STUDILMU Career Advice - 8 Manfaat Media Sosial

8 Manfaat Media Sosial


by STUDiLMU Editor
Posted on Apr 21, 2019

 
Tidak dapat disangkal lagi, kehadiran media sosial seperti “angin segar” bagi kebanyakan orang, terutama mereka yang sangat suka bersosialisasi dengan orang banyak. Nah, kehadiran media sosial ini juga sangat bermanfaat untuk membangun dan memperluas jaringan profesional kita di dunia kerja. Melalui media sosial, kita bisa mendapatkan kontak baru, merekrut karyawan, bahkan mendapatkan pekerjaan baru. Semua itu bisa kita lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.
 
Dalam kata lain, media sosial adalah komponen penting dalam memperluas jaringan profesional, meningkatkan kesuksesan karier dan membantu pengembangan karier kita di masa depan. Apakah rekan-rekan Career Advice setuju dengan peranan media sosial yang benar-benar hebat itu? Atau, rekan pembaca masih merasa ragu dengan keuntungan yang dihadirkan oleh media sosial? 
 
Apabila rekan pembaca masih ragu, 8 manfaat media sosial di bawah ini dapat membuka pikiran kita semua bahwa terlepas dari dampak negatif yang dibawa oleh media sosial, perkembangan digital ini juga memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk kesuksesan karier dan bisnis kita. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Tetap Berkomunikasi dengan Kolega dan Teman. 

Kira-kira ada berapa banyak kolega atau teman lama yang rekan pembaca miliki, yang masih berinteraksi atau minimalnya memiliki kontak Anda di ponsel mereka? Duh, mungkin totalnya bisa dihitung dengan jari saja ya. Era digital membawa media sosial di tengah-tengah kehidupan kita seperti Facebook dan Twitter yang dapat memudahkan kita untuk mencari teman lama, bertegur sapa, bahkan bertemu mereka kembali secara tatap muka, seperti yang biasa kita sebut sebagai reuni. 
 
Tidak hanya itu, mereka yang lama hilang kontak dengan kita juga bisa ditemukan di akun LinkedIn, akun media sosial untuk memperluas jaringan profesional di dunia kerja. Mereka yang lama tidak kita temui, bisa saja sekarang sudah menjadi Direktur sebuah perusahaan. Positifnya, kita bisa menambah jaringan dengan kawan lama kita yang telah menjabat sebagai seorang Direktur, bukan? 

2. Disaat Bersamaan, Teman Lama dapat Menemukan Kita. 

Sebaliknya, bisa saja beberapa teman lama kita sedang mencari-cari kontak kita sekarang. Nah, media sosial memainkan peranannya dalam hal in. Melalui media sosial, mereka bisa menemukan kita dengan mudah. Hanya dengan mengetik nama lengkap atau nama depan seseorang, kita bisa mendapatkan kontak akun mereka di media sosial. Apabila mereka menemukan beberapa nama yang sama, mereka bisa mengeceknya satu per satu dan melihat apakah foto profil yang dipasang sama dengan wajah kita atau tidak.  

3. Menemukan Kandidat untuk Pekerjaan. 

Apakah rekan pembaca adalah seorang wirausaha, pebisnis atau pemilik perusahaan? Atau mungkin seorang HRD perusahaan? Nah, media sosial telah membantu memudahkan kita untuk bisa mencari kandidat-kandidat berkualitas untuk posisi pekerjaan yang kita tawarkan. 
 
Media sosial tidak lagi membuat kita harus memasang iklan lowongan pekerjaan di koran atau majalah. Semuanya bisa diakses dengan “jempol” kita, dan berbagai lowongan pekerjaan dari berbagai perekrut yang berbeda-beda bisa hadir untuk kita pilih. Sebagai contoh, LinkedIn atau Jobstreet, kita bisa menggunakan dua platform tersebut untuk menyeleksi kandidat-kandidat berkualitas yang cocok dengan budaya kerja perusahaan kita. 

4. Menemukan Pekerjaan Baru. 

Apakah rekan-rekan Career Advice ingin mencari pekerjaan baru? Jangan khawatir. Rekan pembaca tidak perlu bersusah payah mencari pekerjaan dengan berjalan kaki dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Semua itu sudah tidak berlaku lagi di zaman sekarang. Rekan pembaca hanya perlu duduk manis di depan laptop atau ponsel, dan pergi ke situs pencarian kerja, lalu rekan pembaca bisa melamar pekerjaan disana, sederhana dan mudah, bukan? 

