STUDILMU Career Advice - Bagaimana Meningkatkan Pola Pikir Hebat bagi Pengusaha Muda?

Bagaimana Meningkatkan Pola Pikir Hebat bagi Pengusaha Muda?


by STUDiLMU Editor
Posted on Jun 19, 2019

Pola pikir yang kita miliki adalah bentuk pemikiran yang dihasilkan dari otak kita sendiri. Dengan kata lain, jika kita mengizinkan pola pikir negatif untuk masuk ke dalam pemikiran kita, maka bersiap-siaplah untuk memiliki pola pikir negatif yang membuat kita tidak semangat untuk menjadi pengusaha yang sukses. 
 
Ketika kita memutuskan ingin menjadi pengusaha atau pebisnis, kita harus mempersiapkan diri dengan pola pikir yang hebat, sehingga mental kita terlatih dengan baik untuk menghadapi segala bentuk persaingan yang ada di dunia bisnis. Ada banyak sekali para pengusaha muda yang merasa kesulitan untuk membangun pola pikir hebat yang benar-benar mereka perlukan untuk bisa bertahan dan bersaing di dalam persaingan bisnis yang begitu ketat seperti sekarang ini. 
 
Lantas, bagaimana cara meningkatkan pola pikir hebat di dalam diri, terutama bagi para pengusaha muda? Tanpa bertele-tele lagi, langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Selalu Ingat “Apa yang membuat saya ada disini, tidak akan membawa saya ke tempat lain”.  

Para pengusaha muda selalu identik dengan anak-anak muda kisaran umur 18-30 tahun yang telah memantapkan hati dan pikiran mereka untuk melangkah maju menjadi seorang pengusaha. Pengusaha muda bukan hanya memiliki umur yang terbilang masih sangat muda dan segar, namun kebanyakan dari mereka memiliki ambisi yang sangat besar untuk meraih segala hal yang telah diimpikan. 
 
Sayangnya, mereka juga mudah untuk menyerah. Kegagalan seakan mengambil segala kebahagiaan yang dimiliki, serta menghancurkan segala impian yang telah dibangun sejak lama. 
 
Pola pikir yang hebat akan membawa kita untuk tetap menjadi orang yang optimis dan berpikir positif, meskipun keadaan yang sedang kita hadapi berkata sebaliknya. Sebuah pernyataan yang sangat perlu diingat oleh para pengusaha muda adalah “apa yang membuat saya berada disini sekarang tidak akan membawa saya ke tempat lain”.
 
Maksudnya, jika kita ingin memperluas ladang kesuksesan kita, maka kita perlu meraihnya dengan usaha dan kerja keras. Bukan hanya mengandalkan hak istimewa yang kita miliki sekarang sebagai pengusaha muda. 
 
Sebagai pengusaha, kita perlu mengembangkan diri dengan beradaptasi pada lingkungan baru, mencari ide, konsep, bahkan identitas baru yang mungkin bisa membawa kita pada pencapaian-pencapaian baru di dalam bisnis. 
 
Segala usaha yang kita ambil dan lalui saat ini akan membentuk pola pikir hebat yang sangat berguna bagi perkembangan bisnis kita di masa mendatang. Ketika usia kita sudah tidak muda lagi nanti, semua pola pikir hebat yang kita miliki sekarang akan membantu kita dalam mempertahankan bisnis dengan kuat di masa depan. 
 

2. Terus Bergerak, Terus Maju dan Terus Berinovasi. 

Terus bergerak, maju dan berinovasi adalah karakteristik penting yang harus-kudu-wajib dimiliki oleh setiap pengusaha muda. Ketiga karakteristik tersebut akan membantu para pengusaha muda untuk mengembangkan pola pikir mereka menjadi pola pikir yang sangat hebat. 
 
Mengapa begitu? Coba kita bayangkan orang-orang yang tidak pernah bergerak dan hanya berdiam diri di zona nyamannya saja. Mereka tidak akan pernah tahu apakah pola pikir mereka benar atau salah? karena mereka tidak memiliki perbandingan apapun. 
 
Sama halnya jika mereka tidak berani untuk maju, maka segala kemampuan yang ada di dalam diri tidak akan bisa berkembang. Tidak mampu untuk berinovasi? Maka bersiaplah untuk tertinggal dari bisnis-bisnis lainnya karena kita tidak siap menerima perubahan yang selalu datang silih-berganti. 
 
Apabila ketiga karakteristik di atas tidak dimiliki oleh seorang pengusaha muda, kami dapat memastikan usaha mereka tidak akan bertahan lama. Bahkan, ini hanya akan mempersulit mereka untuk menemukan kesuksesannya. 
 

3. Buka Mata dan Buka Telinga.

Jangan menjadi orang yang pasif dan kaku untuk menerima perubahan yang jelas-jelas sudah terjadi di depan mata kita. Banyak sekali perubahan yang perlu kita adaptasi, sehingga kita dapat bertahan dan terus maju. 
 
Itulah mengapa kami menyarankan semua rekan-rekan Career Advice untuk membuka mata dan telinga untuk mau belajar lebih dalam atas apa yang telah berubah di sekitar kita. Dengan begitu, kita akan selalu mencari cara untuk mengembangkan keterampilan diri dalam mengatasi segala rintangan yang sewaktu-waktu akan datang menghampiri kita. 
 
Selain itu, membuka mata dan telinga akan mengasah pola pikir kita menjadi lebih hebat dan positif. Dan, yap! tentunya hal ini sangat diperlukan oleh semua pengusaha muda.
 

4. Pola Pikir sangat Menentukan Kesuksesan Kita. 

Ini merupakan pernyataan yang harus selalu diingat oleh para pengusaha muda. Manusia memiliki kecenderungan untuk mudah menyerah. Itulah mengapa kita perlu mengelilingi diri dengan orang-orang yang positif. 
 
Sedikit saja kita membiarkan pola pikir negatif untuk masuk ke dalam pikiran kita, maka itu akan sangat berpengaruh bagi kehidupan kita nantinya. Intinya, kita sangat perlu menjaga setiap pemikiran yang masuk ke dalam pola pikir kita, karena pola pikir yang kita miliki akan sangat menentukan kesuksesan kita di masa depan. 
 
Disadari atau tidak, kita adalah pengontrol dari pola pikir yang kita miliki sekarang. Walaupun orang-orang di sekitar kita juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membawa kehidupan kita ke arah positif atau negatif, namun tetap saja kita adalah pengontrol utamanya. Pengusaha muda bukanlah sekedar gelar atau profesi, namun seorang pengusaha muda juga perlu bersikap tegas, kuat dan mampu bertahan di dalam persaingan bisnis yang begitu ketat.
Featured Career Advices

Pelatihan Berkualitas, Beragam, dan Mudah dipelajari Bersama STUDiLMU

Intip STUDiLMU sebagai Lembaga Pelatihan di Prakerja, Yuk!

Apa Kata Mereka tentang Pelatihan Prakerja di STUDiLMU

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Penyebab Gagalnya Onboarding Karyawan

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Perubahan dan Strategi untuk Agile Leadership di Era yang Terus Berubah

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Prinsip-Prinsip Agile Leadership

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Microsoft Teams untuk Berkolaborasi Digital

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Melakukan Rapat Virtual dengan Microsoft Teams

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Ide Konten yang Menginspirasi untuk Halaman LinkedIn Anda

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Tips Membuat Artikel di LinkedIn

Optimalisasi Kinerja Komputer/Laptop dengan Defragment dan Clear Temp Folders

Strategi yang Tepat untuk Pengambilan Barang (Picking) di Warehouse

Proses-Proses dalam Warehouse Management

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

Mengenal Warehouse Management System

Jenis-Jenis Warehouse

Jenis-Jenis Warehouse