STUDILMU Career Advice - 7 Cara Menghilangkan Rasa Rendah Diri

7 Cara Menghilangkan Rasa Rendah Diri


by STUDiLMU Editor
Posted on Feb 22, 2019

 
Halo pembaca Career Advice, apakah Anda adalah orang yang selalu mengikuti perkembangan zaman dalam segala hal? Mengikuti standar kecantikan, keahlian dan kepandaian dalam perkembangan zaman sekarang ini bukanlah hal yang mudah. Ketika Anda mencoba untuk mengikuti tren masa kini, Anda akan menjadi rendah diri. Rasa rendah diri disebabkan oleh beberapa situasi dan keadaan.
 
Banyak orang yang mengalami rasa rendah diri. Rasa rendah diri merupakan tanda bahwa seseorang memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Orang-orang yang memiliki rasa rendah diri akan lebih mudah untuk menghasilkan kegagalan dan mereka akan sulit untuk beranjak dari pengalaman masa lalu yang buruk.
 

Apa yang menyebabkan seseorang menjadi rendah diri?

- Pengalaman masa kecil yang buruk.

Pengalaman masa kecil bersama orang tua dapat menjadi faktor penyebabnya. Sistem kepercayaan diri kita terbentuk dalam tahun-tahun pertama masa anak-anak. Ini merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami karena pengalaman buruk akan membentuk paradigma seseorang. Dalam berbagai kasus, orang-orang yang memiliki pengalaman masa kecil yang buruk memiliki tingkat rasa rendah diri yang lebih tinggi.
 

- Pola pikir negatif

Sekeras apapun Anda berusaha untuk mengontrol pikiran, sangatlah sulit untuk mencegah pikiran negatif. Orang yang selalu memiliki pikiran negatif juga memiliki rasa rendah diri yang tinggi.
 

- Trauma/kekerasan 

Banyak orang yang memandang buruk diri mereka sendiri. Biasanya kita melihat sisi baik yang kita miliki agar terlihat baik di depan orang lain. Namun secara pribadi, kita memiliki rasa trauma. 
 

- Kegagalan di masa lalu.

Bangkit dari kegagalan di masa lalu merupakan hal yang sulit.  Dan beberapa mungkin tidak dapat menerima kenyataan buruk ini. Mereka sulit untuk melupakannya, sehingga mereka memiliki rasa rendah diri.
 
Lalu, bagaimanakah para pembaca Career Advice dapat menghindari rasa rendah diri ini dan lebih menghargai diri Anda? Berikut adalah 7 cara yang dapat Anda lakukan.
 

1. Bicaralah pada diri sendiri. 

Tulislah kalimat penyemangat yang memotivasi Anda. Anda dapat mencoba mengirim email kepada diri Anda di masa depan. Ini merupakan langkah yang seru, Anda mengirimi diri Anda email, lalu membacanya dalam beberapa tahun ke depan. Anda mungkin akan melupakannya, namun suatu hari nanti Anda akan menerima itu, itu akan menjadi hal yang luar biasa, bukan?
 

2. Habiskan banyak waktu bersama anak-anak.

Anak-anak memiliki cara yang berbeda dalam melihat dan menerima Anda. Mereka tidak akan menghakimi, mereka akan selalu menyambut Anda dengan hangat. Habiskanlah waktu bersama dengan anak-anak sehingga Anda merasa bahwa Anda diterima dengan baik. Ini dapat menaikkan rasa kepercayaan diri Anda dan Anda juga akan belajar untuk menghargai diri Anda. 
 

3. Ikuti kegiatan sukarela.

Salah satu cara yang dapat membuat seseorang merasa baik adalah dengan mengikuti kegiatan sukarela. Mengikuti kegiatan sukarela adalah salah satu cara untuk menaikkan kepercayaan diri Anda. Dalam kegiatan sukarela, Anda akan membuat diri Anda sibuk melayani orang lain dan Anda akan mudah untuk melupakan masalah yang sedang Anda hadapi saat ini. Terkadang, ketika Anda tergabung dalam melayani orang lain, Anda akan dapat melihat bahwa masih banyak orang berada dalam situasi yang jauh lebih buruk dari yang Anda alami saat ini. Anda akan belajar untuk menjadi orang yang rendah hati dan Anda juga akan memiliki sudut pandang yang berbeda.
 

4. Membuat Jurnal

Menulis dapat menjadi sebuah terapi, terutama jika Anda menulis tentang pikiran dan juga perasaan Anda untuk sebuah evaluasi. Menuliskan semua hal diatas kertas berarti membiarkan diri Anda untuk mengingat yang terjadi di belakang dan membuat Anda menyadari tantangan yang berada di depan. Anda dapat melewati rintangan itu satu per satu lalu menuliskannya. 
 
Terapis mencatat pikiran dan perasaan yang Anda bagikan ketika Anda berbicara dengan mereka. Kemudian, mereka mengulangi pikiran Anda kembali, mengambil langkah demi langkah dan mengatur catatan mereka untuk sampai ke dasar. Dengan menuliskannya dalam jurnal, Anda sedang melakukan proses yang sama. Mulailah proses mandiri dengan menuliskan setiap pikiran dan perasaan Anda dalam jurnal. 
 

5. Bicara dengan Orang Lain

Seringkali, kita melihat diri kita dalam dalam keadaan yang tidak layak. Anda mungkin perlu berbicara dengan seseorang tentang persepsi kita untuk membawa kita kembali ke kenyataan. Jika Anda memiliki teman dan orang-orang terkasih yang dapat benar-benar mendukung Anda, mereka dapat mengangkat Anda. 
 
Jika orang yang Anda cintai tahu bahwa Anda menganggap diri Anda tidak menarik, gagal, atau kurang dari apapun, mereka mungkin akan menghujani Anda dengan cinta dan sanjungan dengan tujuan mengubah pikiran Anda.
Jadi, temukan orang-orang yang Anda cintai yang dapat memberikan dukungan bagi Anda. 
       

6.  Bicara dengan Diri Anda

Berbicara kepada diri sendiri adalah cara terbaik untuk mempercepat peningkatan rasa percaya diri Anda. Anda bisa berbicara dengan keras, mengatakan hal-hal yang positif, yang meneguhkan, dan yang membuat Anda merasa baik. Cobalah untuk berdiri di cermin, dan berbicara langsung kepada diri sendiri. Kata-kata yang Anda ucapkan akan memiliki dampak besar pada alam bawah sadar Anda. 
Katakanlah:
 
"Saya cantik / saya tampan."
"Saya dicintai dan didukung."
"Saya cerdas."
"Saya percaya diri."
"Saya adalah orang penting dan dapat membuat perbedaan bagi sekitar."
"Saya dikelilingi oleh orang-orang yang positif."
"Saya memiliki semua yang saya butuhkan."
"Saya berhasil."

7. Maafkan Diri Sendiri

Terkadang, rasa rendah diri muncul dari kekerasan dalam mempertahankan hal-hal yang tidak dianggap benar oleh kebanyakan orang. Hidup adalah perjalanan akan proses pembelajaran, dan Anda harus membiarkan diri Anda melakukan kesalahan sehingga Anda bisa belajar darinya. Pengampunan bukan hanya diberikan pada orang lain, Anda juga harus melakukannya bagi diri sendiri.  Milikilah belas kasih bagi diri sendiri dan berhenti menghukum diri. 
 
Inilah ketujuh cara yang dapat pembaca Career Advice terapkan agar Anda dapat menaikkan rasa kepercayaan diri dan menghilangkan rasa rendah diri. Kepercayaan diri adalah faktor yang harus dimiliki untuk mencapai hal-hal yang Anda inginkan. Jadi, yuk, kita hargai diri sendiri dan mulailah untuk meyakinkan diri kita bahwa kita memiliki potensi besar untuk melakukan sesuatu yang berarti. 
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse