STUDILMU Career Advice - APA ITU KURSUS ONLINE ATAU BELAJAR ONLINE?

APA ITU KURSUS ONLINE ATAU BELAJAR ONLINE?


by STUDiLMU Editor
Posted on Nov 19, 2017

Pengertian Kursus Online atau Belajar Online

Kursus online atau belajar online adalah serangkaian pengalaman instruksional dengan menggunakan jaringan digital untuk berinteraksi, belajar dan berdiskusi. Kursus online tidak memerlukan pertemuan tatap muka di lokasi fisik. Kursus serupa seperti kursus web-centric (juga disebut hybrid atau blended learning) mirip dengan kursus online, tetapi membutuhkan kelas atau pertemuan tatap muka terjadwal yang teratur.
 
Istilah "e-learning atau online course" telah dilontarkan cukup banyak orang dalam beberapa tahun terakhir, namun banyak yang masih tidak menyadari apa arti sebenarnya dan bagaimana hal itu dapat membantu mereka meraih kesuksesan baik dalam kehidupan profesional dan pribadi mereka. Banyak platform teknologi pendidikan yang hanya sekedar mampu mengirimkan file, tapi sudah disebut sebagai belajar online atau kursus online. Padahal kursus online atau belajar online lebih dari pada itu. Artikel ini bertujuan untuk memberikan sekilas pendapat tentang kursus online atau belajar online itu.
 
Ketika membahas tentang pendidikan (education), model pelatihan class-room diterima sebagai hal yang wajar dan normal sampai awal tahun 2000-an, dimana peserta dan trainers berada di dalam satu ruangan yang sama. Kehadiran fisik adalah keharusan, dan jenis pembelajaran lainnya dipertanyakan efektivitasnya. Kemudian evolusi komputer dan internet terjadi yang secara radikal mengubah lanskap pembelajaran.
 
Intinya, kursus online, belajar online, belajar elektronik (e-learning) adalah alat atau sistem pendidikan berbasis komputer yang memungkinkan Anda belajar dimana saja dan kapan saja. Di masa lalu kursus online disampaikan dengan menggunakan perpaduan metode berbasis komputer seperti CD-ROM, saat ini kursus online sebagian besar disampaikan melalui internet dan berupa video yang interaktif. E-learning juga memiliki sejarah perkembangan dari tahun ke tahun. 
 

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan telah maju sedemikian rupa sehingga jarak geografis dijembatani dengan penggunaan alat yang membuat Anda merasa seperti di dalam ruangan, Anda merasa tetap berada di dalam kelas. Kursus online yang bagus dan efektif harus menawarkan kemampuan untuk berbagi materi dalam semua jenis format seperti video, tayangan slide, dokumen word, excel dan PDF. Melakukan webinar (live online classes) dan instructor-led training adalah salah satu cara yang baik untuk berkomunikasi dengan trainers.
 
Program studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan berfokus pada pengembangan kurikulum pendidikan dan pemanfaatan teknologi bagi dunia pendidikan. Jurusan ini juga akan spesifik membekali Anda dengan pemahaman tentang kurikulum sehingga Anda bisa menjadi lulusan yang mampu menyiapkan solusi dan mengembangkan kurikulum yang cocok bagi pendidikan di Indonesia. Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian, kita juga dapat mengambil berbagai kursus online, antara lain: kursus online programming, kursus online digital marketing, belajar bahasa Indonesia online, dan lain-lain.
 
Ada beberapa sistem kursus online (atau dikenal sebagai LMS: Learning Management Systems) yang memungkinkan kursus diberikan secara online. Dengan tools yang tepat, berbagai proses bisa dilakukan secara online seperti pemberian tes, sertifikat online atau pembuatan konten yang menarik. Kursus online memberi peserta training kemampuan untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kesibukan masing-masing peserta, gaya hidup mereka. Ini memungkinkan orang tersibuk sekali pun untuk memperoleh ilmu (knowledge), keahlian (skills), yang mereka bisa gunakan untuk melanjutkan karir cemerlang mereka.
 
Beberapa perkembangan terpenting dalam training telah terjadi sejak munculnya internet. Saat ini kita telah berpengalaman dalam penggunaan smartphone, pesan teks dan penggunaan internet sehingga berpartisipasi dalam dan menjalankan kursus online telah menjadi hal yang sederhana. Kursus online memungkinkan peserta training tetap saling berhubungan dan mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan kursus, dan hal ini memberikan rasa sebuah komunitas: Komunitas Kursus Online.
 

Konten Berkualitas dengan Harga Terjangkau: STUDiLMU

Dalam dunia online courses, online learning atau e-learning yang serba cepat, teknologi untuk membuat kursus menarik selalu berubah, untuk itu konten kursus online harus didisain untuk memberikan peserta training pembelajaran yang lebih maksimal. Hal ini sangat penting. Pertanyaannya selanjutnya adalah Mengapa e-learning? 
 
Salah satu alasan mengapa, kami STUDiLMU, menawarkan kursus online adalah karena konten berkualitas, biaya rendah dan memampukan karyawan untuk belajar di waktu dan tempat mereka sendiri. Bayangkan jika Anda memiliki karyawan yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, berapa biaya yang harus Anda keluarkan jika mengadakan class-room training? Kami pikir inilah saatnya Anda mulai memikirkan untuk bekerja sama dengan penyedia kursus online yang profesional, karena konten berkualitas, biaya akan jauh lebih efektif dan di lain sisi tujuan training tetap tercapai.
 
Secara singkat, pembelajaran tradisional itu mahal, butuh waktu lama dan hasilnya bisa bervariasi. Kursus online menawarkan alternatif yang lebih cepat, murah, konten berkualitas, dan berpotensi lebih baik. Apalagi, jika bisa mengkombinasikan dan mengintegrasikan antara online course dan class-room training secara baik, maka hasilnya akan jauh lebih efektif, baik dari segi biaya mau pun dari segi tujuan pelatihan. Berbagai kursus online telah banyak tersedia, antara lain: kursus online programming, kursus online digital marketing, belajar bahasa Indonesia online, dan lain-lain. STUDiLMU menawarkan berbagai macam kategori kursus online, antara lain: kategori leadership atau kepemimpinan, kategori customer service atau pelayanan pelanggan, kategori communication atau komunikasi, kategori coaching atau pelatih, kategori inspirasi atau motivasi, kategori sales & marketing atau penjualan & pemasaran, ada juga kategori free video atau video gratis, dan kategori-kategori lainnya yang terus dikembangkan.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse