pernah merasa demotivasi, tidak terkecuali para pengusaha sukses. Orang-orang sukses juga pasti pernah merasa tidak bersemangat, tidak termotivasi, bahkan merasa tidak ingin bangun dari tempat tidur, yang di inginkan hanyalah bermalas-malasan selama seharian. 
 
Inilah alasan mengapa pengusaha sukses selalu bangun di awal pagi, dan melakukan beberapa aktivitas pagi sebelum mereka benar-benar menjalani hari. Para pengusaha sukses ini akan melatih diri mereka untuk meningkatkan semangat pagi yang dimiliki. Contohnya, membaca buku yang menginspirasi, menghafal kutipan motivasi, menuliskan pikiran atau pengalaman yang dirasakan ke dalam jurnal atau blog, dan mulai menuliskan draft untuk proyek-proyek yang luar biasa. 
 
Tidak berhenti disana, mereka juga akan mensyukuri apa yang mereka dapatkan kemarin dan bersyukur atas kesempatan baru yang Tuhan berikan di pagi hari. Dengan bersyukur kepada Tuhan, ini akan meningkatkan semangat diri. 
 

6. Menetapkan Tujuan dan Prioritas. 

Sebelum benar-benar memulai hari, para pengusaha sukses akan menetapkan apa saja hal-hal yang harus mereka raih pada hari itu, sehingga mereka juga merumuskan apa yang menjadi prioritas dari semua tujuan tersebut. 
 
Pikiran kita di pagi hari biasanya masih segar dan cerah, karena belum terkontaminasi dengan hal-hal buruk yang ada di luar rumah. Inilah saat yang tepat bagi mereka untuk menetapkan tujuan dan prioritas setiap harinya. 
 

7. Mulai Bekerja.

Setelah melakukan ke-6 persiapan tersebut, inilah saatnya untuk bekerja dan turun ke bisnis. Nah pada waktu ini, kita sudah boleh mengambil ponsel kita kembali, membuka laptop, mengecek kotak masuk, membalas email dan notifikasi di media sosial, dan bekerja keras untuk meraih segala tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. 
 
Jadi, bagaimana dengan 7 aktivitas pagi di atas nih rekan-rekan Career Advice? Apakah rekan-rekan pembaca sudah siap untuk membiasakan diri bangun di pagi hari dan melakukan semua aktivitas tersebut sebelum jam 7 pagi? Apabila rekan-rekan pembaca benar-benar tertarik ingin menjadi pengusaha sukses, Yuk kita coba terapkan 7 aktivitas pagi di atas. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse