STUDILMU Career Advice - 8 Tips Kesuksesan Karier Ala Lisa Blackpink

8 Tips Kesuksesan Karier Ala Lisa Blackpink


by STUDiLMU Editor
Posted on Mar 28, 2019

 
Halo rekan pembaca, kata K-pop bukanlah hal yang asing lagi ditelinga kita saat ini. Anda mungkin salah satu penggemarnya. Tentunya nama Lisa bukanlah menjadi hal yang asing lagi bagi para fans K-pop. Ya, Lisa merupakan salah satu anggota girlband ternama yang baru-baru ini berkunjung ke Indonesia, Blackpink. Gadis belia yang lahir pada 27 Maret 1997 ini mengawali perjalanan kariernya menjadi seorang model dan penari. Ini dilakukannya sejak ia kecil. Kemudian ia mengikuti kompetisi YG entertainment dan ia berhasil menjadi peringkat pertama dalam kompetisi tersebut. Ia mendapat tawaran untuk pindah ke Korea dan mengikuti pelatihan disana. Inilah awal perjalanan karier yang membuatnya terkenal dan memiliki banyak penggemar saat ini.
 
Wah, kesuksesan yang ia raih saat ini tentunya bukanlah hasil dari sebuah usaha satu atau dua hari saja. Bayangkan saja, ia telah menjadi model dan penari sejak kecil. Inilah yang membuatnya terus berlatih dan berkembang hingga ia bisa mencapai kesuksesannya saat ini. Sangat menginspirasi sekali tentunya.
 
Ketika kita mendengar kesuksesan yang dimiliki seseorang, secara tidak sadar kita menyalakan api semangat yang memotivasi kita untuk mencapai kesuksesan kita, baik secara profesional maupun pribadi. Saya percaya bahwa setiap kita pastinya memiliki keinginan untuk mencapai suatu kesuksesan tertentu dalam hidup. 
 
Keinginan utama setiap profesional, baik itu pengusaha, penulis, artis, aktor atau penari, adalah untuk mencapai kesuksesan karier dalam bidangnya masing-masing. Kesuksesan tidak terjadi berdasarkan keinginan saja, itu adalah puncak dari usaha yang konsisten, komitmen, dan dorongan. Sama seperti Lisa, ia tidak akan pernah mendapatkan kesuksesan karier seperti sekarang ini jika ia tidak melakukan sesuatu dengan konsisten untuk mencapainya. Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah rekan pembaca telah melakukan tindakan nyata untuk mewujudkan kesuksesan yang Anda inginkan?
 
Pada dasarnya tidak ada aturan atau pedoman khusus yang menjamin kesuksesan karier. Tetapi jika Anda melakukan prinsip dengan benar, Anda dapat mencapainya. Jadi, apa yang diperlukan untuk menjadi sukses dalam karier Anda? Berikut adalah 8 tips untuk mencapai kesuksesan karier Anda. 
 

1. Memiliki blueprint cetak biru

Untuk mencapai kesuksesan, Anda harus memiliki cetak biru akan kesuksesan yang Anda buat dengan sangat hati-hati. Ini menunjukkan kesiapan Anda terhadap tantangan yang akan dihadapi. Cetak biru ini akan menjadi kekuatan yang mendorong Anda untuk terus maju dan percaya akan kemampuan diri Anda. Untuk itu buatlah cetak biru yang benar-benar dapat menjadi kekuatan Anda nantinya. Dan setiap kali Anda menghadapi tantangan, lihat kembali cetak biru yang Anda buat. Dapatkan kembali motivasi Anda dengan membayangkan keberhasilan yang akan Anda raih nantinya. Bayangkan saja bagaimana rasanya menjadi terkenal dan memiliki banyak penggemar seperti Lisa Blackpink. 
 

2. Pengembangan pribadi.

Anda harus mengevaluasi pertumbuhan pribadi Anda secara teratur dan ini tidak dapat dinegosiasi. Sama seperti yang Lisa Blackpink lakukan, pastinya ia terus melakukan pengembangan diri untuk menjadi seorang yang lebih baik dari sebelumnya. Penilaian diri sangat diperlukan untuk menambah kepercayaan diri dan organisasi Anda. Anda juga dapat melakukan survei singkat terhadap rekan-rekan Anda. mintalah mereka untuk menilai sikap Anda saat bekerja, manajemen waktu komunikasi dan keterampilan interpersonal Anda. Anda perlu mengetahui sudut pandang mereka agar Anda dapat melihat area yang perlu ditingkatkan.
 

3. Menjadi pemecah masalah.

Setiap perekrut menginginkan seseorang yang mampu menjadi pemecah masalah. Setiap orang memiliki kemampuan ini di dalam dirinya, hanya saja beberapa orang mengabaikan kemampuan ini. Pastikan bahwa Anda menjadi seorang yang mampu memecahkan suatu masalah. Ini akan memberikan Anda peluang besar untuk mendapatkan promosi, penghargaan, pengakuan ataupun bentuk-bentuk pencapaian lainnya.
 

4. Berjejaring.

Manusia adalah makhluk sosial. Anda perlu membangun hubungan dengan orang lain. Jangan mengisolasi diri. Berjejaring merupakan hal yang sangat penting karena ini memberikan Anda kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda. Anda dapat saling bertukar wawasan, pengetahuan dan informasi lainnya. Tidak ada yang melarang Anda memiliki jaringan dengan banyak orang, bahkan dengan seorang artis seperti Lisa Blackpink. 
 
Berjejaring merupakan peluang untuk Anda menjalin bisnis. Setiap bisnis membutuhkan klien potensial untuk memasarkan layanan, sehingga harus mencari koneksi yang tepat. Inilah yang akan membantu perusahaan mencapai targetnya.
 

5. Ketangguhan.

Salah satu tips yang juga mampu membuat Lisa Blackpink meraih kesuksesan karier adalah ketangguhan. Ketangguhan merupakan sifat yang penting untuk mencapai kesuksesan. Kesuksesan bukanlah sebuah perjalanan yang mulus dan bebas hambatan. Anda akan banyak menghadapi tantangan dan satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah bertahan dan tidak menyerah. Jika segala sesuatunya terlihat suram dan Anda tidak dapat melihat titik keberhasilan, ketahanan diri adalah satu-satunya hal yang membuat Anda untuk terus berjalan hingga Anda sampai pada keberhasilan itu. Untuk itu, Anda harus menjadi seorang yang tangguh karena hanya orang-orang tangguh yang mampu melewati masa-masa sulit.

6. Komunikasi 

Dan faktor lain yang juga menunjang kesuksesan karier Lisa Blackpink adalah komunikasi. Komunikasi merupakan salah satu langkah untuk memastikan kesuksesan individu juga organisasi. Ini meliputi komunikasi tertulis dan komunikasi lisan. Komunikasi yang efektif membuat Anda dapat memiliki percakapan dengan setiap orang tentang perkembangan yang sedang berlangsung. Ketika Anda berbagi informasi yang bermanfaat, keterampilan komunikasi yang baik akan membuat orang dapat memahami Anda dengan baik.
 

7. Bertanggung jawab.

Anda harus menjadi seorang yang bertanggung jawab dan tidak menyalahkan orang lain atas setiap tindakan yang dilakukan. Ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap individu untuk mencapai kesuksesan, termasuk Lisa Blackpink. Ia juga pasti harus melatih dirinya bertanggung jawab penuh dengan apa yang dilakukan. Dengan bertanggung jawab, Anda akan mampu menemukan cara untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi. 

8. Keluar dari zona nyaman.

Saat Lisa Blackpink harus meninggalkan negara asalnya, Thailand dan pergi ke Korea, ini bukanlah hal yang mudah. Ia harus meninggalkan kenyaman yang dimilikinya untuk mencapai kesuksesan karier yang diinginkan. Keluar dari zona nyaman akan membuat Anda memaksimalkan potensi dalam diri dan tentunya akan mengarahkan Anda pada kesuksesan. Tinggalkan zona nyaman ataupun batasan yang menghalangi Anda untuk bergerak bebas. Maksimalkan potensi yang Anda miliki. 
 
Itulah 8 tips yang dapat membantu rekan pembaca mencapai kesuksesan karier yang diinginkan. Sama seperti yang dialami Lisa Blackpink, memiliki kesuksesan karier bukanlah hal yang mudah. Kesuksesan membutuhkan kerja keras, waktu dan juga keberanian. Apapun kesuksesan yang Anda inginkan, teruslah belajar untuk membuat dampak dalam lingkungan yang penuh persaingan sekarang ini. Tetap semangat ya rekan pembaca. Salam sukses.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse