STUDILMU Career Advice - 7 Keterampilan Manajemen Waktu Yang Perlu Dimiliki

7 Keterampilan Manajemen Waktu Yang Perlu Dimiliki


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 31, 2019

 
Halo, pembaca Career Advice, apakah Anda merasa banyak hal dalam hidup yang berada di luar kendali Anda? Pikirkan tentang hal ini: Bagaimana Anda menghabiskan waktu untuk menentukan hal yang Anda capai dalam hidup? Menggunakan waktu dengan tepat tidak hanya menghasilkan kesuksesan dan kepuasan atas pencapaian tujuan Anda.
 
Mengatur waktu dan mencapai kehidupan yang Anda impikan membutuhkan pengembangan keterampilan manajemen waktu yang efektif. Berhentilah berpikir bahwa waktu merupakan sumber daya di luar kendali. Setiap orang memang hanya memiliki sejumlah jam dalam sehari, tetapi Anda dapat mengembangkan keterampilan manajemen waktu yang dapat membantu Anda memusatkan perhatian pada hal-hal yang benar-benar penting. Berikut adalah strategi yang dapat diterapkan.
 

1. Sesuaikan tindakan dengan nilai inti Anda.

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memperjelas keinginan Anda yang sebenarnya. Jika tindakan yang dilakukan tidak selaras dengan yang benar-benar penting dan juga nilai-nilai inti Anda, maka Anda tidak akan mendapatkan rasa pencapaian dan pemenuhan dari yang Anda lakukan. Anda perlu mengembangkan motivasi untuk memenuhi tujuan Anda.
 
Mari kita mengambil satu skenario, ketika Anda ingin memperkuat hubungan Anda dengan pasangan, dan Anda memutuskan untuk menggunakan satu jam dari hari Anda untuk memberi orang itu perhatian. Tetapi saat Anda duduk, ponsel Anda bergetar. Anda membawanya keluar untuk melihat siapa yang mengirimi Anda SMS. Anda bahkan mungkin akan mengirim sms kembali, dan, sebelum Anda menyadarinya, Anda akan melakukan percakapan. Dengan mengalihkan fokus ke ponsel Anda, Anda mengarahkan perhatian Anda menjauh dari pasangan, dan Anda tidak lagi menuju hasil yang benar-benar Anda hargai, yaitu hubungan yang lebih sehat, lebih bergairah dengan orang yang Anda cintai. 
 
Bagaimana Anda tetap berkomitmen pada hasil yang Anda targetkan, dan memberi pasangan Anda perhatian yang layak mereka terima? Selaraskan tindakan Anda dengan nilai-nilai inti Anda memberikan kejelasan tentang nilai-nilai ini. Apa yang benar-benar Anda inginkan? Anda harus jelas dengan hasil yang Anda rencanakan untuk dicapai dan menentukan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Anda. Jadilah realistis! 

2. Perjelas tujuan Anda

Tujuan dapat dicapai ketika Anda mengerucutkan hal yang diinginkan. Jika Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda ingin menurunkan berat badan dan menurunkan 2 kg pada tahun berikutnya, apakah Anda secara teknis berhasil dalam apa yang Anda rencanakan? Tentu, tetapi apakah itu benar-benar yang Anda inginkan? Mungkin tidak. Kemungkinan besar Anda ingin kehilangan 5 atau 10 kg. Tetapkan tujuan yang jelas untuk diri sendiri. Dengan menjadi spesifik dengan hasil Anda, dan memiliki kejelasan tentang apa dan mengapa Anda menginginkannya, Anda dapat memiliki fokus yang dituntun oleh kebutuhan dan Anda juga akan merasakan kepuasan yang lebih besar ketika Anda mencapai tujuan Anda.
 

3. Minimalisasi gangguan

Anda telah menemukan tujuan inti Anda, dan sekarang saatnya mengidentifikasi hal yang mengganggu Anda. E-mail? Orang-orang muncul di ruang kerja Anda? Pesan teks? Media sosial? Apapun itu, hilangkan gangguan dan juga tekanan. Kendalikan ruang kerja dan waktu Anda sehingga Anda bisa menjadi produktif. Waktu Anda adalah milik Anda, jadi jangan membuat alasan jika Anda tidak menggunakannya sebaik mungkin. 

4. Katakan ‘tidak’.

Ini adalah salah satu keterampilan terbesar yang kita semua perlu pelajari. Katakan ‘tidak’ pada sesuatu yang tidak benar-benar menambah nilai dalam hidup Anda atau mendukung nilai atau tujuan inti Anda. Jika mengatakan tidak pada sesuatu sepertinya sulit, pikirkan saat ketika Anda dengan enggan mengatakan 'ya' pada sesuatu dan kemudian menyesalinya. Sekarang, ingat semua kekacauan emosional yang disebabkan oleh satu keputusan. 
 
Mengatakan tidak pada awalnya untuk tugas yang tidak Anda inginkan atau tidak punya waktu untuk dilakukan adalah jauh lebih mudah daripada semua itu, jadi belajarlah untuk melakukannya. Pada akhirnya, strategi manajemen waktu yang efektif ini akan membantu Anda mencurahkan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang sebenarnya penting bagi Anda.
 

5. Memahami cara kerja yang benar-benar bekerja.

Apa yang Anda anggap prioritas Anda? Jika Anda telah mendaftarkan banyak hal, diam sebentar. Jika Anda memiliki daftar prioritas yang tak ada habisnya, itu sama dengan tidak memiliki prioritas. Dengan menyelaraskan hasil Anda dengan nilai-nilai inti Anda, Anda dapat mencapai kejelasan tujuan mana yang menjadi prioritas sebenarnya. Tindakan apa yang menghasilkan nilai paling banyak? Hasil apa yang memenuhi keinginan sejati Anda dalam hidup? 
 
Jika Anda menghadapi banyak tugas di sekitar hasil, ingatlah bahwa Anda dapat membuat daftar tugas yang lebih baik dengan membagi semua tugas terkait ke dalam kelompok yang lebih kecil sehingga lebih mudah untuk dikelola dan ditangani. Dengan begitu, Anda dapat lebih memvisualisasikan dan mengidentifikasi langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mencapai tujuan Anda.

6. Buat blok waktu 20 menit

Ketika Anda memiliki hal-hal sulit untuk dilakukan yang menuntut semua fokus Anda, itu bisa menguras tenaga dan mengintimidasi untuk mengerjakannya. Salah satu taktik hebat untuk digunakan dalam kasus seperti ini adalah blok kenaikan 20 menit. Begini cara kerjanya:
Siapkan pikiran Anda; beritahu diri sendiri bahwa Anda akan fokus pada sesuatu yang penting. Bersiaplah untuk mengatasi tugas dan mengatur alarm selama 20 menit. Sampai alarm Anda berdering, kerjakan tugas itu, tanpa email, ponsel, atau gangguan lainnya. Saat alarm berbunyi. Istirahat sebentar, dan kemudian kembali ke tugas itu sesudahnya. Ulangi proses ini sampai tugas selesai.
 
Anda akan menemukan perasaan luar biasa yang Anda dapatkan ketika berada di zona tersebut. Anda tak terbendung, dan Anda mendapatkan lebih dari yang Anda pikir Anda bisa selesaikan. Mengerjakan tugas-tugas Anda dalam potongan 20 menit ini membantu Anda menarik diri ke dalam zona sesuai kebutuhan. Seiring waktu, Anda dapat menerapkannya dalam pola pikir ini sendiri, tanpa bantuan timer.
 

7. Hindari memberi jawaban cepat

Seberapa sering orang lain meminta sesuatu kepada Anda? Ini sering terjadi pada saya dan saya langsung mengatakan ya, meskipun saya terlalu sibuk atau tidak tertarik dengan tawaran itu dan benar-benar ingin mengatakan tidak. Lalu saya memiliki jadwal yang padat dan tak terbendung dalam kalender. 
 
Hindari menjawab langsung dan memberikan tanggapan yang akan Anda sesali nanti, menjauhlah dari email atau beritahu orang itu bahwa Anda harus memikirkannya dan akan memberitahu mereka sebentar lagi. Tunda memberikan jawaban instan. Luangkan waktu dan pastikan bahwa Anda hanya berkomitmen pada tugas atau kegiatan yang mendukung nilai dan tujuan inti Anda. Jika sesuatu yang seseorang minta Anda lakukan tidak selaras dengan nilai-nilai dan tujuan itu, beranilah menolaknya dengan sopan.
 
Itulah beberapa strategi yang dapat pembaca Career Advice terapkan. Tetap semangat ya dalam mempertajam kemampuan manajemen waktu Anda.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse