STUDILMU Career Advice - Berbagai Generasi di Tempat Kerja

Berbagai Generasi di Tempat Kerja


by STUDiLMU Editor
Posted on Dec 02, 2021

4.  Milenial
Generasi Milenial adalah generasi pertama yang benar-benar tumbuh dengan era kemajuan teknologi. Mereka lahir 1981-1996 dan kadang-kadang disebut sebagai Generasi Y. Sejauh ini mereka dipandang sebagai generasi terdidik dalam angkatan kerja dan mewakili segmen angkatan kerja yang tumbuh paling cepat.

5.  Generasi Z
Generasi ini adalah generasi kelahiran 1997-2012, dan sekarang baru mulai memasuki dunia kerja.
Generasi Z, yang lahir setelah pertengahan hingga akhir 1990-an, adalah penduduk digital yang asli. Mereka telah terpapar internet, media sosial, jaringan seluler, dan smartphone sejak kecil. Tumbuh di tengah banyaknya informasi yang dapat diakses, dan generasi ini merupakan generasi yang sangat paham tentang teknologi terbaru yang ada di sekarang ini.


Tipe-tipe karyawan di tiap generasi
Setiap generasi pastinya memiliki ciri-ciri dan tipe yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan banyaknya faktor yang memengaruhi, mungkin dari faktor eksternal dan internal di dalam kehidupan setiap individu. Berikut ini adalah ciri-ciri dari setiap generasi:

1.    Tradisionalis : Generasi ini dikenal karena memiliki etos kerja yang kuat dan sifat formal/kaku di tempat kerja. Mereka menghargai posisi mereka dan merupakan pekerja yang bersungguh-sungguh. Tipe ini lebih memprioritaskan usaha untuk meningkatkan mutu perusahaan (loyalitas terhadap perusahaan) daripada pengembangan karier pribadi.

2.    Baby boomer : tipe generasi ini sangat memprioritaskan ambisi karier dan kesuksesan finansial, sehingga menemukan keseimbangan kehidupan kerja adalah sebuah tantangan. Mereka tidak selalu membutuhkan umpan balik tentang pekerjaan mereka, mengingat tujuan mereka untuk mendapatkan promosi. Tetapi generasi ini menyukai wawasan dalam hal peluang pengembangan diri profesional yang dapat membantu mereka berhasil atau sukses di perusahaan mereka.

3.    Generasi X : ciri-ciri umum yang ada pada generasi ini adalah kemandirian dan pengembangan pribadi yang baik. Karena kelelahan yang dialami orang tua mereka di tempat kerja, generasi ini lebih menghargai jalur karier mereka dan meningkatkan keterampilan mereka sendiri daripada loyalitas kepada perusahaan.

4.    Milenial : Generasi Minenial ingin dievaluasi berdasarkan hasil kerja mereka, bukan jumlah usaha mereka. Mereka cenderung bekerja di banyak tempat kerja untuk menemukan karier yang tepat. Pelatihan keterampilan, bimbingan, dan umpan balik yang konsisten diperlukan bagi mereka agar bertahan lama di sebuah perusahaan.