STUDILMU Career Advice - 9 Cara Mendapatkan Kebahagiaan

9 Cara Mendapatkan Kebahagiaan


by STUDiLMU Editor
Posted on May 15, 2019

Kebahagiaan adalah bentuk emosi positif yang dibutuhkan oleh semua orang. Kita tidak dapat menggantungkan kebahagiaan kita pada orang lain. Kebahagiaan adalah sepenuhnya tanggung jawab kita sendiri. 
 
Ada orang-orang yang mengendalikan hidup mereka dan ada yang menjadi korban kehidupan. Manakah yang rekan pembaca Career Advice inginkan? Apakah Anda ingin menjadi seorang yang memiliki percaya diri dan menganggap bahwa diri sendiri berharga, atau seseorang yang mengeluh karena merasa diremehkan? Tidak ada seorangpun yang dapat mengendalikan perasaan kita.
 
Senang, sedih atau emosi lainnya yang kita rasakan berada dalam kendali kita sepenuhnya. Lalu bagaimana kita dapat mendapatkan kebahagiaan? Berikut adalah 9 cara mendapatkan kebahagiaan kita sendiri. 
 

1. Mendefinisikan kebahagiaan

Cara mendapatkan kebahagiaan yang pertama adalah mendefinisikan kebahagiaan itu bagi diri sendiri. Setiap kita memiliki definisi kebahagiaan yang berbeda. Apa yang membuat kita bahagia? Apa arti kebahagiaan yang sesungguhnya bagi kita? Temukanlah. Dengan begitu, kita akan dapat fokus mencapai kebahagiaan tersebut. Kita tidak akan mudah merasa iri dengan apa yang orang lain capai atau miliki. 
 

2. Mencari kebahagian dalam diri sendiri.

Cara mendapatkan kebahagiaan yang kedua adalah mulai menemukan kebahagiaan di dalam diri sendiri. Seringkali kita mencari kebahagiaan pada hal-hal di sekeliling kita, padahal ini adalah cara yang tidak tepat. Temukan kebahagiaan it di dalam diri kita sendiri. Kita harus menyadari bahwa kita memiliki banyak hal yang harus disyukuri.
 
Ya, bersyukur adalah hal yang membuat kita merasa bahagia. Jika kita merasa iri dengan apa yang orang lain miliki, bisa jadi mereka juga merasa iri dengan kita. Kita tidak pernah tahu. Jadi mulailah mencari kebahagiaan itu dari dalam diri sendiri.
 

3. Membuat perubahan.

Cara mendapatkan kebahagiaan yang ketiga adalah membuat perubahan. Jika kita selalu berusaha untuk menjadi orang lain, kita tidak akan pernah bisa menjadi diri sendiri dan melakukan hal terbaik yang dapat kita berikan. Setiap hal yang terjadi dalam kehidupan kita merupakan sebuah siklus yang akan terus berlanjut. Jika kita tidak melakukan perubahan, tidak akan ada yang berubah. Apa yang membuat rekan pembaca bahagia? Pergi dan dapatkanlah. Buatlah perubahan seperti apa yang kita inginkan. 
 
Kita bertanggung jawab terhadap kebahagiaan kita sendiri. Jika sekeliling kita menampilkan hal-hal yang tidak membahagiakan, maka lakukan perubahan. Lakukan perubahan yang membawa kita pada kebahagiaan.
 

4. Mengevaluasi diri.

Cara mendapatkan kebahagiaan yang keempat adalah melakukan evaluasi diri. Setiap kita pasti memiliki kekuatan dan kelemahan. Bersyukurlah dengan setiap kekuatan yang kita miliki. Temukan peluang untuk menggunakan dan memaksimalkan kelebihan tersebut. Jangan berhenti mengembangkan diri menjadi orang yang lebih baik lagi.
 
Temukan juga kekurangan yang dimiliki oleh diri sendiri dan temukan cara untuk memperbaikinya. Kita tidak perlu menunggu komentar orang lain untuk mengetahui kekurangan kita. Lakukan saja sendiri. Dengan begitu, kita tidak perlu merasa terkejut saat mendengar komentar yang orang lain berikan terhadap kita. 
 

5. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

Cara mendapatkan kebahagiaan yang kelima adalah berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Ini pasti sering terjadi. Ya, kita suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain adalah faktor yang membuat kita tidak bahagia. Semakin kita melihat orang lain dan membandingkan diri  kita dengannya, semakin kita akan merasa kurang dan kurang. Ini akan menyiksa kita.
 
Kita akan menghabiskan banyak waktu untuk berusaha menjadi seperti orang lain. Kita lupa bahwa setiap kita memiliki keunikan masing-masing. Hanya saja, kita tidak menggunakan keunikan itu secara maksimal. 
 

6. Cintai diri sendiri.

Cara mendapatkan kebahagiaan yang keenam adalah mencintai diri sendiri. Ambilah waktu untuk duduk dan merenungkan pikiran kita sendiri. Tanyakan apakah kita mencintai diri sendiri. Jika kita tidak mampu mencintai diri sendiri, kita tidak akan bisa mencintai orang lain. Mencintai diri sendiri adalah faktor utama untuk menciptakan kebahagiaan kita.
 

7. Berhenti mengeluh. 

Cara mendapatkan kebahagiaan yang ketujuh adalah berhenti mengeluh. Cobalah untuk mengubah kebiasaan buruk ini. berusahalah untuk menerima apapun yang kita miliki dengan lapang dada. Temukan hal positif yang dari setiap hal yang kita alami. Mengeluh hanya membuat kita semakin tersiksa. 
 
Jadi tanamkan ini dalam diri sendiri dan perbaiki pola pikir kita. Ketika kita berhenti mengeluh, kita dapat mengurangi beban hidup yang kita miliki.
 

8. Jangan bergantung pada orang lain.

Cara mendapatkan kebahagiaan yang kedelapan adalah bersikap mandiri. Latihlah diri sendiri untuk berjuang menghadapi apa yang kita inginkan. Jangan bergantung pada orang lain. Menggantungkan harapan pada orang lain akan sangat mengecewakan jika hasilnya tidak seperti apa yang kita harapkan. Minimalisir peluang yang membuat kita tidak bahagia. Berusahalah dengan keras dalam mencapai tujuan kita dan jangan menyerah.
 

9. Menerima tanggung jawab.

Cara mendapatkan kebahagiaan yang kesembilan adalah menerima kebahagiaan sebagai tanggung jawab. Tanamkanlah dalam diri kita masing-masing bahwa kebahagiaan adalah tanggung jawab yang harus kita lakukan. Temukan cara yang dapat dilakukan untuk membuat kita bahagia. Jangan terlalu bersikap pasrah pada keadaan. 
 
Jika keadaan mengecewakan, jangan tenggelam di dalamnya. bersenang-senanglah. Ingat, ini adalah tanggung jawab yang harus dikerjakan.
 
Inilah 9 cara mendapatkan kebahagiaan. Ingatlah bahwa kebahagiaan merupakan kendali penuh yang kita miliki. Jangan biarkan kebahagiaan kita dirusak oleh orang lain atau situasi yang tidak diinginkan. Lakukan 9 cara ini untuk mendapatkan kebahagiaan dan pertahankan kebahagiaan yang kita miliki.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse