STUDILMU Career Advice - 7 Keterampilan Utama untuk Meraih Kesuksesan di Tahun 2020

7 Keterampilan Utama untuk Meraih Kesuksesan di Tahun 2020


by STUDiLMU Editor
Posted on Sep 27, 2019

Keterampilan Utama dan Kesuksesan di Tahun 2020

Menurut para ahli, keterampilan adalah suatu kemampuan atau kapasitas yang dimiliki individu terhadap suatu hal yang berkaitan dengan tugas kerja, sikap, nilai dan pemahaman terhadap sesuatu hal yang dapat menunjang keberhasilan individu tersebut. Banyak orang bilang bahwa untuk meraih kesuksesan, kita perlu memiliki beberapa keterampilan utama dalam hidup. Jika tidak, kita akan tertinggal dan dikalahkan oleh orang-orang yang memiliki keterampilan tersebut. 
 
Kenyataannya, menunjukkan keahlian bukan hanya dengan menampilkan keterampilan yang dimiliki dalam CV, namun keahlian yang sebenarnya harus ditunjukkan juga dalam kehidupan sehari-hari saat bekerja. Salah satu contoh keterampilan diri adalah selalu berpikir secara kreatif dan inovatif. Namun kita perlu tahu, apakah orang tersebut benar-benar seorang yang kreatif dalam kesehariannya? 
 
Apabila salah satu kunci sukses dalam hidup adalah memiliki keterampilan utama yang dimaksud, maka kita harus mempersiapkan diri dari sekarang dengan mempelajari semua keterampilan utama yang diperlukan. Terlebih lagi kurang lebih tiga bulan ke depan kita akan menyambut tahun 2020, yang mana kita harus menjadi pribadi yang siap untuk menghadapi segala persaingan karier yang ketat di tahun depan. Keterampilan kerja adalah hal yang selalu digadang-gadangkan untuk meraih jenjang karier yang gemilang. Namun, kembali lagi kami ingatkan bahwa keterampilan kerja saja tidak akan cukup. 

Apa Saja Keterampilan Utama yang Diperlukan untuk Meraih Kesuksesan di Tahun 2020?

Menurut website jobable dot com, ada 7 keterampilan utama yang perlu kita pelajari dan latih dari sekarang agar kita mampu meraih kesuksesan di tahun 2020. Sudah siap untuk meraih kesuksesan di tahun depan? Jika ya, yuk kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Keterampilan Utama: Pemecahan Masalah yang Kompleks.

Keterampilan dalam memecahkan masalah atau yang biasa kita sebut sebagai problem solving adalah keterampilan utama yang sangat penting untuk kita miliki di masa sekarang dan masa depan. Mengapa demikian? Jawabannya karena hidup tidak akan pernah terlepas dari masalah. Setiap harinya kita akan menghadapi masalah yang berbeda-beda, dan itu semua harus kita hadapi dengan bijak dan sebaik mungkin. 
 
Orang-orang yang selalu berusaha untuk menghindari masalah adalah individu yang semakin jauh dari kesuksesan. Masalah datang untuk diselesaikan, bukan untuk dihindari apalagi untuk ditakuti. Siapapun orangnya, entah dia adalah seorang anak raja, pebisnis, pemimpin atau karyawan, semua orang pasti akan menghadapi masalah dalam hidupnya. 
 
Tahun 2020 diprediksi menjadi tahun yang semakin maju dengan segala perkembangan teknologi dan artificial intelligence-nya. Secara tidak langsung, perkembangan ini juga akan membawa permasalahan yang semakin kompleks. Itulah mengapa keterampilan dalam memecahkan permasalahan yang kompleks menjadi salah satu keterampilan utama yang perlu kita pelajari dan latih mulai dari sekarang.
 

2. Keterampilan Utama: Kecerdasan Emosional yang Tinggi. 

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh World Economic Forum, hasilnya menunjukkan bahwa “Secara keseluruhan, beberapa contoh keterampilan khusus seperti, persuasi, kecerdasan emosional dan mengajarkan ilmu kepada orang lain adalah beberapa keterampilan yang sangat diminati dan dibutuhkan seluruh industri”. Ada kata “kecerdasan emosional” dalam pernyataan hasil riset tersebut, dan ini memang menjadi keterampilan utama yang kita perlukan untuk meraih kesuksesan di tahun 2020. 
 
Tanpa kecerdasan emosional yang baik, kita akan semakin sulit untuk meraih kesuksesan di masa depan. Orang-orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi sangat diperlukan untuk kehidupan di masa mendatang. Mereka adalah pribadi yang bersikap empati, selalu belajar dari kesalahan di masa lalu, dan tidak takut dalam menerima perubahan. 
 

3. Keterampilan Utama: Manajemen yang Baik terhadap Sumber Daya Manusia (SDM). 

Meskipun perkembangan teknologi semakin lama semakin canggih. Bahkan, sudah banyak penelitian yang memprediksi di tahun 2030 akan ada beberapa profesi yang digantikan oleh robot. Namun, tetap saja robot tidak akan bisa mengelola atau melakukan manajemen yang baik pada manusia. Manusia membutuhkan manusia lainnya untuk menerapkan sistem manajemen yang tepat dalam suatu organisasi atau perusahaan. Jadi, pastikan kita juga sudah mempelajari ilmu manajemen yang baik dan mengasah keterampilan kepemimpinan kita, sehingga kita siap untuk menerapkan sistem manajemen yang baik dan meraih kesuksesan di tahun 2020.  

4. Keterampilan Utama: Keterampilan Sosial yang Baik dengan Sesama Manusia. 

Rasanya kurang lengkap jika kita melatih keterampilan utama untuk menerapkan manajemen yang baik terhadap sumber daya manusia (SDM), namun kita tidak memiliki keterampilan sosial yang baik dengan orang-orang di sekitar kita. Tentu saja, ini akan menjadi hal yang menyulitkan. Perlu diingat kembali bahwa kita tidak bisa meraih kesuksesan dengan kekuatan diri sendiri saja. Oleh karena itu, kita perlu membina hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar kita, rekan-rekan kerja, pimpinan, manajer, klien, pelanggan, mitra bisnis, dan kepada siapapun yang mengenal diri kita. 
 
Salah satu keterampilan sosial yang diperlukan adalah keterampilan dalam berkomunikasi. Dengan keterampilan komunikasi yang baik, kita akan menjadi individu yang siap merangkul semua orang dari latar belakang yang berbeda-beda. Jika keterampilan utama ini sudah kita kuasai, maka ini menandakan kita semakin dekat dengan kesuksesan di tahun 2020.  
 

5. Keterampilan Utama: Keterampilan Negosiasi yang Terampil. 

Keterampilan sosial atau keterampilan berkomunikasi yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya juga tidak akan lengkap tanpa keterampilan utama yang satu ini. Apa ya kira-kira? Keterampilan utama lain yang perlu kita miliki adalah keterampilan dalam bernegosiasi. Keterampilan utama ini sangat diperlukan untuk meraih kesuksesan di tahun 2020, karena bisnis akan semakin berkembang dengan pesat. Tanpa keterampilan negosiasi yang terampil, bisnis kita tidak akan bisa menyaingi para kompetitor dengan baik.
 

6. Keterampilan Utama: Kreativitas yang Tinggi. 

Salah satu keterampilan utama yang sangat penting di tahun 2020 adalah kreativitas yang tinggi. Robot dan teknologi memang akan membantu kita dalam hal ini, namun kita perlu ingat kembali bahwa tidak ada otak yang sehebat otak manusia. Robot memang hebat, namun robot tidak akan bisa sekreatif kita. Oleh karena itu, meskipun teknologi juga akan semakin maju di tahun 2020, kita tetap harus mengasah kreativitas dengan sangat baik. Dengan cara ini, kita akan mencapai kesuksesan di tahun depan dengan lebih mudah. 

7. Keterampilan Utama: Fleksibilitas Kognitif. 

Apa yang dimaksud dari fleksibilitas kognitif? Maksud dari istilah ini adalah kemampuan seseorang dalam berpikir secara cepat dan mudah. Keterampilan utama ini jelas sangat diperlukan untuk meraih kesuksesan di masa depan. Bagaimana cara meningkatkan keterampilan ini? Satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah mencoba untuk menghadapi pengalaman baru yang dapat mendorong otak kita agar terus berpikir dan berpikir. Fleksibilitas kognitif yang baik dapat meningkatkan motivasi, proses pembelajaran dan daya ingat kita. Dan tentunya, tidak akan ada robot yang bisa memiliki kapasitas seperti itu.
 
Itulah 7 keterampilan utama yang perlu kita pelajari dan latih mulai dari sekarang agar kita bisa meraih kesuksesan di tahun 2020 mendatang. Yuk, kita mulai terapkan dari sekarang. Selamat mencoba dan salam sukses ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse