STUDILMU Career Advice - 7 Karakter Unik yang Membawa Kebahagiaan Sejati dan Kesuksesan

7 Karakter Unik yang Membawa Kebahagiaan Sejati dan Kesuksesan


by STUDiLMU Editor
Posted on Apr 20, 2019

 
Saya yakin kebanyakan orang setuju bahwa tidak ada yang lebih berharga dari karyawan atau anggota tim yang memiliki kepribadian yang baik. Beberapa kepribadian yang mereka miliki dapat dikategorikan sebagai kategori yang unik. Bukan hanya itu, karakter-karakter tersebut dapat membawa kita menuju kebahagiaan sejati dan kesuksesan karier loh!
 
Kebanyakan pemimpin perusahaan berpikir bahwa jika mereka merekrut seorang karyawan dengan karakter di bawah standar (tidak terlalu baik), mungkin mereka akan mendapatkan keuntungan finansial dari para karyawan tersebut. Akan tetapi, para pemimpin tersebut juga akan mengalami sejumlah masalah yang disebabkan oleh karakter buruk dari para karyawannya. 
 
Berbeda dengan karyawan yang memiliki karakter unik (sifat baik), selain mereka bisa memberikan keuntungan finansial, karyawan dengan karakter yang baik juga bisa menciptakan suasana kerja yang positif dan membawa kebaikan kepada semua karyawan di kantor. Lantas, apa saja ya karakter unik yang bisa membawa kebahagiaan sejati dan kesuksesan? 
 

1. Bersikap Jujur

Tidak dapat disangkal lagi, kejujuran adalah karakter utama yang dapat membawa seseorang kepada kebahagiaan dan kesuksesan. Seorang yang jujur tidak perlu memikirkan kebohongan lain untuk menutupi kebohongan-kebohongan berikutnya, karena semua benar-benar berjalan apa adanya, tanpa manipulasi apapun. 
 
Orang-orang yang jujur selalu melakukan pekerjaan dengan bersih, sesuai dengan apa yang diperintahkan kepada mereka dan tidak pernah menipu orang lain hanya demi mendapatkan kesuksesan. 
 
Berbicara tentang karakter, kita bukanlah apa yang kita pikirkan dan bukan apa yang kita katakan, namun kita adalah apa yang kita lakukan. Tidak semua orang bisa bersikap jujur, sehingga kejujuran termasuk ke dalam karakter unik yang bisa membawa kita kepada kesuksesan dan kebahagiaan sejati. 

2. Bersikap Penyayang

Karakter unik kedua adalah sikap penyayang. Kita perlu sadar bahwa kita semua adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa kehadiran orang lain. Sehingga, sikap saling menyayangi satu sama lain sangat diperlukan demi menciptakan interaksi yang terjalin dengan baik. Luangkan waktu untuk memperdulikan orang lain dan membantu orang lain jika mereka memerlukan bantuan kita. 
 
Sikap penyayang yang kita sebarkan kepada orang-orang di sekitar kita akan menciptakan suasana yang nyaman dan tentram. Tentunya, suasana seperti ini akan membawa kita kepada perasaan damai dan penuh dengan kebahagiaan. Lalu, kalau kita merasa bahagia, kita pasti akan lebih mudah untuk mengejar kesuksesan, itulah polanya!

3. Mampu Bertahan (Kuat)

Kuat dan memiliki kemampuan untuk bertahan adalah karakter unik ketiga yang perlu kita miliki demi meraih kebahagiaan sejati dan kesuksesan. Mengapa ini termasuk ke dalam karakter yang unik? Karena tidak semua orang loh mampu dan kuat untuk bertahan, terutama pada masa-masa yang sulit. Mereka cenderung menyerah, berhenti atau berbalik arah saat dihadapkan dengan situasi yang buntu. 
 
Mereka yang berhasil meraih kebahagiaan sejati dan kesuksesan adalah orang-orang yang ‘tahan banting’ dan mampu bertahan.
 

4. Bersikap Elegan

Untuk dapat bersikap elegan, kita perlu memiliki kontrol diri yang kuat. Bersikap elegan berarti bersikap tenang saat menghadapi kesulitan dan tantangan yang hadir di dalam kehidupan. Orang-orang seperti ini memiliki sikap tenang seperti yang ditunjukkan dalam kemampuan mereka untuk bersabar dan mendengarkan orang lain. 
 
Uniknya, sifat elegan yang dimiliki mereka yang memiliki karakter unik ini tidak hanya membuat mereka sedikit misterius tetapi juga sangat menarik bagi orang lain. Itulah mengapa orang-orang dengan kepribadian yang elegan terlihat tenang dalam menghadapi masalah, sehingga kebahagiaan sejati dan kesuksesan akan lebih mudah mereka dapatkan. 
 

5. Pekerja Keras

Tidak ada kesuksesan yang bisa didapatkan tanpa kerja keras. Pekerja keras juga termasuk ke dalam karakter unik yang tidak dimiliki oleh semua orang. Ada banyak orang yang hanya ingin ‘hasil yang instan’ untuk bisa merasa bahagia dalam kesuksesan mereka. Nyatanya, ini mustahil! Kerja keras juga tidak hanya identik dengan kesuksesan loh. Ini juga bisa masuk ke dalam konteks kepribadian seseorang. 
 
Seseorang dengan kepribadian yang baik tentunya mengalami banyak hambatan sampai dia benar-benar bisa memiliki sifat-sifat yang baik, dia bekerja keras untuk mengembangkan kepribadiannya dari waktu ke waktu. Intinya, semua yang ingin kita dapatkan di dunia ini selalu memerlukan kerja keras. 

6. Suka Menolong

Kebanyakan orang-orang yang telah berhasil meraih kebahagiaan sejati dan kesuksesan di dalam hidup mereka adalah para individu yang yakin, tidak ada kesuksesan yang diraih dari usaha sendiri. Mereka sangat sadar bahwa kerja tim adalah segalanya. Bantuan, dukungan serta doa dari orang-orang yang peduli dengan mereka, telah mengantarkan mereka kepada kesuksesan. 
 
Mereka memiliki karakter yang unik dengan kecenderungan untuk selalu membantu dan menolong orang lain yang memerlukan bantuan mereka. Tidak ada sifat angkuh atau sombong atas pencapaian yang mereka miliki sekarang, sehingga Tuhan selalu menambahkan kebahagiaan dan kesuksesan ke dalam hidup mereka. 
 

7. Selalu Menginspirasi

Karakter unik yang terakhir adalah menginspirasi banyak orang (minimalnya, orang-orang di sekitarnya). Apapun yang mereka ucapkan dan lakukan akan menginspirasi banyak orang. Mengapa bisa begitu? Karena karakter-karakter unik lainnya seperti, jujur, penyayang, kuat (mampu bertahan), elegan, pekerja keras dan suka menolong adalah karakter-karakter unik yang menjadi satu kesatuan dan membentuk satu sikap yang memang layak dicontoh oleh banyak orang. Orang lain akan menganggap mereka sebagai tauladan yang baik untuk diikuti, inilah mengapa mudah bagi mereka untuk menginspirasi orang lain. 
 
Karakter-karakter unik yang telah dijelaskan di atas memang tidak bisa kita miliki begitu saja. Perlu komitmen yang kuat dan kerja keras untuk terus membentuknya agar menjadi satu kesatuan di dalam diri kita. Namun percayalah rekan-rekan Career Advice, kita semua pasti bisa memiliki karakter unik tersebut dan meraih kebahagiaan sejati serta kesuksesan karier. Kalau yang lain bisa, mengapa kita tidak? Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse