STUDILMU Career Advice - Bagaimana Cara Memaksimalkan Fungsi Public Relation?

Bagaimana Cara Memaksimalkan Fungsi Public Relation?


by STUDiLMU Editor
Posted on Aug 23, 2019

Definisi Public Relation

Public Relation adalah suatu usaha yang dilakukan secara perorangan atau kelompok dan dilakukan secara berkala dan terencana untuk membangun dan mempertahankan hubungan timbal balik antara suatu organisasi atau perusahaan pada orang-orang yang berkaitan dengan institusi ini. Dengan kata lain, public relation adalah proses, tindakan atau aktivitas yang dilakukan secara berkala dengan bertujuan untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dengan pihak-pihak luar yang masih berkaitan dengan perusahaan tersebut. Misalnya, klien, mitra bisnis, pelanggan, investor dan lain sebagainya. 
 
Bagaimana pengertian public relation menurut para ahli? Menurut Maria, public relation adalah suatu interaksi yang dapat menghasilkan opini public sebagai input yang menguntungkan bagi pihak-pihak yang terlibat dan public relation merupakan suatu profesi yang profesional di bidangnya. Sedangkan menurut Jefkins, public relation adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan citra umum yang baik dengan mengadakan kegiatan-kegiatan baru yang bermanfaat dan menarik bagi perusahaan lainnya atau orang-orang yang bersangkutan dengan bisnis perusahaan kita. 
 
Hal ini mengindikasikan bahwa tugas public relation dan fungsi public relation sangatlah penting bagi kesuksesan perusahaan. Lalu, bagaimana fungsi public relations menurut para ahli? Fungsi public relation menurut Rosady Ruslan adalah menciptakan image perusahaan yang baik dan positif untuk public eksternal, masyarakat dan konsumen. Selain itu, menurut Jefkins, public relation berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dan ketahanan perusahaan dari persaingan dengan kompetitor lain. Dari penjelasannya ini, Jefkins juga berpendapat bahwa ruang lingkup public relation sangatlah luas. 
 

Dengan Cara Apa Kita dapat Memaksimalkan Fungsi Public Relation? 

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara suatu perusahaan dapat memaksimalkan fungsi public relation yang ada sehingga citra positif perusahaan akan semakin tersebar luas di kalangan perusahaan-perusahaan lain, serta di kalangan non-perusahaan sekalipun. Langkah pertama yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan fungsi public relation adalah memahami dasar-dasar public relation. 
 

Dasar-Dasar Public Relation

Public Relation adalah suatu platform penting agar orang-orang dapat mengetahui hasil-hasil pencapaian yang dimiliki suatu organisasi atau perusahaan. Penyebaran berita ini dibungkus dalam bentuk interaksi, komunikasi atau hubungan antara perusahaan yang bersangkutan dengan perusahaan lain yang memiliki interest yang sama. Agar public relations yang dibuat oleh sebuah perusahaan dapat diterima dan dikenali oleh banyak orang, tidak jarang mereka mulai mencari taktik dari SEO (Search Engine Optimization), sehingga bisa menghasilkan tulisan, informasi, pesan dan berita yang menduduki posisi teratas di Google. 
 
Para karyawan yang bekerja di bidang public relation memang perlu memutar otak sekreatif mungkin agar para audiens, target konsumen atau bahkan para pelanggan semakin suka dan tertarik dengan segala produk atau layanan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Selain itu, ini berkaitan dengan manfaat public relation yang paling terpenting yaitu, dapat mendorong banyak orang untuk mau mengenal perusahaan kita lebih dalam dan lebih baik. Jika hal ini tercapai dengan baik, maka ini menandakan bahwa public relation telah membawa unsur kesuksesan bagi perusahaan
 
Fungsi public relation yang berjalan dengan semaksimal mungkin akan melaju dengan cepat seperti bahan bakar jet, sehingga nama perusahaan akan melejit dalam waktu yang singkat. Jadi, kita bisa membayangkan jika public relation tidak menjalankan fungsinya dengan sungguh-sungguh, pastinya perusahaan akan mengalami kesulitan untuk menjadi perusahaan yang dikenal di kalangan klien, pelanggan, mitra bisnis dan masyarakat luas. 
 
Memang perlu diakui bahwa tidak mudah bagi public relation untuk membangun citra positif yang luar biasa di mata orang banyak. Untuk mencapai hal ini, public relation bisa memerlukan waktu selama bertahun-tahun untuk menciptakan konten-konten yang unik dan kreatif bagi situs web atau blog perusahaan, sehingga bisa menarik jutaan pembaca setiap bulannya. Selain itu, public relation juga harus bekerja lebih keras dan lebih kreatif agar konten, informasi dan pesan yang mereka sampaikan tidak akan tersaingi oleh para kompetitor. 
 

Yuk, Maksimalkan Fungsi Public Relation dengan Cara Ini!

Biasanya, para karyawan di bidang public relation akan berfokus pada pembuatan iklan-iklan yang dapat menaikkan nama baik perusahaan mereka. Akan tetapi, public atau masyarakat akan lebih percaya dengan apa yang disertakan di dalam berita, informasi atau konten-konten formal. Bagi kebanyakan orang, iklan hanyalah bentuk promosi yang membentuk citra perusahaan seakan-akan positif. Padahal, citra perusahaan tersebut belum tentu sama seperti yang disampaikan lewat iklan. Dilansir dari website entrepreneur dot com, ada dua hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan fungsi public relation, yang mana kedua kiat ini berfokus pada konten daripada sekedar iklan. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Menulis Konten yang Inspirasional.

Seperti yang sudah kami bahas secara singkat di atas bahwa konten akan lebih menarik perhatian banyak orang daripada menerbitkan iklan-iklan. Konten memiliki kekuatan emosional yang dapat menarik perhatian dan fokus dari para pelanggan, audiens dan pihak-pihak lain yang bersangkutan dengan perusahaan kita. Konten seperti apa yang akan memenangkan hati banyak orang? Jawabannya adalah konten yang inspirasional. 
 
Supaya kita bisa menciptakan konten yang inspirasional, kita bisa memulainya dengan berbagi kisah-kisah sukses, baik kisah secara pribadi maupun kelompok. Public relation bisa memulainya dengan menceritakan kisah sukses dari para CEO atau pendiri perusahaan tersebut dengan mengenang cerita bagaimana mereka mendirikan perusahaan dari titik nol sampai bisa sukses seperti sekarang ini. Pembaca dan pendengar akan jauh lebih tertarik dengan cerita-cerita inspirasional seperti ini. 
 

2. Tidak Ada Jalan Pintas.

Meskipun usaha untuk mencari kata-kata strategis bisa kita dapatkan melalui penggunaan SEO, namun tetap saja tidak ada jalan pintas di dalam bisnis! Dalam hal ini, public relation harus berusaha lebih keras lagi dalam menulis siaran pers, artikel, melakukan liputan dan bentuk kerja lainnya yang bisa memaksimalkan fungsi public relation. Tidak ada jalan pintas untuk menuju kesuksesan, jangan mudah merasa puas karena perusahaan yang sudah sangat terkenal sekalipun tidak boleh lengah untuk berhenti memaksimalkan kinerja public relation mereka. 
 
Setelah membaca artikel di atas, apakah rekan pembaca semakin bersemangat untuk meningkatkan kinerja public relation Anda? Selamat menjalankan tugas masing-masing dan tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse