STUDILMU Career Advice - Aktivitas untuk Mengatasi Kebosanan di Kantor

Aktivitas untuk Mengatasi Kebosanan di Kantor


by STUDiLMU Editor
Posted on Jan 22, 2021

Mengapa Merasa Bosan di Kantor?

Psychology Today merilis sebuah artikel berjudul “Eight Reasons Why We Get Bored” yang mengemukakan sebuah hasil penelitian antara 30% sampai 90% orang dewasa di Amerika merasakan kebosanan di keseharian hidupnya. Ketika menjadi orang dewasa dan harus memenuhi kebutuhan hidup secara mandiri, kita lebih banyak menghabiskan waktu di tempat kerja atau kantor. Menurut Andreas Elpidorou seorang peneliti dan Profesor Filsafat dari University of Louisville yang dilansir dari artikel Forbes berjudul “Bored at Work, Science Says That’s a Good Thing”, kebosanan mengindikasikan bahwa kita melakukan apa yang tidak kita ingin lakukan dan “memaksa” motivasi kita untuk mengganti tujuan dan pekerjaan kita. Secara singkat, ia mengatakan bahwa kebosanan menjadi pertanda bahwa kita menjadi stagnan, tidak memiliki kemajuan, kita mungkin kehilangan tujuan kita, dan waktunya untuk berubah. Banyak dari kita ketika merasa bosan bekerja merasa bahwa kita membutuhkan pekerjaan baru, promosi, membutuhkan seseorang untuk menginspirasi kita, atau kita butuh diapresiasi pada pekerjaan yang sudah kita kerjakan selama ini. Tapi, cara paling mudah untuk mengatasi kebosanan di kantor sebenarnya dari dalam diri kita sendiri, mungkin kita dapat meningkatkan standar kita, buat tujuan hasil yang lebih besar, dan atur goals yang mungkin terlalu tinggi. Terkadang ketika melakukan hal-hal ini dari dalam diri kita, maka hal-hal yang berasal dari luar kita, seperti promosi, inspirasi, dan apresiasi, akan mengikuti.

Jika didefinsikan menurut KBBI sendiri, bosan adalah sudah tidak suka lagi karena sudah terlalu sering atau banyak; jemu. Berdasarkan dari pengertian bosan dari KBBI dan penjelasan dari artikel Psychology Today dan Forbes sebelumnya, dapat diartikan bahwa memang perasaan bosan di tempat kerja merupakan hal yang wajar. Ketika kita setiap harinya melakukan pekerjaan yang berulang atau bahkan banyak, terkadang kita melupakan diri kita sendiri, kebahagiaan diri kita sendiri karena terlalu fokus pada hal-hal eksternal seperti pekerjaan. Kebosanan yang terjadi di kantor pun dapat menyebabkan stres dan yang terburuk adalah mengalami burnout. Kebosanan yang terjadi di kantor harus dikelola dengan baik agar tidak membuat diri kita menjadi lebih buruk, dan untuk selanjutnya pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih baik.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan Ketika Bosan di Kantor

Dilansir dari artikel Harvard Business Review berjudul “What to Do When Work Is Slow” yang ditulis oleh Elizabeth Grace Saunders seorang time management coach, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan ketika sedang merasa bosan di kantor, antara lain :

1. Buat Rencana

Ketika pekerjaan banyak dan menumpuk, maka mengerjakan hal-hal kecil disekitar kita dapat menjadi alternatif pilihan untuk membuat jeda sejenak dari pekerjaan. Membuat rencana dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal berikut :

a. Perbarui Signature Email

Terkadang kita abai dengan hal-hal kecil seperti signature email karena signature email tidak berpengaruh terhadap hasil pekerjaan. Tapi, signature email sebenarnya merupakan hal yang penting karena mencerminkan diri kita. 

Halaman Sebelumnya 1234