5. Membangun Tampilan Pribadi secara Online. 

Media sosial sangat membantu kita untuk membangun tampilan pribadi secara online. Di dunia online, kita bisa menampilkan apa keahlian yang kita miliki? Apa yang ingin kita capai? Bagaimana kesan kita di mata rekan-rekan kerja dan kerabat kita? Semuanya bisa ditata dengan rapi di media sosial. Positifnya, apabila rekan pembaca ingin memperluas jaringan profesional, meningkatkan karier untuk bisnis Anda atau mencari pekerjaan baru, mereka bisa mencari nama kita dengan mudah di media sosial dan mengetahui rekam digital kita dengan baik. 
 

6. Bergabung dengan Grup yang Bermanfaat. 

Media sosial sangat memungkinkan kita untuk membuat grup-grup bermanfaat berdasarkan minat dan profesi kita. Apabila rekan-rekan Career Advice suka memasak, rekan pembaca bisa bergabung dengan grup masak di Facebook. Selain itu, ada juga beberapa komunitas yang mungkin sangat tertarik untuk diikuti seperti, komunitas pembaca buku, komunitas penyuka warna merah, dan lain sebagainya. Disana, kita juga bisa saling berbagi informasi menarik terkait profesi dan minat yang kita geluti. Media sosial membuat kita lebih mudah bertemu dengan orang-orang yang sepemikiran dengan kita, tanpa harus pergi keluar dan mencari teman yang memiliki ketertarikan yang sama. Keren kan?!

7. Mengembangkan Koneksi Sosial. 

Media sosial juga membantu kita untuk mengembangkan koneksi sosial dari waktu ke waktu. Tidak sulit untuk mencari teman zaman sekarang, cukup “berselancar” di depan laptop dan membuka media sosial, kita bisa mendapatkan teman sebanyak-banyaknya. Ssst, hebatnya lagi, kita juga bisa memiliki banyak teman dari berbagai Negara loh! Jadi, kita juga bisa mempraktikkan kemampuan bahasa Inggris kita untuk berkomunikasi dengan mereka, atau belajar bahasa baru dari mereka. Sudah punya banyak teman, dapat ilmu gratis lagi. Kurang apa lagi ya kan?

8. Memberi Kesempatan pada Konsumen untuk Berinteraksi dengan Produsen. 

Kritik dan saran tidak lagi hanya dapat disampaikan melalui telepon atau email dari konsumen kepada produsen tersebut. Kehadiran media sosial memudahkan interaksi antara produsen dan konsumennya. Apabila konsumen ingin memberikan beberapa kritik dan saran, mereka bisa langsung pergi ke laman twitter, Facebook atau Instagram, untuk menyampaikan aspirasi mereka. Bahkan, respons yang diberikan dari produsen juga sangat cepat loh. Begitu juga dengan produsen, jika mereka memiliki promo atau hadiah untuk para konsumen setianya, dengan mudah mereka bisa mempostingnya di media sosial. Sekarang interaksi antara keduanya benar-benar menjadi sangat mudah. Bahkan, masyarakat Amerika yang terkenal sebagai Negara maju juga sangat menyetujui hal ini loh. 
 
Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Cone Business menunjukkan bahwa “93% masyarakat Amerika percaya bahwa perusahaan harus memiliki kehadiran di situs media sosial dan 85% percaya bahwa perusahaan-perusahaan ini harus menggunakan layanan media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen”. Dari responden penelitian didapatkan data-data sebagai berikut ini:
- 60% masyarakat Amerika secara teratur berinteraksi dengan perusahaan di situs media sosial,
- 43% konsumen mengatakan bahwa perusahaan harus menggunakan media sosial untuk menyelesaikan masalah konsumen, dan
- 41% percaya bahwa perusahaan harus menggunakan platform media sosial untuk meminta umpan balik tentang produk dan layanan mereka.
 
Nah, itulah 8 manfaat media sosial yang sangat membantu perkembangan bisnis dan peningkatan karier kita. Bahkan, media sosial juga membantu interaksi sosial kita dengan orang lain berjalan dengan mudah. Sekarang, tinggal bagaimana diri kita bijak dalam menggunakan media sosial agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse